Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akun Threads Tidak Bisa Dihapus, Kecuali Menghapus IG Juga

Kompas.com - 07/07/2023, 15:00 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meta, perusahaan induk Faceboook (FB), Instagram (IG), dan WhatsApp (WA) telah memperkenalkan aplikasi terbarunya, Threads, pada Kamis (6/7/2023). Threads merupakan mikroblog yang mirip dengan Twitter.

Jumlah pengguna yang mendaftar Threads diklaim tembus 10 juta pengguna dalam tujuh jam pertama. Informasi tersebut disampaikan langsung oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg.

Seperti yang diketahui, persyaratan utama yang dibutuhkan untuk mengakses Threads adalah memiliki akun Instagram (IG).

Karena akun Threads menempel dengan Instagram, maka pengguna tidak bisa sembarangan menghapus akun Threads mereka. Pasalnya, akun Threads hanya bisa dihapus jika menghapus akun Instagram.

Hal ini tertulis di bagian Kebijakan Privasi Tambahan Meta. Alih-alih menghapus akun Threads, pengguna disarankan untuk menonaktifkan akun Threads secara sementara agar bisa diaktifkan kembali sewaktu-waktu.

Baca juga: Twitter Surati Zuckerberg, Ancam Tuntut Meta gara-gara Threads

“Anda dapat menonaktifkan profil Threads kapan pun, tetapi profil Threads Anda hanya bisa dihapus dengan menghapus akun Instagram,” tulis Meta, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Tech Crunch, Jumat (7/7/2023).

Kebijakan dan pernyataan tersebut pun menuai kontroversi di kalangan pengguna. Aturan ini pun sempat menjadi perbincangan di Twitter.

Selain di Indonesia, topik ini juga ramai diperbincangan di luar negeri. Salah seorang pengguna dengan handles @emilyhughes juga mengeluhkan masalah seputar Threads dan Instagram.

“Saya sudah menonaktifkan akun Threads saya, tetapi justru Anda tidak dapat menghapus akun Threads (tanpa menghapus akun Instagram), jadi mungkin (saya) tidak perlu mendaftar (Threads)!,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang berbeda, CEO Instagram, Adam Mosseri juga menekankan hal yang sama. Mosseri menyarankan untuk menyembunyikan akun Threads, bisa memilih opsi “menonaktifkan akun” (deactive) atau mengubah profil menjadi “private”.

Upaya-upaya di atas dapat dilakukan tanpa harus menghapus akun Instagram. Mosseri juga menyebut bahwa Threads ditenagai oleh Instagram, makanya untuk mengakses aplikasi baru, pengguna hanya perlu mencatutkan akun IG.

“Threads ditenagai oleh Instagram, jadi saat ini hanya satu akun saja (yang terdaftar). Namun, kami tengah mencari cara untuk menghapus akun Threads Anda secara terpisah,” jelas Mosseri di akun Threads pribadinya.

Pernyataan ini setidaknya dapat menjadi jawaban sekaligus solusi dari kontroversi yang tengah terjadi beberapa waktu ini. Pengguna hanya perlu menunggu dan bersabar sampai Meta benar-benar meluncurkan fitur tersebut.

Baca juga: Kelebihan Threads Dibanding Twitter, Bisa Bikin Postingan dengan Karakter Lebih Panjang

Apa itu Threads Instagram?

Ilustrasi aplikasi Instagram, Threads, dan Twitter.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Ilustrasi aplikasi Instagram, Threads, dan Twitter.

Threads merupakan aplikasi yang mengadopsi bahasa desain Instagram dan berfokus pada konten berbasis teks. Jadi, pengguna dimungkinkan mengunggah postingan dalam bentuk teks, yang dapat disertai foto, video, tautan (link), dan jajak pendapat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com