Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube Siapkan Cara Baru Cari Lagu dengan Berdendang

Kompas.com - Diperbarui 28/08/2023, 07:17 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Platform berbagi video, YouTube tengah mengembangkan cara baru untuk mencari lagu secara langsung di dalam aplikasi. Menariknya, cara baru mencari lagu ini dilakukan tanpa harus mengetik di kolom pencarian.

Dua cara baru mencari musik yang disiapkan YouTube adalah dengan bersenandung atau merekam lagu yang sedang diputar.

Lewat laman resmi Support Google, dua cara baru menemukan lagu baru itu sedang diuji coba ke sebagian kecil pengguna YouTube Music di perangkat Android secara global.

YouTube merinci, pengguna berlu menyenandungkan melodi atau merekam lagu selama lebih dari tiga detik agar lagu bisa diidentifikasi.

Setelah lagu diidentifikasi, pengguna akan mendapatkan hasil pencarian berupa konten musik resmi, video buatan pengguna, dan/atau video Shorts yang menampilkan lagu yang dicari di aplikasi YouTube.

Baca juga: Spotify Permudah Pengguna Cari Lagu dan Podcast

Belum ada informasi kapan fitur mencari lagu dengan bersenandung dan merekam lagu ini bakal hadir untuk seluruh pengguna.

Namun, bila fitur ini dirilis, pengguna akan semakin mudah mencari lagu di YouTube. Pasalnya, saat ini, pengguna terbatas mencari lagu baru dengan memasukkan nama musisi, judul lagu, atau penggalan lirik saja di kolom pencarian YouTube.

Padahal, pengguna tak jarang hanya mengingat melodi lagu yang baru didengarnya, tak mengingat lirik, atau tahu judul lagu dan penyanyinya.

Kolom pencarian YouTube Music sebenarnya memiliki fitur pengenal suara, diwakilkan dengan ikon mikrofon.

Namun, ikon mikrofon ini terbatas berfungsi untuk perintah suara (voice command) saja. Misalnya, untuk memerintahkan YouTube Music untuk memutar lagu hit hari itu, mencari album, musisi tertentu, hingga memutar lagu favorit dengan perintah suara.

Ikon mikrofon ini belum bisa digunakan untuk mencari lagu dengan bersenandung dan mengenali lagu yang sedang diputar. Nah, dengan uji coba ini, ikon mikrofon bakal memungkinkan dua hal tersebut.

Aplikasi Google, widget Google, dan Google Assistant sudah lebih dulu punya fitur lagu untuk mencari lagu baru dengan bersenandung atau merekam lagu.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Aplikasi Google, widget Google, dan Google Assistant sudah lebih dulu punya fitur lagu untuk mencari lagu baru dengan bersenandung atau merekam lagu.
Untuk mencari lagu baru dengan bersenandung atau merekam lagu, pengguna YouTube kini masih perlu beralih ke aplikasi Google, widget Google, Google Assistant, atau aplikasi pengenal lagu lain macam Shazam.

Baca juga: Tombol Lewati Iklan YouTube Bakal Lebih Susah Dilihat?

Di aplikasi Google, pengguna dapat mengeklik ikon mikrofon, lalu klik fitur "Search a song". Kemudian pengguna tinggal bersenandung, bersiul, bernyanyi, atau mendekatkan ponsel ke sumber lagu. 

Google mengharuskan pengguna bersenandung selama 10-15 detik untuk mengidentifikasi lagu, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechCrunch, Jumat (25/8/2023).

Nantinya, Google bakal memberikan hasil pencarian judul dan penyanyi lagu tersebut. Pengguna juga bakal melihat musik video lagu di thumbnail YouTube, lirik, hingga informasi terkait soal lagu tersebut.

Google juga memberikan opsi mendengarkan lagu di platform streaming musik seperti YouTube Music, Spotify, Apple Music, Joox, dan Deezer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com