Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Berpikir Komputasional dalam Ilmu Komputer dan Kehidupan Sehari-hari

Kompas.com - 26/08/2023, 03:00 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Berpikir komputasional merupakan cara berpikir yang berfokus pada pemecahan masalah dan pengambilan keputusan dengan menggunakan prinsip-prinsip yang mirip dengan cara komputer beroperasi.

Ini melibatkan pemahaman tentang bagaimana komputer menganalisis informasi, memproses data, dan mengambil langkah-langkah logis untuk mencapai tujuan tertentu.

Berpikir komputasional merupakan istilah dalam ilmu komputer. Bagi programmer, pemikiran komputasi penting karena memungkinkan mereka bekerja lebih baik dengan data, memahami sistem, dan membuat algoritma dan model komputasi yang dapat diterapkan.

Namun dalam hal aplikasi dunia nyata di luar ilmu komputer, pemikiran komputasional adalah alat yang efektif yang dapat membantu dalam menyelesaikan masalah di kehidupan sehari-hari.

Lantas apa saja contoh pengaplikasian berpikir komputasional dalam ilmu komputer dan kehidupan sehari-hari? Selengkapnya berikut ini uraiannya.

Baca juga: 4 Fondasi Berpikir Komputasional dan Contoh-contohnya

Contoh dalam ilmu komputer

Berikut adalah beberapa contoh konkret dari bagaimana berpikir komputasional diterapkan dalam ilmu komputer:

Pemrograman komputer

Berpikir komputasional dalam pemrograman mencakup pemahaman tentang cara merancang, mengimplementasikan, dan menguji perangkat lunak untuk mencapai tujuan tertentu. Contohnya adalah pengembangan aplikasi seluler, perangkat lunak bisnis, atau permainan komputer.

Analisis algoritma

Ini melibatkan pemahaman tentang cara menganalisis kinerja algoritma, seperti kecepatan eksekusi dan penggunaan sumber daya (seperti memori). Ini membantu dalam memilih algoritma yang optimal untuk tugas tertentu.

Keamanan komputer

Dalam keamanan komputer, berpikir komputasional melibatkan pemahaman tentang cara mengidentifikasi potensi kerentanannya dalam sistem dan mengembangkan strategi untuk melindungi data dan perangkat dari serangan hacker atau malware.

Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning

Dalam pengembangan AI dan machine learning, berpikir komputasional diterapkan untuk merancang model matematis dan algoritma yang memungkinkan komputer untuk belajar dari data, mengenali pola, dan membuat prediksi.

Pengembangan situs web

Ketika mengembangkan situs web, berpikir komputasional melibatkan pemahaman tentang cara merancang antarmuka pengguna yang intuitif, mengelola basis data, dan memproses permintaan pengguna dengan efisien.

Baca juga: Cara Menghidupkan dan Mematikan Komputer dengan Benar, Perhatikan

Contoh dalam kehidupan sehari-hari

Berpikir komputasional juga membantu dalam menyelesaikan masalah di kehidupan sehari-hari. Dilansir dari laman Number Dyslexia, berikut ini contoh berpikir komputasional dalam sehari-hari.

Menganalisis tren media sosial

Umumnya hal ini dilakukan oleh sebagian pengguna yang bekerja di perusahaan marketing. Mereka akan menggunakan pemikiran komputasi untuk menganalisis data dari platform media sosial dan mengidentifikasi tren dan pola yang dapat menginformasikan strategi marketing.

Misalnya menggunakan fondasi pengenalan pola untuk membuat strategi dalam kampanye media sosial. Salah satunya terlihat pada contoh analisis lagu tren yang digunakan untuk membuat konten yang mengundang banyak keterlibatan (engagement) pengguna.

Merencanakan liburan

Salah satu penggunaan berpikir komputasional sederhana bisa terlihat pada penyusunan perencanaan liburan. Pemikiran komputasi dapat digunakan untuk membantu memecah proses menjadi tugas-tugas yang dapat dikelola, mengidentifikasi pola dan kesamaan, serta menganalisis dan mengevaluasi hasil.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com