Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Definisi Komponen Komputer: Input, Output, Processing, dan Storage Device

Kompas.com - 02/08/2023, 03:00 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Komputer tersusun dari sistem kompleks yang mencakup perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan faktor manusia (brainware). Salah satu bagian utama adalah komponen hardware (perangkat keras komputer)..

Perangkat hardware sendiri merupakan bagian fisik utama dan dapat kita sentuh dan lihat dan berperan sebagai fondasi utama dalam menjalankan operasi komputer.

Perangkat ini memiliki empat fungsi utama, yaitu perangkat masukan (input device) yang berfungsi untuk memasukkan data atau instruksi ke dalam komputer. Ada perangkat keluaran (output device) yakni komponen yang bertugas menampilkan hasil pemrosesan data atau informasi dari komputer kepada pengguna.

Selanjunya ada komponen yang melakukan pemrosesan data dan instruksi di dalam komputer.Terakhir, ada perangkat penyimpanan (storage device) yang berfungsi untuk menyimpan data dan informasi dalam jangka panjang.

Lantas apa saja contoh-contoh dari perangkat tersebut? Selengkapnnya berikut ini definisi komponen komputer yang terdiri dari input, output, proceessing, dan storage device.

Baca juga: Pengertian Input Device, Fungsi, dan Contohnya

Input device

Input device adalah alat penting dari perangkat keras (hardware) yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat luar dengan sistem komputer.

Input device memungkinkan pengguna untuk memasukkan data, memberikan perintah, dan berinteraksi dengan komputer secara efisien. Berdasarkan cara kerjanya, input device dibagi menjadi dua jenis utama:

Peralatan input secara langsung

Keyboard gaming Lemokey L3 dari Keychron, varian warna hitam.Keychron.com Keyboard gaming Lemokey L3 dari Keychron, varian warna hitam.

Jenis input device ini langsung mengirimkan data ke dalam komputer tanpa perlu media penyimpanan tambahan. Beberapa contoh peralatan input secara langsung adalah:

Keyboard

Keyboard merupakann perangkat input paling umum dan populer dalam komputer. Pengguna dapat mengetikkan karakter, angka, dan perintah ke dalam komputer menggunakan keyboard.

Keyboard tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 84 tombol atau 101/102 tombol, hingga ada yang memiliki 104 tombol atau 108 tombol, tergantung pada jenis dan desainnya untuk sistem operasi Windows dan keperluan akses internet.

Mouse

Mouse adalah perangkat kontrol kursor yang sangat terkenal dan umum digunakan. Mouse berbentuk kotak kecil seukuran telapak tangan dengan bola bundar di bagian bawahnya.

Pengguna dapat menggerakkan mouse di atas permukaan datar untuk mengendalikan pergerakan kursor di layar komputer. Selain itu, mouse juga dilengkapi dengan tombol-tombol yang dapat ditekan untuk melakukan berbagai tindakan dan memberikan perintah kepada komputer.

Scanner

Scanner berfungsi seperti mesin fotokopi, tetapi hasilnya diubah menjadi format digital. Scanner digunakan ketika informasi atau gambar tersedia dalam bentuk fisik di atas kertas atau gambar dan harus ditransfer ke dalam komputer untuk lebih lanjut diolah dan dimanipulasi.

Peralatan input tidak langsung

Ilustrasi hard disk drive (HDD)HP Ilustrasi hard disk drive (HDD)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com