Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huawei Mate 60 Pro Meluncur, Punya 3 Lubang Kamera Depan

Kompas.com - 30/08/2023, 10:45 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Huawei meluncurkan smartphone flagship baru, yakni Huawei Mate 60 Pro di China, Selasa (29/8/2023). Peluncuran smartphone ini terbilang mengejutkan karena perusahaan tidak memberikan bocoran alias teaser ke publik.

Huawei Mate 60 Pro tampil dengan desain yang menarik karena hadir dengan tiga lubang di layar. Umumnya, smartphone saat ini, termasuk kelas flagship, hanya menyematkan satu lubang kamera depan saja.

Selain keunikan tersebut, smartphone ini juga membawa sejumlah peningkatan dibanding pendahulunya, Huawei Mate 50 Pro yang rilis tahun lalu.

Salah satu peningkatannya yaitu pada aspek kamera yang dilengkapi dengan aperture atau bukaan lensa yang lebih variatif dibanding pendahulunya.

Baca juga: Adu Spek Tablet Android Rp 5 Jutaan: Huawei MatePad 11.5 Vs Xiaomi Pad 6

Spesifikasi Huawei Mate 60 Pro

Huawei Mate 60 Pro didesain dengan layar LTPO OLED 6,82 inci dan resolusi 2720 x 1260 piksel. Layarnya juga dibekali refresh rate hingga 120 Hz. Selain itu, layar Mate 60 Pro dilindungi oleh kaca Kunlun generasi kedua.

Adapun kaca Kunlun merupakan pelindung khusus yang dirancang Huawei. Kunlun dibuat menggunakan proses khusus dan diklaim memiliki ketangguhan 10 kali lebih baik dibanding kaca smartphone pada umumnya.

Seperti disebutkan di awal, layar smartphone ini memiliki tiga lubang atau punch hole. Lubang tersebut mewadahi komponen kamera depan 13 MP (ultrawide), serta sensor ToF 3D dan laser untuk menunjang fitur keamanan ponsel melalui pemindaian wajah atau disebut Face ID. 

Sensor itu sebenarnya sudah hadir di Mate 40 Pro dan Mate 50 Pro, hanya saja desain pengaplikasiannya di ponsel dibuat berbeda.

Beralih penggung ponsel, Mate 60 Pro dihias modul kamera berbentuk lingkaran seperti pendahulunya, tetapi desainnya agak berbeda. Modul kamera Mate 60 Pro tampak seperti ring atau cincin.

Modul itu menampung tiga kamera, terdiri dari kamera utama 50 MP disertai fitur stabilisasi OIS, PDAF dan variasi aperture f/1.4 sampai f/4.0. Kemudian ada kamera ultrawide 12 MP (f/2.2) serta kamera telefoto 48 MP (f/3.0) yang juga dibekali fitur OIS dan Autofocos (AF).

Huawei belum menjelaskan chip apa yang "mengotaki" Mate 60 Pro. Namun, smartphone ini dibekali satu opsi RAM dan tiga opsi penyimpanan, meliputi 12/256 GB, 12/512 GB dan 12/1 TB.

Huawei Mate 60 Pro juga dibekali baterai 5.000 mAh dan fast charging 88 watt atau 50 watt untuk fast charging nirkabel.

Baca juga: Tablet Huawei MatePad 11.5: Spesifikasi dan Harga di Indonesia

Fitur lain yang ada di Mate 60 Pro yaitu dukungan kirim pesan lewat satelit, tetapi terbatas di China, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Rabu (30/8/2023).

Smartphone ini berjalan sistem operasi HarmonyOS 4.0, bukan Android bikinan Google. Ini menjadikan Mate 60 Pro sebagai ponsel pertama yang berjalan dengan HarmonyOS versi tersebut.

Spesifikasi dan harga Huawei Mate 60 ProHuawei Spesifikasi dan harga Huawei Mate 60 Pro

Karena tak pakai OS Android, Huawei Mate 50 series otomatis tidak dibekali layanan dan aplikasi Google (Google Mobile Services/GMS).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com