Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi WhatsApp Khusus MacOS Dirilis, Bisa Video Call 8 Orang

Kompas.com - 30/08/2023, 12:31 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp merilis aplikasi yang dibuat khusus (native app) untuk perangkat dengan sistem operasi macOS. Sebelumnya, aplikasi WhatsApp untuk macOS tersedia dalam versi beta.

Menurut CEO Meta, Mark Zuckerberg, aplikasi khusus versi macOS ini juga memungkinkan pengguna melakukan panggilan video (video call) bersamaan delapan orang. Pengguna juga melakukan panggilan suara sebanyak 32 orang sekaligus.

“Meluncurkan aplikasi baru WhatsApp untuk Mac. Panggilan video grupp sebanyak delapan orang dan panggilan suara sebanyak 32 orang,” tulis Zuckerberg di akun Facebook resminya.

Ilustrasi aplikasi native WhatsApp versi macOS yang bisa melakukan panggilan video sebanyak 8 orangFacebook/Mark Zuckerberg Ilustrasi aplikasi native WhatsApp versi macOS yang bisa melakukan panggilan video sebanyak 8 orang

Kendati demikian, untuk dapat mengunduh aplikasi WhatsApp khusus macOS, Anda harus mengunjungi laman resmi WhatsApp terlebih dahulu. Aplikasi ini masih belum tersedia di Apple App Store.

Zuckerberg juga mengungkapkan bahwa aplikasi WhatsApp khusus perangkat macOS itu bakal segera tersedia di App Store.

“Aplikasi ini didesain ulang agar lebih familier dengan pengguna Mac, membantu Anda mengerjakan pekerjaan lebih cepat saat menggunakan WhatsApp di layar lebar. Anda juga dapat berbagi file dengan mudah lewat geser dan taruh (drag and drop) di ruang obrolan, melihat lebih banyak riwayat pesan,” tulis Meta di blog resminya.

Baca juga: Pengguna WhatsApp Bisa Bikin Grup tanpa Nama

Pengalaman KompasTekno, tampilan aplikasi WhatsApp khusus macOS ini berbeda dengan versi beta sebelumnya. Ada sejumlah perombakan di aplikasi baru ini.

Di bagian menu utama, terdapat jendela menu di samping kiri aplikasi. Menu tersebut terdiri dari halaman Chat, riwayat panggilan, pesan yang di-archived, pesan yang diberi bintang (starred message), dan menu Settings.

Di aplikasi WhatsApp sebelumnya, menu di bagian jendela sebelah kiri ini tidak tersedia.

Pengguna juga tidak dapat melihat riwayat panggilan atau membuat tautan (link) baru untuk undangan panggilan suara/video di aplikasi sebelumnya. Hanya tersedia fitur untuk membuat grup saja.

Tampilan menu Settings aplikasi baru WhatsApp di macOSKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Tampilan menu Settings aplikasi baru WhatsApp di macOS

Penggunaan logo menu Settings di aplikasi baru juga mengadopsi bahasa desain yang sama dengan sistem operas Apple. Salah satunya, ikon Settings (Pengaturan) dalam aplikasi memiliki bentuk yang mirip dengan menu Settings di macOS.

Ketika ingin melakukan sejumlah pengaturan, halaman menu Settings, tampilan dan penggunaan ikonnya mirip dengan iPhone dan iPad. Pengaturan yang tersedia adalah pengaturan Accounts, Privacy, Chats, Notificatios, Storage and Data, serta Help.

Syarat pakai aplikasi WhatsApp khusus macOS

Perlu diketahui, ada beberapa persyaratan yang perlu diperhatikan sebelum mengunduh aplikasi WhatsApp natif atau khusus di macOS ini. Sistem operasi yang dijalankan minimal adalah macOS 11 Big Sur atau versi yang lebih baru.

Baca juga: Cara Kirim Foto Berkualitas Tinggi di WhatsApp tanpa Format Dokumen

Sebelum menggelontorkan pembaruan ini untuk pengguna Mac, WhatsApp sudah melakukan hal serupa untuk pengguna Windows pada Maret lalu. Kini, pengguna Mac dan Windows sama-sama bisa melakukan panggilan video di grup.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Tech Crunch, Rabu (30/8/2023), WhatsApp versi desktop pertama kali dirilis pada 2016. Namun, kemudian dilakukan perombakan.

Aplikasi WhatsApp khusus macOS ini bisa di-download melalui tautan berikut ini.

Halaman tersebut akan mengarahkan Anda ke situs resmi WhatsApp untuk mengunduh aplikasi. Pilih “Download” di kolom “Mac” dan jangan lupa perhatikan persyaratan yang tertulis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com