Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Menonaktifkan WhatsApp agar Centang Satu dengan Mudah

Kompas.com - 27/08/2023, 14:01 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna bisa menonaktifkan WhatsApp (WA) sementara waktu, sehingga ketika dikirimi pesan oleh pengguna lain, pesan itu hanya bertanda centang satu. Lantas, bagaimana cara menonaktifkan WA agar centang satu?

Cara menonaktifkan WA agar centang satu itu mudah. Namun, tak semua pengguna mungkin telah memahaminya. Oleh karena itu, artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap cara menonaktifkan WA agar centang satu.

Baca juga: 5 Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara Tanpa Mematikan Data, Mudah dan Praktis

Cara menonaktifkan WA agar centang satu

Perlu diketahui, tanda centang satu di WhatsApp mengindikasikan bahwa pesan yang dikirim belum masuk ke penerima. Penyebab utama pesan itu belum masuk adalah WhatsApp pengguna dalam kondisi offline.

Kondisi offline tersebut secara umum bisa disebabkan karena dua hal, yaitu pengguna telah keluar dari akun WhatsApp miliknya untuk sementara waktu dan WhatsApp tidak terhubung dengan koneksi internet.

Ketika WhatsApp pengguna dalam kondisi offline, pesan yang dikirim oleh pengguna lain tidak akan masuk dan hanya centang satu. Alhasil, pengguna sebagai penerima tidak akan menerima pesan tersebut.

Kondisi offline yang membuat WA centang satu itu dapat diatur secara sengaja oleh pengguna. Dalam kondisi tertentu seperti saat liburan atau cuti kerja, pengguna mungkin perlu untuk menonaktifkan WhatsApp miliknya agar centang satu saat dikirimi pesan.

Dengan menonaktifkan WhatsApp sementara waktu selama liburan atau cuti kerja, pengguna dapat beristirahat sejenak lebih tenang. Pengguna jadi tidak akan terganggu dengan notifikasi pesan masuk pada aplikasi WhatsApp.

Untuk menonaktifkan WhatsApp sementara agar centang satu, pengguna perlu membuat WhatsApp miliknya dalam kondisi offline. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan cara menonaktifkan WA agar centang satu.

1. Menonaktifkan WA agar centang satu dengan menghapus aplikasi

Ketika aplikasi dihapus, akun WA bakal otomatis dikeluarkan, sehingga pengguna tak akan lagi bisa menerima pesan untuk sementara waktu. Cara menonaktifkan WA agar centang satu dengan menghapus aplikasi adalah sebagai berikut:

  • Untuk menghapus aplikasi WhatsApp, caranya hampir sama baik di HP Android maupun iPhone. Pengguna tinggal tekan lama logo aplikasi WhatsApp di layar “Home” HP.
  • Setelah itu, pilih opsi “Uninstall” atau “Hapus App”.
  • Jika sudah terhapus, akun WhatsApp pengguna akan dikeluarkan dan pesan yang terkirim kepadanya tidak akan masuk alias bertanda centang satu.

Bila ingin kembali mengakses WhatsApp, pengguna tinggal mengunduh dan menginstal aplikasi WhatsApp lagi di HP. Cara ini memiliki risiko berupa riwayat chat bakal ketika pengguna menginstal kembali aplikasi WhatsApp.

Supaya riwayat chat tetap tersedia seperti sebelum aplikasi dihapus, pengguna dapat melakukan pencadangan chat terlebih dahulu melalui layanan Cloud seperti iCloud (untuk iPhone) atau Google Drive (untuk HP Android).

Pencadangan chat dan data lainnya bisa dilakukan dengan mengakses menu pengaturan di aplikasi WhatsApp. Kemudian, pilih opsi “Chat” dan klik opsi “Cadangan Chat”. Kemudian, pilih opsi “Cadangkan Sekarang”.

2. Menonaktifkan WA agar centang satu dengan menghapus data aplikasi

Cara menonaktifkan WA agar centang satu yang kedua adalah dengan menghapus data aplikasi. Cara kedua ini bisa dibilang mirip dengan cara yang pertama. Akan tetapi, cara kedua ini tidak menyebabkan aplikasi WhatsApp di HP lenyap.

Hapus data aplikasi hanya menyebabkan data di dalam aplikasi WhatsApp terhapus semua, tetapi aplikasinya masih tersedia di HP. Cara ini membuat aplikasi WhatsApp menjadi seperti aplikasi yang baru diunduh.

Efek dari menghapus data aplikasi WhatsApp sama seperti dengan uninstall WhatsApp, yaitu akun pengguna bakal dinonaktifkan atau dikeluarkan. Ketika dinonaktifkan, pengguna juga tidak akan menerima notifikasi dari WhatsApp.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com