Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara, Cocok untuk Beristirahat Sejenak

Kompas.com - 27/08/2023, 19:01 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna mungkin tidak ingin terganggu dengan notifikasi dari aplikasi WhatsApp (WA) ketika sedang beristirahat sejenak seperti saat cuti atau libur. Jika ingin beristirahat sejenak dengan optimal, lantas apakah WhatsApp bisa dinonaktifkan sementara?

Kabar baiknya adalah pengguna dapat menonaktifkan WA sementara waktu. Tindakan menonaktifkan WA sementara dapat membuat pengguna tidak terganggu dengan adanya notifikasi yang kerap muncul.

Baca juga: 10 Ciri WhatsApp Disadap, Perhatikan untuk Menjaga Akun Tetap Aman

Dengan demikian, pengguna dapat beristirahat sejenak dengan lebih tenang. Lantas, bagaimana cara mematikan sementara WA? Cara menonaktifkan WhatsApp sementara itu cukup mudah. Akan tetapi, tak semua pengguna mungkin mengerti caranya.

Oleh karena itu, artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap tentang cara menonaktifkan WhatsApp sementara. Bila ingin beristirahat sejenak, berikut adalah penjelasan cara menonaktifkan WhatsApp sementara.

Cara menonaktifkan WhatsApp sementara

Untuk menonaktifkan WA sementara, terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan. Secara umum, untuk menonaktifkan WA sementara, pengguna perlu membuat agar chat atau notifikasi baru tidak dapat masuk ke akun WhatsApp pribadi.

Caranya pengguna bisa menghapus (uninstall) aplikasi, menghapus data aplikasi, dan masih banyak lagi. Penjelasan tiap cara menonaktifkan WhatsApp sementara bisa dibaca lebih lengkap di bawah ini.

1. Menonaktifkan WA sementara dengan uninstall aplikasi

Cara menonaktifkan WhatsApp sementara yang pertama adalah dengan menghapus aplikasi. Ketika aplikasi dihapus, akun WA pengguna bakal otomatis dinonaktifkan, sehingga tak dapat menerima pesan. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Untuk menghapus aplikasi WhatsApp, caranya hampir sama baik di HP Android maupun iPhone. Pengguna tinggal tekan lama logo aplikasi WhatsApp di layar “Home” HP.
  • Setelah itu, pilih opsi “Uninstall” atau “Hapus App”.
  • Jika sudah terhapus, akun WhatsApp akan dinonaktifkan sementara dan pengguna tak akan lagi menerima notifikasi dari aplikasi WhatsApp.

Bila ingin kembali mengakses WhatsApp, pengguna tinggal mengunduh dan menginstal aplikasi WhatsApp lagi di HP. Cara ini memiliki risiko berupa riwayat chat bakal ketika pengguna menginstal kembali aplikasi WhatsApp.

Supaya riwayat chat tetap tersedia seperti sebelum aplikasi dihapus, pengguna dapat melakukan pencadangan chat terlebih dahulu melalui layanan Cloud seperti iCloud (untuk iPhone) atau Google Drive (untuk HP Android).

Pencadangan chat dan data lainnya bisa dilakukan dengan mengakses menu pengaturan di aplikasi WhatsApp. Kemudian, pilih opsi “Chat” dan klik opsi “Cadangan Chat”. Kemudian, pilih opsi “Cadangkan Sekarang”.

2. Menonaktifkan WA sementara dengan menghapus data aplikasi

Cara menonaktifkan WA sementara yang kedua adalah dengan menghapus data aplikasi. Cara kedua ini bisa dibilang mirip dengan cara yang pertama. Akan tetapi, cara kedua ini tidak menyebabkan aplikasi WhatsApp di HP lenyap.

Baca juga: 2 Cara Mengganti Akun WhatsApp dengan Cepat dan Mudah

Hapus data aplikasi hanya menyebabkan data di dalam aplikasi WhatsApp terhapus semua, tetapi aplikasinya masih tersedia di HP. Cara ini membuat aplikasi WhatsApp menjadi seperti aplikasi yang baru diunduh.

Efek dari menghapus data aplikasi WhatsApp sama seperti dengan uninstall WhatsApp, yaitu akun pengguna bakal dinonaktifkan sementara. Ketika dinonaktifkan sementara, pengguna juga tidak akan menerima notifikasi dari WhatsApp.

Untuk menonaktifkan WA sementara dengan menghapus data aplikasi, caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka menu pengaturan di HP.
  • Selanjutnya, silakan mulai menghapus data aplikasi WhatsApp.
  • Untuk menghapus data aplikasi WhatsApp, caranya di tiap HP bisa berbeda-beda.
  • Jika di HP Android Xiaomi, pengguna bisa membuka menu pengaturan “Aplikasi”. Kemudian, pilih opsi “Kelola Aplikasi” dan pilih aplikasi WhatsApp. Setelah itu, klik opsi “Hapus Data”
  • Setelah menghapus data aplikasi, aplikasi WhatsApp akan direset seperti aplikasi baru dan akun WhatsApp pengguna bakal dikeluarkan.
  • Jika akun dikeluarkan maka pengguna tak akan lagi menerima notifikasi dari WhatsApp.

Bila ingin kembali mengakses akun WhatsApp, pengguna tinggal login lagi di WhatsApp dengan nomor telepon yang sama. Cara kedua ini juga memiliki risiko berupa riwayat chat bakal ketika pengguna login akun WhatsApp lagi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com