Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huawei Mate 60 Meluncur, Punya Fitur Komunikasi Satelit

Kompas.com - 31/08/2023, 11:02 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Huawei meluncurkan ponsel flagship terbaru mereka, Mate 60 "reguler" di China, Rabu (30/8/2023). Sehari sebelumnya, Huawei merilis Mate 60 Pro sebagai ponsel varian tertinggi dari seri ini.

Huawei Mate 60 tampil dengan desain yang sama persis seperti model Pro. Hanya saja, beberapa spesifikasinya dibuat lebih rendah dari Mate 60 Pro.

Salah satunya adalah lubang layar atau punch hole. Huawei Mate 60 reguler hanya memiliki satu punch hole saja. Sementara Huawei Mate 60 Pro yang punya tiga punch hole.

Salah satu nilai jual Huawei Mate 60 reguler adalah fitur komunikasi satelit. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengirim pesan dua arah lewat satelit BeiDou. Namun, fitur ini baru tersedia secara terbatas di China.

Selain desain tersebut, spesifikasi lainnya dari Mate 60 juga berbeda dengan Mate 60 Pro. Berikut rinciannya.

Spesifikasi Huawei Mate 60

Pada aspek desain, Huawei Mate 60 dilengkapi layar LTPO OLED 6,69 inci dengan resolusi 1.216 x 2.688 piksel, refresh rate 120 Hz, dan pelindung layar Kunlun generasi kedua.

Bagian punggung Huawei Mate 60 versi reguler ini juga tampak sama persis seperti versi Pro. Huawei Mate 60 memilki penampang yang punya dua kelir berbeda tetapi senada, serta modul kamera melingkar.

Pada aspek kamera, Huawei Mate 60 juga punya tiga kamera seperti model Pro. Kamera belakang Mate 60 terdiri dari kamera utama 50 MP dengan aperture f/1.4 - f/4.0, kamera ultrawide 12 MP, dan kamera periskop 12 MP.

Huawei Mate 60 ini juga dilengkapi kamera depan 16 MP, ditempatkan pada lubang layar ponsel.

Huawei tak merinci chipset yang dipakai di Mate 60. Namun spekulasi yang beredar menyebutkan bahwa ponsel ini ditenagai chip Kirin 9000S, begitu pula dengan Mate 60 Pro.

Baca juga: Huawei Mate 60 Pro Meluncur, Punya 3 Lubang Kamera Depan

Terlepas dari spekulasi itu, Mate 60 menawarkan opsi RAM dan penyimpanan tunggal, yaitu 12/512 GB.

Urusan daya tahan, Mate 60 dibekali baterai berkapasitas 4.750 mAh disertai dukungan fast charging 66 watt. Fitur lainnya yang turut melengkapi Mate 60 yaitu dukungan kirim pesan dua arah lewat satelit BeiDou di China serta sertifikasi IP68.

Spesifikasi dan harga Huawei Mate 60Huawei Spesifikasi dan harga Huawei Mate 60
Seperti Mate 60 Pro, Huawei Mate 60 juga berjalan sistem operasi HarmonyOS 4.0, bukan Android bikinan Google. Karena tak pakai OS Android, Huawei Mate 60 series otomatis tidak dibekali layanan dan aplikasi Google (Google Mobile Services/GMS).

Ini berarti pemilik ponsel tidak bisa mengunduh aplikasi dari Play Store, menonton video dari aplikasi YouTube, melihat peta di Google Maps, mengedit dokumen di Google Drive, dan layanan Google lainnya secara bawaan.

Pengguna biasanya harus mengakses layanan Google tersebut melalui browser untuk bisa menggunakannya, tidak bisa dari aplikasi.

Sebagai ganti Google Mobile Services, ponsel Huawei ini mengandalkan ekosistem buatan sendiri yang bernama Huawei Mobile Services (HMS), dengan toko aplikasi bernama Huawei AppGallery.

Baca juga: Tablet Huawei MatePad 11.5: Spesifikasi dan Harga di Indonesia

Harga Huawei Mate 60

Huawei Mate 60 sejauh ini hanya tersedia di China. Smartphone ini dibalut dalam empat opsi warna, yaitu Black, White, Green dan Purple, seperti Mate 60 Pro.

Harganya Mate 60 adalah 5.999 yuan atau setara sekitar Rp 12,5 juta, dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Kamis (31/8/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com