Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laptop Lenovo ThinkPad Plus Twist Punya Layar Sekunder 12 Hz, Ini Fungsinya

Kompas.com - 31/08/2023, 17:10 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lenovo merilis laptop konvertibel (2-in-1) ThinkBook Plus Twist di Indonesia, Kamis (31/8/2023). Salah satu keunggulannya adalah layar yang bisa diputar 360 derajat, ke kiri atau ke kanan.

Selain punya layar yang bisa diputar, laptop ini juga dibekali dengan layar sekunder yang terletak di bagian luar. Layar ini memiliki ukuran 12 inci dan memiliki refresh rate 12 Hz, jauh lebih rendah dari layar utama yang memiliki refresh rate 60 Hz.

Lantas, apa fungsinya layar 12 Hz ini?

Layar bagian luar ini mengadopsi teknologi e-ink yang menampilkan gambar layaknya tulisan di atas kertas. Artinya, kualitas gambar yang dikeluarkan sangat berbeda dengan layar utama.

Client Solution Architect Lenovo Indonesia, Abdul Hannan Imam, mengatakan bahwa penggunaan layar refresh rate 12 Hz ini sebenarnya meningkat dari ThinkBook Plus generasi sebelumnya yaitu 10 Hz.

Angka refresh rate yang rendah tersebut bisa membuat pengguna memakai ThinkBook Plus lebih lama karena lebih hemat daya dibanding layar dengan refresh rate normal (60 Hz).

"Refresh rate yang lebih rendah ini akan membuat baterai ThinkPad Plus Twist lebih irit, terutama ketika pengguna memakai laptop ini (layar sekunder) untuk mengetik, membaca e-book, menggambar, dan lain sebagainya," ujar Imam dalam acara Lenovo Tech Day 2023 yang digelar di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Kamis (31/8/2023).

Secara detail, layar sekunder di ThinkPad Plus Twist bisa dipakai dalam mode Typewriting dan E-Paper. Mode Typewriting memungkinkan pengguna memakai layar sekunder sebagai pengganti layar utama untuk mengetik.

Sedangkan mode E-Paper memungkinkan pengguna menyulap laptop menjadi tablet untuk membaca buku digital (e-book) atau artikel, serta menggambar menggunakan pena digital (stylus).

Selain bisa dipakai mengetik dan membaca artikel, layar sekunder ThinkPad Plus Twist juga bisa dipakai untuk menampilkan wallpaper

Layar sekunder Lenovo ThinkBoook Plus Twist dipamerkan dalam acara Lenovo Tech Day 2023 di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Kamis (31/8/2023).KOMPAS.com/Bill Clinten Layar sekunder Lenovo ThinkBoook Plus Twist dipamerkan dalam acara Lenovo Tech Day 2023 di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Kamis (31/8/2023).

Baca juga: Lenovo ThinkBook Plus Twist Resmi di Indonesia, Laptop Layar Putar 360 Derajat

Artinya, pengguna bisa memamerkan gambar favorit mereka kepada pengguna lain yang ada di hadapannya, terutama ketika laptop dipakai dalam mode normal (mode laptop dengan layar utama).

"Gambar yang ada di layar sekunder ini bisa diganti-ganti sesuai selera, bisa diganti logo, gambar karakter, dan lain sebagainya, jadi bisa sangat dikustomisasi oleh pengguna dengan bebas," jelas Imam.

"Layar sekunder ini juga bisa dimatikan, sehingga baterai ThinkBook Plus Twist akan lebih irit lagi jika layar sekunder tidak dipakai," imbuh Imam.

Spesifikasi ThinkBook Plus Twist

Layar utama Lenovo ThinkBook Plus Twist mengadopsi panel OLED 13,3 inci, resolusi 2,8K, refresh rate 60 Hz, dan tingkat kecerahan 400 nits.

Sementara layar sekunder yang terletak di bagian luar, memiliki ukuran 12 inci dan mengadopsi teknologi E-Ink untuk menampilkan warna.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com