Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Contoh Algoritma dalam Kehidupan Sehari-hari yang Sering Ditemui

Kompas.com - 01/09/2023, 03:00 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Dalam ilmu komputer, matematika, dan pemrograman, istilah algoritma sendiri sering digunakan dalam teknik pemecahan masalah . Algoritma berfungsi untuk membantu dalam memecahkan masalah kompleks. Misalnya saja dalam ilmu komputer, yaitu untuk mengembangkan perangkat lunak dan menyelesaikan tugas tertentu.

Fungsi algoritma sendiri dapat meliputi, pemecahan masalah, optimasi, pengolahan data, analisis kerja, dan pemrograman komputer. Namun sadar atau tidak, setiap tindakan dan kegiatan sehari-hari merupakan proses algoritma tersendiri.

Contoh kecil saat Anda ingin mengirim pesan WhatsApp. Anda akan mengambil ponsel, membuka aplikasi, memilih penerima yang akan dituju, hingga menulis dan memastikan pesan diterima oleh pengguna.

Nah selain aktivitas sederhana tersebut, terdapat contoh lain dari algoritma dalam kehidupan sehari-hari. Selengkapnya berikut ini ulasannya.

Baca juga: Pengertian Sorting Algoritma dan Tekniknya dalam Pemrograman

Contoh algoritma dalam kehidupan sehari-hari

Berikut ini beberapa contoh algoritma dalam kehidupan sehari-hari yang biasa ditemui dalam aplikasi atau akvitas harian.

Penggunaan GPS

Global Positioning System (GPS) mengubah cara pengguna menemukan jalan dan menavigasi. Ini bekerja dengan cara mengirimkan sinyal khusus ke satelit dan menunggu satelit memberikan sinyal kembali.

GPS kemudian menggunakan matematika khusus, seperti hitungan, untuk menentukan di mana pengguna berada. GPS akan membantu kita tahu seberapa jauh kita harus pergi dan berapa lama akan sampai. GPS digunakan oleh banyak aplikasi untuk mengetahui di mana kita berada.

Sistem lampu lintas di jalan raya

Di lampu lalu lintas, ada aturan khusus yang dikendalikan oleh komputer. Ini adalah aturan yang membuat lampu lalu lintas berubah warna.

Lampu lalu lintas memiliki algoritma khusus yang mengatur kapan lampu harus berubah warna. Algoritma ini mempertimbangkan berapa banyak mobil yang ada, berapa banyak yang ingin belok, dan berapa banyak yang ingin terus lurus.

Ini semua dilakukan untuk menjaga agar lalu lintas tetap aman dan tidak terjadi tabrakan. Jadi, algoritma ini membantu lampu lalu lintas tahu kapan harus mengizinkan Anda untuk melanjutkan perjalanan pengendara dengan aman.

Menyortir makalah

Menyortir makalah merupakan sebuah tugas sederhana namun menggunakan pemikiran algoritmik. Saat Anda menyortir file kantor atau dokumen pribadi, Anda menerapkan suatu algoritma.

Artinya, Anda mengikuti serangkaian langkah untuk mencapai suatu hasil. Penyortiran makalah merupakan salah satu contoh algoritma karena ini menunjukkan variasi tugas dan spesifikasi. 

Misalnya, Anda dapat mengurutkan file berdasarkan abjad, berdasarkan jumlah kata, berdasarkan tanggal, dan banyak lainnya. Tujuannya adalah untuk menyederhanakan proses organisasi dengan menggunakan tugas-tugas kecil.

Memasak

Saat memasak tak jarang kita selalu mengikuti panduan resep dan langkah-langkahnya. Hal ini juga termasuk dalam bagian algoritma. Tujuannya tentu saja untuk menciptakan hasil yang digandakan. Untuk menyelesaikan resep Anda harus mengikuti serangkaian instruksi yang diberikan.

Misalnya Anda sedang membuat roti.  Maka dalam proses pembuatannya membutuhkan tepung, ragi dan air. Setelah Anda mendapatkan bahan-bahannya, Anda perlu menggabungkannya dengan cara tertentu yang akan menciptakan hasil yang sesuai.

Bertransaksi di ATM

Aktivitas algoritma dalam ATM (Automated Teller Machine) adalah prosedur langkah-langkah yang digunakan oleh mesin untuk memungkinkan pengguna melakukan berbagai transaksi perbankan, seperti penarikan uang tunai, cek saldo, transfer dana, dan lainnya.

Misalnya saja saat akan bertransaksi di ATM. pengguna perlu melakukan autentikasi pengguna. Anda diminta untuk memasukkan kode PIN (Personal Identification Number). Algoritma memeriksa apakah PIN yang Anda masukkan cocok dengan yang terdaftar dalam basis data bank.

Baca juga: Pengertian Algoritma Pencarian dan Jenis-jenisnya

Selanjutnya pengguna akan memilih transaksi yang dibutuhkan, contoh saja penarikan tunai. Kemudian Anda diminta memasukkan jumlah yang ingin Anda tarik. Algoritma akan memeriksa ketersediaan dana yang sesuai dalam akun Anda dan mengeluarkan uang tunai dengan jumlah yang diminta.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com