Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Gaming iQoo Z7 Pro Meluncur, Chip Dimensity 7200 dan Layar 6,78 Inci

Kompas.com - 01/09/2023, 08:17 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - iQoo, sub-merek Vivo yang fokus pada ponsel penunjang game mobile, meluncurkan iQoo Z7 Pro. Smartphone ini merupakan model tinggi dari "reguler" yang sudah dirilis perusahaan pada Maret lalu.

Sebagai model tertinggi, iQoo Z7 Pro dilengkapi dengan aneka spesifikasi yang lebih mumpuni lagi dibanding model reguler.

Misalnya pada aspek layar yang kini lebih luas dibanding iQoo Z7 reguler, tepi layar melengkung, chipset lebih tinggi dan lain sebagainya.

Selain itu, iQoo Z7 Pro juga dibekali dukungan fast charging dengan watt yang lebih besar dibanding "saudaranya".

Baca juga: Pengiriman iQoo Z7 dan iQoo Z7x di Indonesia Terlambat, Pembeli Kecewa

Spesifikasi iQoo Z7 Pro

iQoo Z7 Pro hadir dengan layar AMOLED 6,78 inci, resolusi Full HD Plus dan dukungan refresh rate 120 Hz. Ukuran layar ini sedikit lebih besar dibanding iQoo Z7 reguler yang 6,4 inci.

Seperti disinggung di atas, tepi layar ponsel ini didesain melengkung di kedua sisi. Selain itu, layar iQoo Z7 juga memiliki lubang kecil alias punch hole di tengah atasnya, untuk menampung kamera depan ponsel.

Bukan hanya tampilan muka saja, punggung iQoo Z7 Pro juga dibuat berbeda dari Z7 reguler. Pasalnya, modul kamera model Pro berbentuk persegi, bukan persegi panjang seperti iQoo Z7.

Di iQoo Z7 Pro, modul itu menampung dua kamera belakang serta lampu LED flash. Kameranya terdiri dari kamera utama 64 MP yang dilengkapi fitur stabilisasi OIS, serta kamera kedalaman 2 MP.

Ada pula kamera depan dengan resolusi 16 MP untuk menunjang aktivitas swafoto atau panggilan video.

Baca juga: HP Android iQoo Z7 dan iQoo Z7x Resmi Masuk Indonesia, Ini Harganya

Beralih ke sektor dapur pacu, iQoo Z7 Pro ditenagai chipset MediaTek Dimensity 7200. Chip ini dipadukan dengan RAM 8 GB dan penyimpanan 128 GB atau 256 GB. RAM-nya bisa diperluas sampai 8 GB, jadi total RAM yang bisa didapat pengguna sampai 16 GB.

Daya tahannya ditunjang baterai berkapasitas 4.600 mAh, didukung teknologi fast charging 66 watt. Menurut iQoo, dukungan tersebut akan mengisi daya iQoo Z7 Pro dari 1-50 persen hanya dalam 22 menit.

Pada aspek software, iQoo Z7 Pro berjalan dengan sistem operasi (OS) Android 13, dilapisi antarmuka (UI) Funtouch OS 13. Perusahaan menjanjikan pembaruan Android selama dua tahun dan patch keamanan sampai tiga tahun.

Spesifikasi dan harga iQoo Z7 ProiQoo Spesifikasi dan harga iQoo Z7 Pro

Fitur lainnya yang ada di smartphone ini antara lain sertifikasi IP52 yang menunjukkan iQoo Z7 Pro tahan air dan debu, sistem pendingin dengan ruang uap 30 cm persegi, WiFi 6, Bluetooth 5.3, USB-C, dual nano-SIM, motion control, konektivitas 5G hingga pemindai sidik jari di layar.

Harga iQoo Z7 Pro

Smartphone ini hadir pertama kali di India dan ditawarkan dalam dua opsi warna yaitu Graphite Matte dan Blue Lagoon. Harga iQoo Z7 Pro sebagai berikut.

  • Harga iQoo Z7 Pro 8/128 GB - 23.999 rupee atau sekitar Rp 4,4 juta
  • Harga iQoo Z7 Pro 8/256 GB - 24.999 rupee atau sekitar Rp 4,6 juta

Belum diketahui apakah iQoo Z7 Pro akan hadir pula di Indonesia atau tidak. Vendor ponsel China itu saat ini baru menghadirkan iQoo Z7 versi reguler di Tanah Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com