Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengatasi Instagram yang Sering Logout Sendiri di Android dan iPhone

Kompas.com - 05/09/2023, 17:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Instagram menjadi salah satu platform media sosial yang sering digunakan pengguna. Mulai dari membagikan momen pribadi hingga kepentingan bisnis. Aplikasi yang hampir setiap hari dibuka dan digunakan ini juga tak terlepas dari beragam eror.

Pengguna pasti sering merasakan akun IG yang tiba-tiba sering logout sendiri dan terjadi di ponsel Android dan iPhone. Masalah ini biasanya terjadi akibat beberapa faktor. Mulai dari Instagram yang terjadi bug, akun IG yang terhubung di beberapa perangkat, kata sandi yang berubah, atau justru aplikasi yang tidak diperbarui.

Lantas bagaimana cara mengatasi Instagram yang sering logout sendiri di dua perangkat ini? Selengkapnya berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba.

Baca juga: Cara Buat Konten Teks Mirip Instagram Story di TikTok

Cek pembaruan aplikasi di App Store dan Play Store

Instagram yang sering logout sendiri bisa jadi dikarenakan aplikasi yang mengalami bug. Untuk mengatasinya pengguna bisa memperbarui aplikasi Instagram di toko aplikasi App Store dan Play Store. Apabila aplikasi menampilkan "Update" maka segera lakukan pembaruan agar tidak terjadi bug kembali.

Hapus cache aplikasi Instagram

Cache adalah file data kecil yang membantu aplikasi berjalan lebih cepat di perangkat seluler. Namun, cache pada aplikasi Instagram Anda mungkin saja rusak dan menyebabkan masalah kinerja pada aplikasi. Hapus cache Instagram di perangkat Anda untuk melihat apakah ini memperbaiki masalah “Instagram terus keluar”.

Cara hapus cache Instagram di iOS

  • Buka "Pengaturan" pilih "Umum"
  • Klik "Penyimpanan iPhone/ iPhone Storage"
  • Selanjutnya pilih "Offload App"

Cara hapus cache Instagram di Android

  • Buka "Pengaturan"
  • Pilih "Aplikasi"
  • Klik "Kelola Aplikasi"
  • Pilih "Instagram"
  • Klik "Hapus Data" > "Bersihkan cache"

Restart ponsel

Ponsel Android atau iOS yang sering digunakan terus menerus bisa jadi membuat perangkat mengalami bug dan menyebabkan aplikasi Instagram turut mengalami crush. Salah satunya membuat Instagram yang terus logout. Maka dari itu untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba cara sederhana dengan melakukan restart ponsel.

Copot dan instal ulang aplikasi Instagram

Selain memperbarui aplikasi Instagram, Anda bisa mencopot pemasangan dan menginstal aplikasi Instagram kembali. Solusi ini akan membantu dengan memperbarui Instagram di perangkat Anda sekaligus membersihkan cache. Ini akan membantu memperbaiki eror IG yang sering keluar sendiri.

Ubah kata sandi Instagram Anda

Sempat login akun IG di ponsel pengguna lain? Bisa jadi akun Anda telah dikeluarkan oleh pengguna tersebut. Sehingga akun IG yang tersemat di ponsel Anda turut ikut keluar sendiri secara tiba-tiba. Selain itu agar akun Anda lebih aman maka ubahlah kata sandi akun Instagram dan login menggunakan kata sandi terbaru.

Gunakan hanya satu akun Instagram

Apabila Anda login akun Instagram di beberapa device, cobalah untuk mengeluarkan salah satunya. Hal ini bisa jadi Instagram mengenali pola akun pengguna tidak beraturan. Cobalah untuk mengeluarkan seluruh akun Instagram Anda di seluruh device dan login kembali di satu perangkat. Hal ini bisa jadi mengatasi akun IG yang sering logut terus menerus.

Hubungi pusat bantuan Instagram

Terakhir, jika semua opsi lain gagal, Anda dapat menghubungi pusat bantuan Instagram dan melaporkan keluhan Anda. Berikut ini cara menghubungi pihak bantuan IG.

  • Pilih "Settings and privacy"
  • Klik "Help"
  • Pilih "Report a Problem" atau pilih "Help Center"
  • Nantinya Anda dapat memilih beberapa bantuan untuk mengatasi eror yang dialami

Baca juga: Cara Mengganti Tema DM Instagram biar Lebih Menarik

Demikian cara mengatasi Instagram yang sering logout sendiri. Semoga membantu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com