Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hapus Akun Instagram, Pendiri Twitter Deklarasikan “Merdeka dari Meta”

Kompas.com - 22/08/2023, 11:01 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendiri Twitter (kini X), Jack Dorsey menghapus akun Instagram pribadinya yang menggunakan handle @jack. Hal tersebut ia ungkap melalui akun Twitter pribadinya.

“Menghapus akun Instagram saya setelah 12 tahun. Yang saya yakini menjadi satu dari 10 akun pertama (di Instagram) dan menjadi investor awal. Siapa yang akan memiliki handle @jack?,” tulis Dorsey pada Jumat (18/8/2023).

Pengumuman tersebut menarik perhatian warganet. Salah satu pengguna bernama Charlie Greenman (@razroo_chief) bertanya, "Apakah Dorsey juga memiliki akun Facebook?". Dorsey menjawab ia tidak memiliki satu pun akun di media sosial milik Meta.

“Tidak (punya), begitu juga dengan WhatsApp. Leganya mata, merdeka dari Meta, tak terkalahkan,” jawab Dorsey.

Baca juga: Pendiri Twitter Jack Dorsey Berhenti Main Instagram dan Tutup Akun @jack

Selain itu, pengguna lain juga ada yang mengajukan pertanyaan soal alasan dibalik penghapusan akun Instagram. Namun, Dorsey enggan menjelaskan lebih lanjut soal alasannya menghapus akun Instagram pribadinya.

"Semua alasannya terlalu "meta" untuk diketahui," jawab Dorsey.

Entah apa maksudnya. Mungkin saja, Dorsey bermaksud menjawabnya secara implisit. Bisa jadi "terlalu meta" yang dimaksud, merujuk pada arti kata meta dalam bahasa Yunani, yang artinya "melampuai".  Istilah itu kemudian juga menjadi alasan penamaan "metaverse" yang digaungkan Facebook tahun 2021 lalu.

Jadi, mungkin saja Dorsey bermaksud bahwa alasannya menutup akun Instagram "cukup besar".

Keputusan Dorsey menghapus akun Instagram-nya juga diketahui oleh Elon Musk selaku pemilik dari X. Ia mengomentari unggahan tersebut dengan satu emoji api.

Kejadian ini membuat sejumlah pihak berspekulasi bahwa Dorsey secara tidak langsung berpihak kepada Musk. Beberapa warganet juga ada yang mengaitkan hal ini dengan pertandingan duel yang konon bakal dilakukan oleh Musk dan CEO Meta, Zuckerberg.

Sebagaimana dikutip KompasTekno dari Business Insider, Senin (21/8/2023), Dorsey memang sempat mengungkapkan dirinya tidak menggunakan produk apapun dari Meta. Ia mengakui ada perbedaan pendekatan antara dirinya dan Zuckerberg.

Dalam siniar (podcast) Broadroom: Out of Office pada 2020 yang dibawakan oleh Rich Kleiman, salah satu pendiri Thirty Five Ventures dan manager bintang NBA, Kevin Durant, Dorsey ditanya apakah terjadi perselisihan antara dirinya dan Zuckerberg.

“Saya tidak terlalu menggunakan Instagram. Saya tidak terlalu banyak menggunakan produk Facebook (Meta), apapun itu sebenarnya. (Alasannya) karena ada perbedaan pendekatan, Rich,” kata Dorsey dalam podcast tersebut.

Baca juga: Pendiri Twitter Jack Dorsey Bikin Medsos Baru Bluesky

Selain tidak lagi menggunakan produk Meta, Dorsey juga cukup sering melontarkan kritik terhadap media sosial bikinan Zuck.

Pada 4 Juli 2023, saat Meta memperkenalkan Threads, Dorsey mengkritik privasi data yang diterapkan Meta. Dalam tangkapan layar (screenshot) yang dibagikan, Threads terlihat banyak mengumpulkan data privasi penggunanya. Mulai dari informasi keuangan hingga akses data sensitif lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com