Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Mengatasi iPhone Tidak Tersedia, Lengkap Termasuk jika Lupa Password

Kompas.com - 10/09/2023, 10:00 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna yang memakai iPhone dalam kondisi tertentu mungkin bakal menjumpai pesan seperti ini “iPhone Tidak Tersedia” atau “iPhone Unavailable”. Lantas, apa yang dimaksud dengan iPhone Tidak Tersedia?

Perlu diketahui, pesan iPhone Tidak Tersedia atau iPhone Unavailable bisa muncul di semua pengguna. Pesan iPhone Tidak Tersedia atau iPhone Unavailable bakal muncul pada layar kunci perangkat. Bentuk pesan itu bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Baca juga: Cara Cek Battery Health iPhone, Penting buat Mengetahui Kondisi Baterai

Ilustrasi pesan iPhone Tidak Tersedia atau iPhone Unavailable yang muncul di layar kunci perangkat.Apple.com Ilustrasi pesan iPhone Tidak Tersedia atau iPhone Unavailable yang muncul di layar kunci perangkat.

Sebagaimana tertera pada gambar di atas, pesan iPhone Tidak Tersedia atau iPhone Unavailable artinya adalah pesan peringatan yang muncul di layar iPhone akibat pengguna salah memasukkan sandi perangkat (password) berkali-kali.

Jika pesan ini muncul, pengguna mungkin bakal panik. Sebab, ketika pesan iPhone Tidak Tersedia atau iPhone Unavailable muncul di layar kunci perangkat, pengguna tak akan bisa mengakses iPhone dalam kurun waktu tertentu.

Saat salah memasukkan sandi perangkat berkali-kali, pesan itu akan muncul dan iPhone tidak dapat dioperasikan atau terkunci untuk sementara waktu. Lantas, berapa lama iPhone Tidak Tersedia atau iPhone Unavailable muncul di layar kunci perangkat?

Durasi pesan iPhone Tidak Tersedia yang membuat iPhone terkunci bergantung dari berapa kali pengguna salah memasukkan sandi perangkat. iPhone Tidak Tersedia bisa berjalan selama 1 menit hingga 1 jam.

Semakin banyak pengguna salah memasukkan password maka durasi iPhone Tidak Tersedia bakal semakin lama. Saat pesan iPhone Tidak Tersedia muncul, pengguna hanya bisa menunggu hingga batas waktu pengunciannya berakhir.

Cara mengatasi iPhone Unavailable

Seandainya salah memasukkan password berkali-kali dan muncul pesan iPhone Unavailable, tak usah panik. Pengguna sejatinya dapat mengatasi iPhone Unavailable dengan mudah. Lantas, bagaimana cara mengatasi iPhone Tidak Tersedia?

Setidaknya terdapat tiga cara mengatasi iPhone Tidak Tersedia yang bisa dilakukan pengguna. Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai tiga cara mengatasi iPhone Unavailable.

1. Masukkan password dengan benar

Cara yang termudah adalah pengguna bisa memasukkan password dengan benar. Ketika durasi iPhone Tidak Tersedia telah berakhir, pengguna dapat memasukkan kembali password dengan benar untuk membuka iPhone.

Bila password yang dimasukkan benar, pesan iPhone Tidak Tersedia akan tertutup dan pengguna bisa kembali mengoperasikan iPhone. Cara ini sangat mudah, tetapi hanya dapat dilakukan saat pengguna ingat password iPhone miliknya.

Dalam kondisi tertentu, pengguna bisa saja lupa password iPhone miliknya sendiri. Masalah lupa itu yang mungkin membuat pengguna mencoba terus untuk memasukkan password, tetapi salah berkali-kali dan akhirnya muncul pesan iPhone Tidak Tersedia.

Baca juga: 8 Cara agar Battery Health iPhone Tak Turun Drastis, Perhatikan

Dikutip dari laman resmi Apple, bila muncul pesan iPhone Tidak Tersedia, tetapi lupa password perangkat sendiri, satu-satunya solusi yang bisa dilakukan pengguna adalah reset atau mengatur ulang iPhone ke setelan pabrik.

Terdapat dua cara reset iPhone untuk mengatasi iPhone Tidak Tersedia dan lupa password perangkat sendiri. Adapun penjelasan dari masing-masing cara reset iPhone itu adalah sebagai berikut.

2. Reset iPhone langsung

Cara mengatasi iPhone Tidak Tersedia dengan kondisi lupa password perangkat sendiri yang pertama adalah dengan reset iPhone langsung.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com