Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Z Fold 5 Diuji 3 Game Berat: Rata Kanan Lancar, Adem, dan Tablet Lewat

Kompas.com - 16/09/2023, 13:03 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ponsel lipat Samsung seri Fold banyak diandalkan sebagai perangkat untuk bekerja, selain alat komunikasi. Ternyata kemampuannya tidak hanya itu. Ponsel lipat Samsung, khususnya Galaxy Z Fold 5, diklaim cocok untuk para gamer yang ingin menikmati pengalaman game dengan maksimal. 

Samsung "pede" dengan klaim tersebut lantaran Galaxy Z Fold 5 memang ditenagai dengan hardware kelas atas (flagship) yang cukup mumpuni.

Galaxy Z Fold 5 diotaki chipset Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy yang diklaim lebih "ngebut" dari Snapdragon 8 Gen 2 "reguler". System-on-Chip (SoC) ini memiliki jumlah prosesor (CPU) mencapai delapan inti dengan kecepatan clock tertinggi mencapai 3,36 GHz.

Baca juga: Pakai Chip Khusus, Ini Skor Benchmark Samsung Galaxy Z Fold 5 dan Z Flip 5

Pengalaman bermain game yang mulus juga diklaim bisa terwujud berkat layar utama ponsel ini yang memiliki panel Dynamic AMOLED 2X berukuran 7,6 inci dengan resolusi QXGA Plus (2.176 x 1.812 piksel). 

Nah, untuk membuktikan klaim Samsung ini, KompasTekno langsung menjajal Galaxy Z Fold 5 untuk memainkan sejumlah game populer, seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, Genshin Impact, hingga Honkai Star Rail

Namun sebelum mengujinya, kami sempat melakukan pengujian hardware ponsel ini menggunakan tiga aplikasi benchmark AnTuTu (v10), Geekbench 6, dan 3DMark. Hasilmya benchmark Galaxy Z Fold 5 dari ketiga aplikasi itu adalah sebagai berikut: 

Hasil benchmark AnTuTu, Geekbench, dan 3DMark Samsung Galaxy Z Fold 5.KOMPAS.com/Bill Clinten Hasil benchmark AnTuTu, Geekbench, dan 3DMark Samsung Galaxy Z Fold 5.

  • AnTuTu (v10): 1.474.290 poin
  • Geekbench 6: 2.039 (poin), 5.445
  • 3DMark "Solar Bay": 5.666 poin, frame rate rata-rata FPS 21,54
  • 3DMark "Wild Life Extreme": 3.110 poin, frame rate rata-rata 18,63 FPS 

Rasio layar kotak bikin kontrol game mudah

Secara garis besar, Samsung Galaxy Z Fold 5 bisa dibilang sangat asyik dipakai untuk bermain game. Pengalaman bermain game di ponsel lipat ini juga bisa dibilang cukup memuaskan. 

Sebab, layar utama ponsel lipat tersebut cukup lega dan mengusung bentuk kotak dengan rasio layar 5:6, tidak seperti smartphone kebanyakan atau tablet yang biasanya memiliki rasio layar memanjang.

Karena rasionya kotak dan tidak memanjang, Samsung Galaxy Z Fold 5 juga tak akan terlalu merepotkan ketika dipegang dengan dua tangan berlama-lama.

Lalu, rasio layar kotak ini juga memudahkan pengguna untuk melancarkan berbagai aksi di dalam game melalui tombol kontrol yang ada di masing-masing game tersebut. 

Ilustrasi main game Mobile Legends di Samsung Galaxy Z Fold 5.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi main game Mobile Legends di Samsung Galaxy Z Fold 5.

Untuk game Mobile Legends, misalnya, jarak kontrol gerak atau tombol analog virtual yang terletak di pojok kiri bawah tak terlampau jauh dengan berbagai tombol aksi yang ada di sebelah kanan.

Nah, karena jarak antara tombol analog dan aksi tak terlalu jauh, pengguna tentunya akan lebih mudah memegang perangkat dan melancarkan berbagai aksi di dalam game.

Beda halnya jika bermain game di smartphone, utamanya di tablet. Ketika layar tablet berada dalam mode horisontal, letak tombol kontrol analog dan tombol fungsi akan lebih jauh, sehingga pengguna bisa kesulitan untuk menggenggam perangkat dengan nyaman. 

Selain bisa membuat pengguna mengontrol game dengan mudah, layar kotak dan luas di Samsung Galaxy Z Fold 5 juga akan terasa lebih luas ketika dipakai bermain game. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com