Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengunjungi FlipSide Market di Seoul, Melihat Produksi Samsung Galaxy Z Fold 5 dan Z Flip 5 dari Dekat

Kompas.com - 30/07/2023, 13:00 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

SEOUL, KOMPAS.com - Samsung resmi meluncurkan Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5 dalam acara "Galaxy Unpacked 2023", Rabu (26/7/2023) di Seoul, Korea Selatan.

Dua hari usai peluncurannya, Samsung membuka kesempatan kepada seluruh warga Seoul untuk menjajal langsung produk anyar mereka. Kesempatan tersebut dapat dilakukan di FlipSide Market, yakni sebuah tempat seperti experience store Samsung.

Flip Market Side berada di wilayah Seongsu, Seoul, Korea Selatan. Di tempat ini, pengguna bisa menjajal akseroris baru dari Galaxy Z Flip 5, melihat demo singkat produksi Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5, serta masih banyak lagi.

Jurnalis KompasTekno, Caroline Saskia Tanoto yang meliput serangkaian kegiatan Galaxy Unpacked langsung dari Seoul, berkesempatan mengunjungi tiga toko Flip Market Side di Seoul, sehari sebelum pembukaan resmi.

Baca juga: 3 Peningkatan Samsung Galaxy Z Fold 5, Desain Lebih Ramping dan Performa Ngebut

Di toko tersebut, pengunjung akan disambut dengan dekorasi warna andalan Galaxy Z Flip 5 tahun ini, yakni warna Mint.

Demo singkat mengenai pewarnaan dan kotak kemasan Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Demo singkat mengenai pewarnaan dan kotak kemasan Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5

Mulai dari toko pertama, Flip Market Side memberikan demo singkat mengenai proses produksi Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5 dari dekat. Lebih tepatnya adalah proses memoles warna ponsel serta kotak kemasan perangkat.

Proses pewarnaan ini menggunakan sebuah mesin khusus. Di awal proses produksi, tampak bahwa mulanya setiap punggung perangkat berwarna putih polos, alias tidak ada warna sama sekali. Kemudian, saat melewati kotak yang menyerupai terowongan, punggung perangkat yang awalnya putih disulap menjadi berwarna.

Baca juga: Punya Engsel Baru, Samsung Galaxy Z Fold 5 Lebih Rapat Dibanding Z Fold 4

Proses produksi lainnya dilakukan oleh mesin robot. Robot tersebut ditugaskan untuk mewarnai kotak kemasan dari Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5. Cara kerjanya, setiap kotak disusun secara berjarak. Robot tersebut diposisikan di atasnya.

Demo pewarnaan kotak kemasan Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5 menggunakan mesin robotKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Demo pewarnaan kotak kemasan Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5 menggunakan mesin robot

Saat kotak sejajar dengan posisi robot, mesin itu bakal mencetak warna di atas kotak kemasan berdasarkan pola yang sudah ada. Mewarnai kotak kemasan bertujuan untuk memudahkan pengguna ataupun pihak penjual mengetahui warna Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5.

Selain proses produksi, di toko FlipSide Market pertama ini pengunjung juga dapat melihat mini pameran yang memajang aksesori Galaxy Z Flip 5 yang baru. Saat diluncurkan kemarin, Samsung memperkenalkan aksesoris bernama Flipsuit Case, kasing berteknologi NFC (near-field communication).

Pameran Flipsuit Case di toko FlipSide Market SeoulKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Pameran Flipsuit Case di toko FlipSide Market Seoul

Cara kerja dari kasing tersebut bisa disimak di artikel "Samsung Galaxy Z Flip 5 Punya Aksesoris Canggih dengan "Kartu Ajaib"". Nah, kasing tersebut terdiri dari berbagai macam tema, mulai dari pola abstrak, bunga (floral), makanan, musik, lukisan, kartun, ilustrasi, dan masih banyak lagi.

Samsung juga memamerkan durability (ketahanan) dari ponsel lipatnya. Dalam sebuah pajangan bertuliskan "Durability", terdapat delapan mesin yang membuka-tutup lipatab Samsung Z Flip 5 dan Samsung Z Fold 5 secara terus-menerus.

FlipSide Market memamerkan ketahanan dari Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip5 dengan melipat dan membentangkan layar menggunakan mesinKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto FlipSide Market memamerkan ketahanan dari Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip5 dengan melipat dan membentangkan layar menggunakan mesin

Beralih ke bagian yang lain, pengunjung juga bisa selfie dengan pengalaman yang baru dan unik. Terdapat beberapa booth foto yang dapat didatangi pengguna yang ingin menjajal kebaruan layar sekunder Galaxy Z Flip 5. Beragam pengalaman foto yang unik itu bisa disimpan, dikoleksi, dan dibagikan ke media sosial.

Baca juga: 6 Kelebihan Samsung Galaxy Z Flip 5 Dibanding Z Flip 4, Salah Satunya Lebih Rapat

Ada foto booth dan bisa main game

FlipSide Market kedua yang menawarkan photobooth yang bisa dicoba para pengunjung. Hasil foto juga dicetak dan diperbolehkan untuk disimpan dan dibawa pulangKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto FlipSide Market kedua yang menawarkan photobooth yang bisa dicoba para pengunjung. Hasil foto juga dicetak dan diperbolehkan untuk disimpan dan dibawa pulang

Setelah bermain di Flip Market Side pertama, di seberang jalan terdapat Flip Market Side yang kedua. Bangunan toko terlihat lebih besar dan tinggi karena terdiri dari tiga lantai. Lantai pertama adalah tempat pengunjung bisa menjajal dan mencoba pengalaman memakai Flipsuit Case, yang terdiri dari berbagai macam tema.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com