Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MacOS Sonoma: Jadwal Rilis, Daftar Mac yang Kebagian, Cara Update, dan Fitur-fiturnya

Kompas.com - 17/09/2023, 19:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Sistem operasi terbaru untuk desktop Apple atau Mac, yakni MacOS Sonoma, telah diumumkan kehadirannya sebagai penerus MacOS Ventura pada Juni lali di ajang temu pengembang WWDC 2023.

Meski telah diumumkan, MacOS Sonoma atau biasa disebut Sonoma saja, kala itu belum langsung dirilis ke pengguna Mac secara umum. Lantas, kapan Sonoma dirilis?

Baca juga: Cara Video Call Grup di Aplikasi WhatsApp Khusus Mac hingga 8 Orang Sekaligus

Artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap kabar terbaru jadwal rilis Sonoma, daftar Mac yang bisa update, cara update, dan fitur-fiturnya. Supaya tak ketinggalan, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai kabar terbaru MacOS Sonoma.

Jadwal rilis MacOS Sonoma

Ada kabar baik untuk pengguna Mac yang tak sabar ingin mencoba MacOS Sonoma. Apple secara resmi telah mengumumkan jadwal rilis Sonoma. Dikutip dari laman resmi Apple, MacOS Sonoma dijadwalkan rilis pada 26 September 2023.

Saat telah rilis nanti, pengguna bisa langsung download dan instal MacOS generasi terbaru itu di desktop Mac. Akan tetapi, tak semua desktop Mac bisa update Sonoma. Lantas, apa saja Mac yang bisa update Sonoma?

Daftar Mac yang bisa update Sonoma

Untuk diketahui, desktop Mac itu terdiri dari berbagai macam, seperti komputer iMac, laptop Macbook, komputer portabel Mac Mini dan Mac Studio, serta workstation Mac Pro. Tiap jenis desktop Mac itu punya beberapa seri berdasarkan tahun keluarnya.

MacOS Sonoma hanya bisa di-update pada sebagian seri di tiap jenis desktop Mac tersebut. Adapun daftar Mac yang bisa update Sonoma adalah sebagai berikut:

  • Mac Studio 2022 dan yang lebih baru
  • iMac 2019 dan yang lebih baru
  • Mac Pro 2019 dan yang lebih baru
  • Mac Mini 2018 dan yang lebih baru
  • Macbook Pro 2018 dan yang lebih baru
  • Macbook Air 2018 dan yang lebih baru
  • iMac Pro 2017

Itulah daftar Mac yang bisa update Sonoma. Jika menggunakan Mac yang tertera pada daftar di atas, pengguna bisa langsung download dan instal sistem operasi terbaru tersebut saat rilis nanti. Lalu, bagaimana cara update Sonoma di Mac?

Cara update Sonoma di Mac

Untuk update Sonoma di Mac saat sudah tersedia nanti, caranya cukup mudah. Pengguna bisa membuka menu “System Preferences” di desktop Mac. Kemudian, klik menu “Software Update”. Jika Sonoma sudah dirilis, file-nya bakal tersedia di menu itu.

Pastikan desktop Mac terhubung dengan internet. Selanjutnya, klik opsi “Upgrade Now” pada file MacOS Sonoma yang tersedia. Setelah itu, proses mengunduh dan menginstal sistem operasi terbaru bakal berjalan.

Desktop Mac bakal restart ketika masuk ke proses penginstalan MacOS. Setelah berhasil terinstal, desktop Mac akan masuk ke layar “Home” dan pengguna bisa langsung menjajal MacOS Sonoma.

Fitur MacOS Sonoma

Seperti kehadiran MacOS di generasi-generasi sebelumnya, MacOS Sonoma juga membawa sejumlah fitur baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Adapun daftar fitur MacOS Sonoma adalah sebagai berikut.

1. Widget

MacOS Sonoma (MacOS 14) mendukung widget di layar, serta membawa fitur video conference baru.Apple MacOS Sonoma (MacOS 14) mendukung widget di layar, serta membawa fitur video conference baru.

Dengan MacOS Sonoma, pengguna bisa menambahkan widget ke halaman muka komputer Mac. Yang menarik, pengguna bisa menggunakan fitur "Continuity" untuk mengimpor deretan widget yang ada di iPhone langsung ke laptop pengguna.

2. Presenter Overlay

Fitur baru Presenter Overlay. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan sosok pengguna ditampilkan seperti berada di depan materi presentasi.Apple Fitur baru Presenter Overlay. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan sosok pengguna ditampilkan seperti berada di depan materi presentasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com