Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Jelaskan Alasan Mac Pro M2 Ultra Tak Punya Kartu Grafis Tambahan

Kompas.com - 15/06/2023, 08:06 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber wccftech

KOMPAS.com - Apple mengumumkan komputer terbarunya, Mac Pro dengan chip M2 Ultra dalam ajang konferensi pengembang tahunan Worldwide Developers Conference (WWDC) 2023 pada 5 Juni lalu. 

Menariknya, komputer ini tidak dilengkapi dengan kartu grafis tambahan. Padahal pendahulunya yang dirilis dengan chip dari Intel, dibekali dukungan kartu grafis tambahan.

Dengan absennya fitur tersebut, pengguna Mac Pro 2023 hanya bisa mengandalkan kartu grafis bawaan atau internal M2 Ultra.

Secara teknis, Mac Pro dengan chip M2 Ultra memiliki enam slot ekspansi PCI Express. Nah, biasanya slot ini bisa dimanfaatkan pengguna untuk menambah komponen tertentu termasuk kartu grafis eksternal.

Baca juga: M2 Ultra Meluncur, Chip Paling Powerful Apple Saat Ini

Sayangnya, Mac Pro 2023 tidak dilengkapi slot tersebut. Hal ini turut membedakan Mac Pro generasi sebelumnya yang mendukung ekspansi kartu grafis.

Adapun slot yang tersedia pada Mac Pro dengan chip M2 Ultra ditujukan untuk ekspansi penyimpanan, jaringan dan lainnya.

Penjelasan bos hardware Apple

Menurut kepala teknik hardware Apple, John Ternus, Mac Pro 2023 tidak membutuhkan slot khusus kartu grafis. Sebab, semua operasi termasuk operasi grafis perangkat sydah ditanagani oleh chip M2 Ultra.

Ternus juga berkata bahwa chip terbaru Apple itu didasarkan pada arsitektur berbasis shared memory dan optimasi.

Nah, aspek optimasi itu diklaim bakal terganggu bila dipadukan dengan dukungan kartu grafis eksternal. Hal inilah yang membuat Apple memangkas dukungan kartu grafis.

"Itu bukanlah tujuan yang ingin kami kejar," ujar Ternus dalam sebuah wawancara dengan Daring Fireball's.

Jeroan Apple Mac Pro M2 UltraApple Jeroan Apple Mac Pro M2 Ultra

Selain tak mendukung kartu garfis, komputer terbaru Apple itu juga tak menyertakan dukungan ekspansi RAM, dihimpun KompasTekno dari Wccftech, Kamis (15/6/2023). Pasalnya, komponen tersebut sudah diinject langsung ke chip komputer.

Jadi, pengguna hanya bisa memakai RAM bawaan sebesar 192 GB dan GPU 76-core.

Baca juga: Apple Bikin Headset AR Vision Pro Versi Murah?

Mac Pro M2 Ultra sendiri diklaim menawarkan kecepatan hingga tiga kali lebih cepat dibanding pendahulunya, khususnya dalam hal transcoding video dan simulasi 3D.

Mac Pro M2 Ultra juga dilengkapi port HDMI yang mendukung resolusi 8K dan refresh rate hingga 240 Hz. Ada pula port ethernet 10 GB serta colokan audio 3,5 mm.

Komputer Apple ini sudah bisa dipesan dan tersedia di Amerika Serikat dengan harga mulai 6.999 dollar AS atau setara Rp 104 juta, berdasarkan kurs dollar AS terhadap rupiah hari ini (14/6), Rp 14.889 per 1 dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com