Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 15 Pro "Sultan" Dijual Rp 136 Juta

Kompas.com - Diperbarui 20/09/2023, 07:44 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max hadir dalam versi warna Ultra Gold untuk "sultan" alias orang yang kaya raya. Pasalnya, iPhone 15 Pro series ini dilapisi emas 18 karat (18K), dan dijual dengan harga paling murah mulai 8.890 dollar AS atau setara Rp 136,6 juta.

iPhone 15 Pro series berbalut emas ini dibuat oleh Caviar, perusahaan barang mewah asal Rusia yang kerap memodifikasi perangkat teknologi. Sebelumnya, Caviar juga pernah memproduksi headset augmented reality/virtual reality (AR/VR) Apple Vision Pro berlapis emas.

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max Ultra Gold ini memiliki sasis (punggung belakang) yang terbuat dari emas 18 karat dengan lapisan satin. Sementara logo Apple di bagian belakang terbuat dari emas 24 karat (24K).

Punggung berlapis emas itu dihiasi embos "Caviar" di bagian atas serta embos "Design by Apple. Customized by Caviar" (Desain oleh Apple. Dikustomisasi oleh Caviar) di bagian bawah.

Baca juga: Caviar Bikin Apple Vision Pro Berbalut Emas, Harganya Rp 600 Juta

Selain itu, karena memiliki punggung emas, iPhone 15 Pro series ini tidak lagi memiliki modul kamera belakang. Tiga "boba" kamera di ponsel ini seperti dibenamkan langsung di punggung ponsel.

Caviar mengatakan Ultra Gold diperuntukkan bagi "orang-orang terpilih", termasuk selebriti, olahragawan, politisi, dan elit lainnya. Adapun harga iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max Ultra Gold adalah sebagai berikut:

  • IPhone 15 Pro Ultra Gold - mulai 8.890 dollar AS hingga 9.890 dollar AS (sekitar Rp 136,6 juta hingga Rp 152 juta)
  • iPhone 15 Pro Max Ultra Gold - mulai 9.670 dollar AS hingga 10.390 dollar AS (sekitar Rp 148,6 juta hingga Rp 159,7 juta)

Caviar jual iPhone 15 Pro sultan versi terbatas, yakni Ultra Gold, Ultra Black, Titan Black, Starry Night, dan Dark Red. Kelima model ini tersedia terbatas karena hanya diproduksi 99 unit per model.Caviar Caviar jual iPhone 15 Pro sultan versi terbatas, yakni Ultra Gold, Ultra Black, Titan Black, Starry Night, dan Dark Red. Kelima model ini tersedia terbatas karena hanya diproduksi 99 unit per model.
Selain versi Ultra Gold, Caviar juga membuat iPhone 15 Pro Series dalam versi Ultra Black. Model Ultra Black juga dilengkapi logo Apple dengan emas 24L. Namun sasisnya terbuat dari titanium PVD yang biasa digunakan di industri penerbangan.

Adapun harga iPhone 15 Pro Ultra Black mulai 8.060 dollar AS (sekitar Rp 123.9 juta) hingga 9.060 dollar AS (sekitar Rp 139 juta). Sementara iPhone 15 Pro Max Ultra Black dijual mulai dari 8.840 dollar AS (sekitar Rp 135,9 juta) hingga paling mahal 9.560 dollar AS (sekitar Rp 146,9 juta).

Baca juga: Mau Beli iPhone 15 Pro di Singapura, WNI Wajib Bayar Pajak Rp 4 Juta

Selain model Ultra Gold dan Ultra Black, Caviar juga mengumumkan iPhone 15 Pro series versi Titan Black, Starry Night, dan Dark Red.

Model Titan Black membawa bodi titanium yang biasa digunakan di industri penerbangan. Namun logo Apple di bagian belakangnya terbuat dari mutiara (nacre) hitam dari Van Cleef & Arpels.

Untuk model Dark Red, Caviar menggunakan sasis berwarna merah tua dengan pola kosmik yang terinspirasi oleh Mars. Kemudian, varian Starry Night menggunakan sasis dengan serat ungu berpola menyerupai lukisan "The Starry Night" karya Van Gogh.

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max versi Ultra Gold, Ultra Black, Titan Black, Starry Night, dan Dark Red hanya akan tersedia secara terbatas alias limited.

Menurut laporan GSMArena, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (19/9/2023), Caviar hanya akan memproduksi 99 unit dari masing-masing model tersebut. Ketersediaan iPhone 15 Pro versi sultan ini selengkapnya bisa disimak melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com