Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/09/2023, 08:03 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple berjanji akan menggulirkan pembaruan perangkat lunak (software update) untuk memperbaiki tingkat radiasi di iPhone 12 yang dianggap membahayakan tubuh manusia.

Hal ini dilakukan setelah pemerintah Perancis mendesak Apple menyetop penjualan iPhone 12 di negaranya sekitar pekan lalu.

Desakan ini muncul karena pemerintah Perancis menilai tingkat radiasi iPhone 12 melebihi ambang batas dan mudah diserap tubuh karena nilai Specific Absorption Rate (SAR) tidak sesuai dengan yang sudah ditetapkan regulator.

Terkait hal ini, Apple mengeklaim bahwa iPhone 12 sudah memiliki nilai SAR yang memenuhi standar, sehingga memiliki tingkat radiasi yang aman bagi pengguna. 

Meski begitu, Apple akan tetap menggulirkan pembaruan software untuk iPhone 12. Hal ini dilakukan supaya iPhone model tersebut tetap bisa dijual di Perancis.

"Kami akan menggelontorkan pembaruan software untuk pengguna iPhone 12 di Perancis, supaya perangkat mereka sesuai dengan regulasi yang sudah ditetapkan oleh para regulator di sana," jelas Apple, dikutip KompasTekno dari AndroidAuthority, Selasa (19/9/2023). 

Apple tidak menyebutkan kapan pihaknya akan menggulirkan pembaruan software untuk memperbaiki tingkat radiasi ini. 

Perusahaan yang berkantor di Cupertino, California, Amerika Serikat (AS) tersebut memastikan bahwa hal ini bukan merupakan masalah keamanan dan keselamatan serius, sehingga pengguna iPhone 12 tak perlu khawatir.

Baca juga: Apple Didesak Setop Jual iPhone 12, Radiasinya Tinggi dan Rentan Diserap Tubuh

"Masalah radiasi atau nilai SAR di iPhone 12 ini sebenarnya berhubungan dengan pengujian spesifik yang dilakukan regulator Perancis, dan hal ini bukan merupakan masalah keamanan penggunaan perangkat," imbuh Apple.

Pemerintah Perancis konon telah menerima pernyataan Apple ini, dan mengatakan bahwa pihaknya akan kembali menguji iPhone 12 setelah mendapatkan software update dari Apple.

Apabila nilai SAR di iPhone 12 sudah dianggap aman, maka barulah perangkat tersebut boleh kembali dijual dan beredar di Perancis. 

Diuji dan ketahuan punya radiasi tinggi 

Ilustrasi iPhone 12 Pro Max Dok. Apple Ilustrasi iPhone 12 Pro Max
Seperti diwartakan sebelumnya, tingkat radiasi iPhone 12 yang tinggi ini diketahui setelah badan pengawas frekuensi radio Perancis (ANFR) melakukan pengujian terhadap ratusan ponsel termasuk iPhone 12.

Hasilnya, gelombang elektromagnetik yang dipancarkan iPhone 12 lebih banyak dari batas wajar, sehingga rentan diserap tubuh.

Menurut pengujian ANFR, nilai penyerapan energi elektromagnetik oleh tubuh pengguna, alias  SAR di iPhone 12 mencapai 5,74 watt per kilogram.

Adapun simulasi pengujian yang dilakukan adalah dengan menggengam ponsel atau menyimpan ponsel di saku.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com