Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube Rilis Aplikasi Edit Video "YouTube Create", Indonesia Kebagian

Kompas.com - 22/09/2023, 08:01 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber YouTube

 KOMPAS.com - Platform berbagi video YouTube merilis aplikasi edit video gratis bernama YouTube Create di beberapa negara. Pantauan KompasTekno, Jumat (22/9/2023), aplikasi YouTube Create juga sudah tersedia di Indonesia.

Aplikasi tersebut masih hadir dalam versi awal (beta). Melalui YouTube Create, pengguna atau YouTuber dapat mengedit video mereka sebelum diunggah (upload), langsung dari ponsel.

Dengan begitu, pengguna tak perlu menggunakan perangkat PC atau laptop mereka untuk sekadar mengedit konten video. Nah, dalam aplikasi YouTube Create, pengguna bisa menggunakan banyak fitur edit video profesional. 

Beberapa di antaranya seperti fitur memotong (trim), caption otomatis, menambahkan suara, voiceover, atau musik, hingga menggunakan berbagai efek dan filter untuk mempercantik video mereka. 

Kemudian, mereka juga bisa menyesuaikan tone warna, kecepatan, mengubah rasio aspek, kualitas, hingga orientasi video dengan mudah melalui menu-menu yang tersedia di dalam aplikasi. 

Baca juga: Makin Populer, YouTube Shorts Malah Bikin Khawatir?

Ilustrasi aplikasi YouTube Create.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi aplikasi YouTube Create.
Jika sudah selesai mengedit video, pengguna atau para YouTuber bisa langsung menyimpan video tersebut atau langsung mengunggahnya ke akun YouTube mereka masing-masing.

Adapun video yang diedit bisa langsung diunggah karena untuk menggunakan YouTube Create, pengguna memang harus masuk (login) menggunakan akun YouTube mereka masing-masing terlebih dahulu. 

Seperti disebutkan di atas, YouTube Create kini masih dalam tahap beta.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari YouTube, Jumat (22/9/2023), karena masih dalam tahap beta, para YouTuber yang menggunakan aplikasi ini boleh memberikan saran atau masukan kepada YouTube.

Hal ini tentunya untuk membuat YouTube Create lebih mulus, bagus, dan punya banyak fitur berguna di masa depan. 

Baca juga: Bagaimana agar Video di YouTube Ditonton secara Terbatas?

Kritik dan saran sendiri bisa langsung dikirim melalui menu "Send feedback" yang ada di dalam aplikasi.

Penasaran menjajal YouTube Create? Aplikasi edit video tersebut bisa diunduh melalui toko aplikasi HP Android, Google Play Store melalui tautan berikut ini.

Tidak disebutkan apakah aplikasi ini tersedia atau akan hadir di toko aplikasi iPhone alias App Store atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com