Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Komponen HP yang Paling Banyak Diservis di Oppo Service Center

Kompas.com - 22/09/2023, 10:41 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Oppo Trustworthy Service Package merupakan layanan jasa perbaikan perangkat Oppo yang bisa dinikmati di Oppo Service Center seluruh Indonesia.

Layanan yang ditawarkan beragam, mulai dari pergantian spare part, update software, hingga pasang anti-gores.

Dari segala jenis kerusakan ponsel, kerusakan layar HP jadi yang paling sering dikeluhkan oleh pengguna Oppo. 

“Selama ini di layar, paling banyak di layar karena kesalahan pengguna sendiri. Terjatuh, pecah. (Masalah ini) sama juga dengan ponsel lipat Oppo Find N2 Flip,” jelas juru bicara Oppo Indonesia ditemui di Oppo Service Center ITC Roxy Mas, Kamis (21/9/2023).

Baca juga: Teknisi Oppo Bongkar Reno 10 dan Pasang Lagi dalam 30-an Menit

Namun ia tidak merinci jumlah konsumen yang mengalami kerusakan layar. Hanya saja, ia mengungkap rata-rata unit ponsel yang diperbaiki di Oppo Service Center cabang ITC Roxy adalah 500 slot setiap bulannya.

Nah dari rata-rata tersebut, sebagian besar konsumen datang untuk memperbaiki layar ponselnya.

Pantauan KompasTekno di laman resmi Oppo Indonesia, biaya perbaikan spare part layar Reno 10 Pro Plus 5G, varian tertinggi dari Reno 10 series yang sudah meluncur Agustus 2023, senilai Rp 2,5 juta. Harganya akan berbeda menyesuaikan model.

Kendati biaya servis layar di service center itu lebih mahal ketimbang harga servis non resmi, Oppo menegaskan bahwa masa pakai perangkat bisa lebih terjamin dan aman.

Ilustrasi layanan jasa perbaikan Oppo Service CenterKOMPAS.com/Caroline Saskia. Ilustrasi layanan jasa perbaikan Oppo Service Center

“Kenapa harganya bisa beda? Karena kami satu paket, layar, frame, dan touch screen jadi satu. Kalau pengguna mengeluh ada masalah di layar/bezel, kami ga bisa mengganti satu bagian yang rusak, tetapi harus mengganti satu keseluruhan layar,” ujar perwakilan Oppo.

Baca juga: Oppo: Pemesanan Reno 10 5G di Indonesia Naik Lebih dari 50 Persen

Oppo juga membandingkan metode yang digunakan tempat servis non resmi. Menurut mereka, proses perbaikan layar di gerai non resmi lebih murah karena hanya mengganti komponen spesifik yang mengalami kerusakan saja.

Program Service Day

Teruntuk pengguna yang memiliki keterbatasan budget, tidak perlu khawatir. Sebab, Oppo juga menawarkan program “Diskon Perbaikan Service Day”. Program harga khusus ini berlangsung setiap tanggal 10 hingga 12 di setiap bulannya.

Diskon yang diberikan adalah 10-20 persen untuk pergantian port USB-C, aksesoris IoT, kabel charger, komponen di smartband ataupun smartwatch.

Sementara itu, potongan diskon yang lebih besar, sekitar 50 persen akan berlaku untuk perbaikan spare part layar, kamera, atau mesin atas perangkat.

Diskon yang lebih besar di komponen layar, kamera, dan lain-lain itu menurut Oppo dilakukan untuk menarik konsumen datang ke service center resmi, bukan non resmi.

“Sebab, jasa perbaikan non resmi terkadang mengembalikan perangkat dengan komponen tidak lengkap. Untuk menghindari hal itu, Oppo hadirkan diskon yang besar untuk komponen penting," pungkas perwakilan Oppo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com