Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Perkenalkan Surface Laptop Studio 2, Kini dengan Chip AI

Kompas.com - 22/09/2023, 11:31 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PCWorld

KOMPAS.com - Microsoft baru saja memperkenalkan model terbaru dari jajaran perangkat convertible yang ditujukan bagi profesional kreatif dan kreator konten, yakni Surface Laptop Studio 2.

Seperti pendahulunya, Surface Laptop Studio 2 memiliki layar sentuh 14,4 inci (2.400 x 1.600 piksel, 120 Hz, HDR compatible) dengan engsel unik yang mekanisme buka-tutupnya mirip tablet. Spesifikasi hardware-nya pun ditingkatkan.

Salah satu peningkatan yang menarik adalah penambahan chip Neural Processing Unit (NPU) Intel Gen3 Movidius 3700VC untuk menangani workload terkait kecerdasan buatan (artificial intelligence, AI).

Baca juga: Bos Surface dan Windows di Microsoft Mendadak Mundur

Microsot selaku pembuat Surface sekaligus sistem operasi Windows memang menekankan fitur-fitur AI yang akan datang ke Windows 11 melalui update terbaru, antara lain Windows Studio Efffects.

Surface Laptop Studio 2 ditenagai prosesor Intel Core i7-13700H atau Core i7-13800H, dengan pilihan kapasitas RAM hingga 64 GB dan media penyimpanan SSD hingga 2 TB.

Opsi GPU mencakup Nvidia GeForce RTX 4050 atau RTX 4060. Dengan konfigurasi hardware bertenaga tersebut, Microsoft pun mengklaim Surface Laptop Studio 2 sebagai "perangkat Surface paling powerful yang pernah dibuat".

Baca juga: Microsoft Luncurkan Tablet Surface Pro 9 dengan 2 Varian Chip

Microsoft ikut merombak rangkaian konektor yang tersedia. Surface Laptop Studio 2 kini memiliki dua port USB C, satu port USB A, microSD card reader, jack audio 3,5mm, dan stylus Surface Slim Pen 2.

Ada juga haptic touchpad yang lebih responsif dan bisa dikustomisasi serta web cam 1080p dengan dukungan Windows Studio Effects.

Baterai Surface Laptop Studio 2 diklaim bisa bertahan hingga 19 jam. Fitur lain termasuk dukungan WiFi 6 802.11 ax dan Bluetooth 5.1. Sistem operasi yang digunakan adalah Windows 11 Home.

Surface Laptop Studio 2 sudah bisa dipesan lewat pre-order di Microsoft Store. Harganya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PC World, dipatok mulai 1.999 dollar AS atau sekitar Rp 39,8 juta.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com