Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

USB Drive Tidak Muncul di Windows 10 atau 11, Begini Cara Mengatasinya

Kompas.com - 08/09/2023, 14:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Universal Serial Bus (USB) drive merupakan perangkat penyimpanan portabel yang menghubungkan perangkat ke komputer atau perangkat lainnya. Biasanya USB drive digunakan untuk menyimpan, mentransfer, dan mengamankan data. Cara menggunakannya USB biasanya dihubungkan pada port laptop.

Salah satunya menghubungkannya dengan port laptop Windows 10 atau Windows 11. Kendati demikian tak jarang pengguna mengalami masalah saat menggunakan perangkat ini. Salah satunya adalah USB drive tidak muncul atau tidak terbaca di Windows 10 atau 11.

Beberapa penyebab USB drive tidak muncul biasanya disebabkan oleh USB driver tidak stabil, sistem operasi di PC yang belum update, atau drive eksternal yang tidak stabil. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini beberapa cara yang bisa dicoba.

Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Ini Beda Colokan Thunderbolt dan USB-C

Restart laptop

Cara pertama yang paling mudah bisa Anda lakukan adalah dengann memuat ulang laptop. Cara ini bisa jadi akan mengatasi bug yang terjadi di laptop Windows 10 atau 11 Anda. Setelah itu masukkan kembali USB driver dan cek kembali apakah USB driver sudah terbaca atau belum.

Format USB drive

Dilansir dari How to Geek, jika Anda mendapati drive di Windows tidak bisa membaca isinya, hal ini bisa terjadi karena drive tersebut sebelumnya telah diformat dengan cara yang tidak dapat dipahami oleh Windows.

Misalnya, jika drive tersebut diformat dengan cara yang digunakan oleh Mac (sistem file APFS) atau Linux (sistem file ext4), maka Windows akan kesulitan membacanya.

Saat eror ini terjadi, umumnya Windows akan menginstruksikan bahwa USB drive perlu diformat, namun sebaiknya jangan cepat-cepat melakukan format apabila masih ada data atau file yang penting.

Pastikan Anda telah menyalin data tersebut lebih dulu di perangkat lain dan kemudian melakukan format untuk mengatasi masalah ini.

Cek pengaturan drive

Ilustrasi cara mengatasi drive tidak terbacaKompas.com/soffyaranti Ilustrasi cara mengatasi drive tidak terbaca

Buka menu "Disk Management" dengan cara mengetikkannya di kotak pencarian Windows. Selanjutnya cek apakah drive USB terdeteksi di sana. Apabila terdeteksi namun tidak ditugaskan di huruf drive, maka Anda bisa mengklik kanan pada drive dan pilih "Change Drive Letter and Paths for Partition" untuk memberikan huruf drive yang sesuai. 

Update drive

Ilustrasi cara mengatasi USB drive erorKompas.com/soffyaranti Ilustrasi cara mengatasi USB drive eror

Anda bisa mencoba mengatasi eror ini dengan memperbarui driver USB. Berikut ini cara memperbarui USB driver di Windows 10.

  • Buka bilah pencarian Windows Anda
  • Ketikkan "Device Manager"
  • Pilih "Universal Serial Bus controllers"
  • Klik kanan dan pilih "Update driver"

Baca juga: 4 Cara Mengatasi USB device not recognized” di Windows 10

Demikian cara mengatasi USB Drive yang tidak terbaca di Window 10 atau 11. Semoga beerrmanfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com