Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seharian Keliling TMII dengan Oppo A98 5G, Hasil Foto Apik dan Baterai Awet

Kompas.com - 22/09/2023, 16:30 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo A98 5G resmi hadir di Indonesia dengan kamera utama 64 MP (f/1.7). Resolusinya meningkat dibanding pendahulunya yaitu Oppo A97 yang hadir dengan kamera utama 48 MP.

Selain kamera utama itu, Oppo A98 5G juga dilengkapi dua kamera belakang lainnya, yaitu kamera kedalaman 2 MP (f/2.4) dan kamera mikroskop 2 MP (f/3.3).

Tim KompasTekno berkesempatan mencoba kebolehan kamera Oppo A98 5G untuk memotret ragam fasilitas dan satwa yang ada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Dalam kesempatan itu, kami berkunjung ke Taman Burung dan Museum Komodo.

Secara umum, kami menjajal beberapa mode kamera Oppo A98 5G di taman wisata itu. Beberapa di antaranya yaitu mode "Hi-res" (high resolution) alias resolusi tinggi untuk memotret pemandangan dengan banyak detail dan mode Portrait untuk foto dengan efek bokeh.

Lantas bagaimana hasil Oppo A98 5G dipakai seharian memotret di TMII? Berikut ulasannya.

Baca juga: 3 Fitur Kamera Oppo A98 5G buat Motret di Tempat Wisata

Detail tajam dengan mode Hi-res

Seperti disebutkan di awal, Oppo A98 5G hadir dengan kamera utama 64 MP. Namun ketika pengguna mengakses aplikasi kamera Oppo A98, pengaturan bawaannya menyetel kamera ke resolusi 50 MP.

Adapun bila pengguna ingin mengaktifkan kamera 64 MP, diperlukan pengaturan tambahan, yaitu dengan mengaktifkan fitur high resolution. Fitur ini tersedia di sudut kanan atas tampilan kamera.

Tampilan fitur Hi-res di Oppo A98 5GKompas.com/Lely Maulida Tampilan fitur Hi-res di Oppo A98 5G

Dengan memakai fitur Hi-res, pengguna bisa mengabadikan berbagai objek gambar, utamanya yang memiliki banyak detail, dengan kualitas yang baik dan tajam.

Tim KompasTekno juga coba memakai fitur ini untuk memotret gapura Museum Indonesia, TMII atau disebut Kori Agung/Candi Kurung di bawah ini. Objek ini punya detail yang banyak, sehingga perlu resolusi yang tinggi bila ingin mengabadikannya dengan jelas.

Gapura Kori Agung/Candi Kurung di TMII yang diabadikan dengan mode Hi-res di Oppo A98.Kompas.com/Lely Maulida Gapura Kori Agung/Candi Kurung di TMII yang diabadikan dengan mode Hi-res di Oppo A98.

Hasilnya, setiap detail gapura bisa diabadikan dengan jelas, bahkan ketika foto diperbesar di galeri ponsel. Selain itu, warna gapura juga bisa terekam dengan baik, seperti warna aslinya.

Begitu pula dengan foto Museum Komodo di bawah ini yang tampak terekam jelas detailnya, termasuk tekstur sisik dari patung komodo yang terlihat tajam.

Dengan memakai fitur Hi-res di Oppo A98 5G, pengguna bisa mengabadikan berbagai objek gambar, utamanya yang memiliki banyak detail, dengan kualitas yang baik dan tajam. Kompas.com/Lely Maulida Dengan memakai fitur Hi-res di Oppo A98 5G, pengguna bisa mengabadikan berbagai objek gambar, utamanya yang memiliki banyak detail, dengan kualitas yang baik dan tajam.

Mode "default" tetap apik

Tim KompasTekno juga memakai kamera default Oppo A98 5G untuk memotret objek lainnya. Meski tanpa mengaktifkan mode Hi-res, hasil foto kamera default Oppo A98 5G juga tak kalah baik.

Baca juga: 5 Jam Memotret Keliling Taman Mini dengan Oppo A98 5G, Segini Sisa Baterainya

Berbagai objek bisa diabadikan dengan apik oleh kamera default ponsel tersebut. Detail gambarnya juga tak kalah tajam, bahkan meskipun pencahayannya cukup minim, seperti saat memotret objek di dalam ruangan. Hasil foto kamera default Oppo A98 5G bisa dilihat pada foto-foto berikut.

Meski tanpa mengaktifkan mode hi-res, hasil foto kamera default Oppo A98 5G juga tak kalah oke. Berbagai objek bisa diabadikan dengan baik oleh kamera default ponsel tersebut.Kompas.com/Lely Maulida Meski tanpa mengaktifkan mode hi-res, hasil foto kamera default Oppo A98 5G juga tak kalah oke. Berbagai objek bisa diabadikan dengan baik oleh kamera default ponsel tersebut.

KompasTekno memakai kamera default Oppo A98 5G untuk memotret beragam objek. Meski tanpa mengaktifkan mode hi-res, hasil foto kamera default Oppo A98 5G juga tak kalah oke. Berbagai objek bisa diabadikan dengan baik oleh kamera default ponsel tersebut.Kompas.com/Lely Maulida KompasTekno memakai kamera default Oppo A98 5G untuk memotret beragam objek. Meski tanpa mengaktifkan mode hi-res, hasil foto kamera default Oppo A98 5G juga tak kalah oke. Berbagai objek bisa diabadikan dengan baik oleh kamera default ponsel tersebut.

Mode kamera lainnya yang dipakai di Oppo A98 5G selama berwisata ke TMII yaitu Portrait dan zoom.

Mode portrait memungkinkan pengguna mendapatkan efek bokeh, karena fitur ini membuat background gambar menjadi buram.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com