Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo A98 5G Muncul di Situs Resmi, Siap Meluncur di Indonesia

Kompas.com - Diperbarui 08/09/2023, 06:03 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Oppo

KOMPAS.com - Oppo akan memboyong ponsel kelas menengah terbarunya dari Oppo A-Series, yaitu Oppo A98 5G ke pasar Indonesia dalam waktu dekat. Indikasinya berasal dari halaman informasi (landing page) situs web resmi Oppo.com berbahasa Indonesia, yang sudah menampilkan Oppo A98 5G.

Landing page Oppo A98 5G yang bisa diakses di tautan ini, juga menampilkan sejumlah fitur unggulan Oppo A98 5G, salah satunya adalah baterai jumbo berkapasitas 5.000 mAh yang mendukung teknologi pengisian daya cepat SuperVOOC 67W.

Lalu, ponsel ini juga bakal dibekali dengan kamera utama 64 megapiksel (MP) yang sudah dilengkapi dengan teknologi AI Camera. 

Baca juga: Oppo A98 5G Meluncur dengan Kamera Utama 64 MP, Harga Rp 4 Jutaan

Nantinya, kamera utama ini juga akan ditemani dengan kamera 40x Microlens yang bisa dipakai untuk memotret berbagai benda atau partikel super kecil seperti debu, serat kain, dan lain sebagainya. 

Fitur-fitur unggulan Oppo A98 5G.Oppo.com Fitur-fitur unggulan Oppo A98 5G.

Secara desain, Oppo A98 5G akan dilapisi dengan teknologi Oppo Glow. Desain ini memungkinkan cangkang ponsel memiliki material kesat dan tahan akan bekas sidik jari, namun tetap terlihat menawan dengan efek mengilap seperti kaca.

Fitur unggulan lain yang akan hadir di Oppo A98 5G meliputi RAM 8 GB, storage 256 GB, RAM Expansion hingga 8 GB, teknologi Dynamic Computing Engine untuk meningkarkan performa di level sistem, dan masih banyak lagi.

Pihak Oppo Indonesia belum mengumbar spesifikasi lain dari ponsel ini, berikut juga terkait informasi harga Oppo A98 5G di Indonesia. 

Dalam landing page ponsel tersebut, mereka hanya mengatakan bahwa perangkat ini akan segera hadir di Tanah Air melalui sejumlah toko online rekanan Oppo, serta toko offline Oppo Store yang tersebar di beberapa kota di Indonesia.

Selain kemunculannya di landing page, indikasi lain yang memperkuat kehadiran Oppo A98 5G dalam waktu dekat, juga terdeteksi di laman sertifikasi Postel Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Di laman tersebut, muncul kode nomor perangkat CPH2529 yang diyakini sebagai Oppo A98 5G. Apabila perangkat sudah muncul di laman sertifikasi Kominfo, artinya, peluncurannya tidak akan lama lagi. Sebab, sertifikasi tersebut menjadi salah satu syarat sebelum baragn elektronik dipasarkan di Indonesia.

Tangkapan layar laman sertifikasi Postel Kominfo yang menampilkan kode nomor perangkat, diduga Oppo A98 5G.Postel Kominfo Tangkapan layar laman sertifikasi Postel Kominfo yang menampilkan kode nomor perangkat, diduga Oppo A98 5G.
Baca juga: Oppo Indonesia Diskon Suku Cadang HP hingga 50 Persen

Spesifikasi dan Harga Oppo A98 5G di Malaysia

Spesiifkasi Oppo A98 5GOppo Malaysia Spesiifkasi Oppo A98 5G

Oppo A98 5G sudah meluncur di pasar global, termasuk di negara "tetangga" Malaysia. 

Apabila mengacu pada peluncuran di negara tersebut, suksesor Oppo A97 5G yang meluncur pada 2022 lalu ini mengusung layar berpanel IPS LCD seluas 6,72 inci, yang menawarkan resolusi Full HD Plus dan refresh rate 120 Hz.

Pada sektor fotografi, ponsel ini dibekali dengan tiga kamera belakang mencakup kamera utama 64 MP (f/1.7), kamera "mikroskop" alias Microlens 2 MP (f/3.3), dan kamera depth sensor 2 MP (f/2.4). 

Di bagian depan ponsel ini, terdapat kamera selfie 32 MP (f/2.4) yang dimuat dalam modul punch hole di tengah atas layar.

Untuk aspek performa, Oppo A98 5G ditenagai oleh system-on-chip (SoC) bikinan Qualcomm, Snapdragon 695 5G yang dipadu dengan RAM 8 GB dan kapasitas penyimpanan sebesar 256 GB.

Ponsel ini memiliki baterai 5.000 mAh dengan teknologi SuperVOOC 67W, serta sudah menjalankan sistem operasi Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka ColorOS 13. 

Di pasar Malaysia, ponsel ini dijual dengan harga 1.399 ringgit atau sekitar Rp 4,5 juta (kurs 1 ringgit = sekitar Rp 3.200) untuk satu varian 8/256GB. Warna yang tersedia terdiri dari Dreamy Blue dan Cool Black.

Belum bisa dipastikan apakah harga dan spesifikasi Oppo A98 5G di Indonesia akan sama dengan pasar Malaysia (sekitar Rp 4,5 jutaa) atau tidak. Kita nantikan saja. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com