Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Aplikasi WhatsApp 'Tidak Menanggapi'? Begini Cara Mengatasinya

Kompas.com - 26/09/2023, 17:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Saat mengakses WhatsApp di beberapa media, seperti ponsel, browser atau desktop tak jarang pengguna mengalami beberapa masalah. Salah satu yang tak jarang terjadi adalah aplikasi WhatsApp 'tidak menanggapi' atau tidak merespon.

Hal ini tentu menjadi hambatan tersendiri bagi pengguna. Terlebih lagi jika akan segera menghubungi kontak tertentu.

Dilansir dari laman WhatsApp, masalah ini bisa jadi disebabkan oleh beberapa faktor, seperti koneksi internet dan koneksi komputer yang tidak stabil. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba.

Baca juga: Cara Menambahkan Saluran WhatsApp buat Dapat Informasi Terkini

Cek koneksi komputer

Cobalah buka WhatsApp Web atau Desktop. Jika Anda melihat ikon kuning berisi pesan eror Komputer tidak terhubung, pastikan koneksi komputer Anda aktif. Cek koneksi internet di komputer apakah terhubung atau tidak.

Jika koneksi komputer masih terhubuung, cobalah untuk memuat ulang halaman WhatsApp Web atau WhatsApp desktop dengan log out aplikasi dan login kembali,

Koneksi WiFi yang tidak stabil

Salah satu penyebab WhatsApp tidak menanggapi adalah karena jaringan internet yang tidak stabil. Selain itu bisa jadi jaringan WiFi tertentu membatasi penggunaannya. Umumnya WiFi kantor, perpustakaan, atau kampus kerap membatasi akses internet yang berdampak pada WhatsApp web/DDesktop.

Muat ulang perangkat

Anda juga bisa mencoba dengan memuat ulang aplikasi WhatsApp. Hal ini biasa dilakukan ketika pengguna mengalami eror WhatsApp tidak menanggapi di ponsel. Anda bisa mematikan ponsel/PC lalu kembali mengaktifkannya kembali.

Memuat ulang koneksi WiFi

Anda juga bisa memuat ulang pengaturan WiFi Anda. Cobalah menonaktifkannnya, tunggu beberapa saat dan kembali hubungkan WiFi kembali.

Izinkan penggunaan data latar belakang

Apabila masalah terjadi di ponsel Android Anda, bisa jadi karena Anda belum mengizinkan penggunaan data latar belakang. Maka dari itu buka setelan perangkat > aplikasi > WhatsApp > pilih data seluler > kemudian "Izinkan penggunaan data latar belakang".

Baca juga: Cara Menghapus Saluran WhatsApp dengan Mudah biar Tak Terganggu

Demikian uraian penyebab aplikasi WhatsApp tidak menanggapi. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengatasinya dengan cara di atas atau mencobanya cara lainnya di situs resmi WhatsApp berikut ini. Semoga membantu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com