Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi 13T Resmi Meluncur, Ponsel Seri-T Pertama dengan Kamera Leica

Kompas.com - 26/09/2023, 19:50 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

BERLIN, KOMPAS.com - Xiaomi resmi meluncurkan ponsel terbarunya, Xiaomi 13T, dalam acara yang digelar di Verti Music Hall, Berlin, Jerman pada Selasa (26/9/2023) pukul 14.00 waktu setempat atau 19.00 WIB. 

Perangkat ini merupakan ponsel pertama Xiaomi dari T-Series yang dibekali dengan kamera hasil kerja sama Xiaomi dengan pabrikan lensa kenamaan asal Jerman, Leica.

Daniel Desjarlais, Director of Communications, Spokesperson Xiaomi International di atas panggung peluncuran Xiaomi 13T, di Verti Music Hall, Berlin, Jerman pada Selasa (26/9/2023) KOMPAS.com/Bill Clinten Daniel Desjarlais, Director of Communications, Spokesperson Xiaomi International di atas panggung peluncuran Xiaomi 13T, di Verti Music Hall, Berlin, Jerman pada Selasa (26/9/2023)

"Hari ini, kami memperkenalkan Xiaomi 13T Series, smartphone pertama di Xiaomi T-Series yang dibekali dengan teknologi Leica Authentic Imagery," ungkap Daniel Desjarlais, Director of Communications, Spokesperson Xiaomi International di atas panggung peluncuran.

Xiaomi 13T dibekali dengan tiga kamera belakang yang meliputi kamera utama 50 MP (f/1.9, Sony IMX707, OIS), kamera telefoto 50 MP (f/1.9), dan kamera ultrawide 12 MP (f/2.2). 

Adapun kamera utama ponsel ini dirancang menggunakan standar teknologi lensa optik Leica yang disebut "Summicron Lens".

Teknologi ini memungkinkan kamera utama ponsel menyaring cahaya yang masuk ke dalam sensor kamera melalui tujuh lensa (7P) yang memiliki fungsi berbeda. Dengan begitu, foto akan semakin cantik, memiliki tona warna natural, dan bercahaya.

Baca juga: Xiaomi 13T Pro Resmi, Dimensity 9200 Plus dan Cas 120 Watt Jadi Pembeda

Ilustrasi modul kamera belakang Xiaomi 13T.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi modul kamera belakang Xiaomi 13T.
Nah, berkat teknologi lensa dan optik standar Leica ini, Xiaomi bisa menyematkan dua fitur khas Leica di Xiaomi 13T, yaitu Leica Authentic Look dan Leica Vibrant Look. 

Leica Authenic Look merupakan fitur yang bisa dipakai pengguna untuk membuat gambar dan detail warna di dalam foto ditampilkan sealami mungkin, serta memiliki warna khas Leica. 

Sementara itu, Leica Vibrant Look berfungsi untuk membuat hasil foto memiliki warna yang cerah dan terang, sehingga apabila detail warna di dalam foto ada banyak dan bervariasi, warna-warna tersebut tak akan bertabrakan dan tetap indah.

Selain gaya Leica Authentic Look dan Leica Vibrant Look, Xiaomi 13T juga dibekali dengan beberapa filter kamera meliputi Leica Vivid, Leica Natural, Leica Black White Natural, Leica Black White High Contrast, Leica Blue, Leica Sepia, dan lain sebagainya.

"Bersama dengan Xiaomi, kami mengembangkan teknologi canggih untuk menghadirkan pengalaman fotografi smartphone mumpuni. Kami juga sudah melakukan berbagai pengujian dan penilaian terhadap teknologi ini, sehingga sesuai dengan standar Leica," kata Pablo Acevedo Noda, Head of Development & Engineering Mobile Leica Camera AG.

Baca juga: Menjajal Langsung Xiaomi 13T di Berlin, HP Cantik dengan Kamera Leica

Spesifikasi Xiaomi 13T

Tampilan layar Xiaomi 13T dengan konten yang masih bisa terlihat jelas di bawah sinar matahari terik.KOMPAS.com/Bill Clinten Tampilan layar Xiaomi 13T dengan konten yang masih bisa terlihat jelas di bawah sinar matahari terik.
Secara tampilan, Xiaomi 13T mengusung layar CrystalRES AMOLED 6,67 inci yang memiliki resolusi 2.712 x 1.220 piksel, refresh rate 144 Hz, touch sampling rate 480 Hz, dan tingkat kecerahan maksimal mencapai 2.600 nit.

Layar ini mendukung 68 juta warna, fitur Dolby Vision, dan HDR10 Plus. Layar Xiaomi 13T sudah dilapisi dengan kaca pelindung Gorilla Glass 5.

Pada bagian tengah atas layar, terdapat punch hole yang memuat kamera selfie 20 MP (f/2.2). 

Beralih ke aspek performa, ponsel ini diotaki chipset Mediatek Dimensity 8200 Ultra dengan prosesor (CPU) delapan inti berkecepatan clock hingga 3,1 Ghz. Chipset tersebut dikombinasikan dengan RAM hingga 12 GB dan media penyimpanan hingga 512 GB.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com