Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Watch 2 Pro Meluncur, Pertama Pakai WearOS

Kompas.com - 27/09/2023, 08:15 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

BERLIN, KOMPAS.com - Selain merilis ponsel Xiaomi 13T Series, Xiaomi juga meluncurkan arloji pintar (smartwatch) terbarunya, Xiaomi Watch 2 Pro dalam acara peluncuran yang digelar di Verti Music Hall, Berlin, Jerman, Selasa (26/9/2023).

Kini, untuk pertama kalinya dalam produk smartwatch, Xiaomi resmi menggunakan sistem operasi (OS) WearOS bikinan Google. Sebelumnya, smartwatch Xiaomi selalu mengusung OS bikinan Xiaomi sendiri, yaitu MiUI yang disesuaikan untuk smartwatch.

"Kami bangga bahwa kini kami bermitra dengan Google untuk menghadirkan WearOS di perangkat ekosistem smartwatch kami," jelas Product Marketing Manager International Communications Xiaomi, TJ Walton di panggung acara. 

Kehadiran WearOS di Xiaomi Watch 2 Pro, lanjut Walton, memungkinkan pengguna memakai berbagai aplikasi buatan Google dengan mudah di smartwatch, tanpa harus menggunakan smartphone Android mereka.

Baca juga: Xiaomi Watch S1 Pro Meluncur, Smartwatch dengan 100 Mode Olahraga

Beberapa aplikasi Google yang bisa dibuka di arloji pintar teranyar Xiaomi itu mencakup Google Assistant, Maps, YouTube Music, Wallet, dan masih banyak lagi. 

Khusus untuk Google Assistant, aplikasi ini sudah tersemat langsung di dalam sistem perangkat. Artinya, pengguna Xiaomi Watch 2 Pro hanya perlu mengatakan "OK, Google" untuk membuat smartwatch ini menjalankan berbagai fungsi.

Selain aspek OS, Xiaomi Watch 2 Pro juga kini hadir dengan modul putar (rotateable crown) yang terletak di bingkai kanan perangkat. Modul ini bisa digunakan untuk menavigasi menu Xiaomi Watch 2 Pro.

Spesifikasi Xiaomi Watch 2 Pro

Daftar fitur Xiaomi Watch 2 Pro.KOMPAS.com/Bill Clinten Daftar fitur Xiaomi Watch 2 Pro.

Secara spesifikasi, Xiaomi Watch 2 Pro memiliki layar AMOLED dengan ukuran 1,43 inci dengan resolusi 466 x 466 piksel. Layar perangkat ini memiliki tingkat kecerahan hingga 600 nit, serta dibekali dengan fitur Always-On Display (AOD). 

Baca juga: Aplikasi WhatsApp Resmi Dukung WearOS, Kirim Chat Bisa lewat Smartwatch

Pada aspek performa, arloji pintar terbaru Xiaomi ini ditenagai dengan chipset Snapdragon W5 Plus Gen 1 (4 nm) yang dipadukan dengan RAM 2 GB dan media penyimpanan (storage) 32 GB. 

Untuk soal fitur, sama seperti smartwatch kebanyakan, Xiaomi Watch 2 Pro juga turut mendukung fitur perekaman kualitas tidur, kandungan oksigen di dalam darah, detak jantung, dan masih banyak lagi. 

Xiaomi Watch 2 Pro hadir dalam dua model, versi Bluetooth dan 4G LTE.Xiaomi Xiaomi Watch 2 Pro hadir dalam dua model, versi Bluetooth dan 4G LTE.

Meski demikian, arloji pintar ini punya salah satu fitur yang tak banyak dipunyai smartwatch lain, yaitu fitur Advanced Body Composition Index. 

"Fitur ini akan memberikan rangkuman kondisi atau komposisi tubuh pengguna, mulai dari kadar lemak di dalam tubuh, tingkat ideal suatu tubuh (BMI), dan masih banyak lagi," jelas Walton.

Fitur pendukung lainnya yang ada di Xiaomi Watch 2 Pro mencakup 150 lebih perekaman olahraga, 200 lebih tampilan antarmuka dinamis yang berbeda-beda (Dynamic Watch Faces, dukungan 4G LTE, serta L1+L5 Dual-band GNSS untuk sistem GPS yang lebih akurat.

Ada pula fitur Remote Camera yang memungkinkan arloji pintar dijadikan tombol shutter untuk kamera smartphone yang terhubung. 

Di pasar Eropa, Xiaomi Watch 2 Pro dijual dengan harga 269 euro (sekitar Rp 4,4 juta) untuk varian Bluetooth, dan 329 euro (sekitar Rp 5,4 juta) untuk varian LTE. 

Belum ada informasi apakah smartwatch yang memiliki bodi stainless steel ini nantinya juga bakal dipasarkan di Indonesia atau tidak. Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com