Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aplikasi Scanner Dokumen untuk HP Android Gratis

Kompas.com - 30/09/2023, 17:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Saat mendaftar untuk keperluan sekolah maupun pekerjaan, pelamar biasanya harus melampirkkanm syarat scan dokumen tertentu. Beberapa syarat dokumen yang penting dilampirkan, biasanya berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (K), Ijazah, dan lainnya.

Untuk memindai dokumen-dokumen ini bisa dilakukan sendiri dengan mudah. Salah satunya menggunakan aplikasi scanner. Bagi Anda pengguna HP Android, aplikasi scan dokumen ini bisa diunduh dengan mudah dan gratis di Google Play Store.

Apa saja itu? Selengkapnya berikut ini beberapa aplikasi scanner dokumen yang bisa dicoba.

Baca juga: Pengertian Scanner, Fungsi, dan Jenis-jenisnya

Adobe Scan

Adobe ScanGoogle Play Store Adobe Scan

Adobe Scan merupakan aplikasi yang memiliiki beberapa fitur untuk memudahkan pengguna memindai dokumen secara mandiri dengan mudah. Adobe Scan juga memiliki fitur untuk mengatur warna dokumen lebih jelas.

Setalah melakukan pemindaian, Anda bisa mengakses hasil scan yang tersimpan di ponsel kapan saja. Anda juga bisa langsung mengirim ddokumen melaluii e-mail atau menyimpan di cloud.

Aplikasi ini memiliki rating 4.8 dan telah diunduh 100 juta kali. Kendati memiliki fitur sederhana, Adobe Scan cocok digunaan untuk berbagai keperluan scan dokumen. Anda bisa mengunduhnya di Google Play Store.

CamScanner

CamScanner adalah aplikasi yang sering digunakan untuk scan dokumen. Aplikasi ini bisa membantu Anda memindai dokumen dan disimpan dalam format PDF atau JPEG. Anda juga bisa cetak dokumen menggunakan printer cloud atau bahkan mengirimnya dengan faks.

Aplikasi ini juga bisa terhubung dengan penyimpanan cloud seperti Drive, Dropbox, atau Box. CamScanner juga memliiii fitur kolaborasi yang memudahkan bekerja sama.

CamScanner bisa diakses secara gratis dan berlangganan untuk mengakses fitur lanjutannya. CamScanner memiliii rating 4.8 dan telah diunduh hingga 100 juta kali di Google Play Store.

Clear Scan

Clear ScanGoogle Play Store Clear Scan

Aplikasi ini menawarkan kecepatan pemrosesan yang cepat dan dukungan cloud untuk Google Drive, OneDrive, dan Dropbox. Ada opsi untuk konversi PDF dan JPEG.

Beberapa fitur lainnya termasuk ukuran aplikasi yang kecil, fitur organisasi, opsi pengeditan, dan banyak lagi. Clear Scan dapat diakses gratis maupun berbayar mulai dari 5 dollar AS atau berkisar Rp 75.000. Clear Scan memiliki rating 4.8 dan telah diunduh 10 juta kali di Google Play Store.

Document Scanner

Document ScannerGoogle Play Store Document Scanner

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com