Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera iPhone 15 Pro Max Terbaik Kedua Versi DxOMark

Kompas.com - 02/10/2023, 07:00 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - DxOMark, situs web yang biasa menguji kemampuan kamera smartphone, menguji iPhone 15 Pro Max. Ponsel model tertinggi di antara iPhone 15 series itu meraih total skor 154 poin.

Skor itu mengantarkan iPhone 15 Pro Max ke posisi kedua dalam daftar smartphone dengan kamera terbaik versi DxOMark, setidaknya sejauh ini. Poin tersebut hanya terpaut 2 angka dibanding Huawei P60 Pro yang bertengger di posisi pertama, dengan skor 156 poin.

Secara umum, DxOMark memuji iPhone 15 Pro Max sebagai iPhone terbaik yang pernah diuji.

Berdasarkan hasil pengujian, kamera iPhone 15 Pro Max unggul dalam sejumlah aspek termasuk kecerahan, kontras foto, efek bokeh, warna kulit, dan eksposur yang akurat, bahkan untuk foto saat malam hari.

DxOMark juga menilai iPhone 15 Pro cukup andal digunakan untuk merekam video.

"iPhone 15 Pro Max begitu unggul untuk fotografi dan videografi portrait, menangkap detail yang rumit dan menampilkan warna kulit dengan baik," demikian keterangan DxOMark soal kelebihan iPhone 15 Pro Max.

Baca juga: Para Pemakai iPhone 15 Pro Max Ngeluh Overheat, Sarankan Pakai Casing

Sejumlah keunggulan itu dicapai berkat serangkaian perbaikan oleh engineer Apple. Misalnya pada sensor gambar Quad-Bayer yang kualitas gambar serta zoom-nya lebih baik dan lebih mulus dibanding iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max.

Selain itu, lensa telefoto 5x juga dinilai DxOMark membuat iPhone 15 Pro Max menghasilkan kualitas gambar dan video yang lebih baik dibanding pendahulunya.

Tampilan kamera iPhone 15 Pro.Apple Tampilan kamera iPhone 15 Pro.

Meski demikian, kamera smartphone ini juga punya kekurangan. Kekurangan kamera iPhone 15 Pro Max menurut DxOMark adalah performanya ketika cahaya redup. Noise yang dihasilkan ponsel Apple itu dinilai lebih banyak ketimbang smartphone flagship lain.

Kekurangan lainnya yaitu dynamic range yang cukup terbatas, ketika kamera iPhone 15 Pro Max mengabadikan pemandangan di luar ruangan.

Selain itu, DxOMark juga menyayangkan ketidakkonsistenan detail gambar saat zoom kamera iPhone 15 Pro Max diaktifkan. Kekurangan ini terjadi di semua rentang zoom yang didukung ponsel tersebut.

Terlepas dari kekurangan tersebut, kamera iPhone 15 Pro Max secara umum masih tetap unggul dibanding pendahulunya maupun flagship lainnya.

Karena itu, DxOMark menyebutkan bahwa iPhone 15 Pro Max merupakan ponsel yang bisa direkomendasikan bagi fotografer maupun videografer perangkat mobile.

Peringkat kemampuan kamera berdasarkan DxOMark. iPhone 15 Pro Max menduduki posisi kedua di bawah Huawei P60 Pro.DxOMark Peringkat kemampuan kamera berdasarkan DxOMark. iPhone 15 Pro Max menduduki posisi kedua di bawah Huawei P60 Pro.

Sementara itu, untuk Huawei 60 Pro yang menduduki peringkat pertama, DxOMark menilai kemampuan kamera smartphone ini unggul di hampir semua aspek, termasuk saat memotret foto maupun saat merekam video di berbagai pencahayaan. Detail gambarnya juga dinilai bagus di semua rentang zoom.

Kekurangannya adalah perbedaan antara preview gambar dengan gambar final yang cukup jauh, detail yang kurang oke ketika kondisi pengambilan gambar yang rumit hingga audio video yang terdengar agak kurang jelas.

Baca juga: Skor Benchmark iPhone 15 Pro Max Kalah dari HP Android Ini

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com