Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game "Counter-Strike 2" Resmi Meluncur, Bisa Dimainkan Gratis

Kompas.com - 29/09/2023, 13:31 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengembang game asal Amerika Serikat, Valve, resmi meluncurkan game shooter Counter-Strike 2 (CS2) di platform komputer (PC). Game ini bisa dimainkan secara gratis lewat platform distribusi game milik Valve, Steam.

Counter-Strike 2 dirilis sebagai pembaruan (update) dari "Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO)", sehingga pengguna tidak perlu mengunduh game ini secara terpisah.

Sebagai versi baru atau penerus dari CS:GO, Counter-Strike 2 membawa sejumlah kebaruan yang bisa dibagi menjadi dua kategori utama, yakni peningkatan grafik dan perubahan gameplay.

Terkait grafik, kini Counter-Strike 2 hadir dengan kualitas visual yang lebih tinggi, khususnya untuk pencahayaan dan detail setiap objek di game.

Baca juga: Pengumuman Counter-Strike 2 Malah Bikin CS:GO Pecahkan Rekor

Hal ini dimungkinkan karena CS2 menggunakan game engine Source 2, berbeda dengan pendahulunya, yang digarap dengan mesin game Source generasi pertama.

Peningkatan visual ini berdampak pula pada peta (map), yang dibagi menjadi "Touchstone Maps", "Upgrade Maps", dan "Overhaul Maps".

Peta Dust II di Counter-Strike 2 termasuk Touchstone Maps, karena hanya membawa peningkatan pencahayaan saja.Valve Peta Dust II di Counter-Strike 2 termasuk Touchstone Maps, karena hanya membawa peningkatan pencahayaan saja.
Touchstone Maps sejatinya merupakan peta Counter-Strike ikonik, yang tidak banyak mendapatkan perubahan kecuali peningkatan pencahayaan, contohnya peta Dust II.

Di sisi lain, ada Upgrade Maps yang memanfaatkan mesin Source 2, untuk menghadirkan objek, pencahayaan, dan refleksi cahaya yang lebih realistis, misalnya peta Nuke.

Terakhir, ada Overhaul Maps, yakni peta yang dibuat ulang (remake) dengan menggunakan Source 2, seperti peta Overpass dan Inferno.

Peta Inferno di Counter-Strike 2 termasuk Overhaul Maps, karena menghadirkan perubahan yang signifikan, kecuali untuk aspek tata letak (layout)KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Peta Inferno di Counter-Strike 2 termasuk Overhaul Maps, karena menghadirkan perubahan yang signifikan, kecuali untuk aspek tata letak (layout)
Karena dibuat ulang, peta ini bisa saja memiliki perubahan desain lingkungan atau bangunan yang signifikan, tetapi dengan mempertahankan tata letaknya (layout). Jadi, lokasi dalam peta seperti bombsite A, B, jalur mid, dan lain sebagainya masih sama.

Visual permainan lainnya seperti efek air, ledakan, api, serta darah menjadi lebih realistis, sedangkan tampilan antarmukanya (UI) dikemas dengan visual yang lebih modern dan minimalis.

Mode ranked yang berbeda

Premier Mode di Counter-Strike 2 menghadirkan sistem pick dan ban mapValve Premier Mode di Counter-Strike 2 menghadirkan sistem pick dan ban map
Beralih ke sisi gameplay, Counter-Strike 2 memboyong mode "Competitive" dan "Premier Mode" dari pendahulunya, tetapi dengan sejumlah peningkatan.

Adapun Premier Mode merupakan mode kompetitif yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pick dan ban peta (map), seperti pada turnamen e-sports "CS:GO".

Baca juga: Valve Umumkan Counter-Strike 2, Tampilan Game Lebih Realistis

Dalam akhir setiap match di Premier Mode versi terbaru, pemain akan mendapatkan rank berupa "CS Rating" berdasarkan performa mereka dalam match itu.

Rank ini nantinya muncul dalam papan peringkat musiman (seasonal leaderboard), sehingga pemain bisa membandingkan rank yang dimiliki dengan rank teman, rank di wilayah tertentu, dan juga di dunia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com