Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tampilan Microsoft Store Versi Web Dirombak, Lebih Segar dan Modern

Kompas.com - 10/10/2023, 09:30 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Microsoft diam-diam meluncurkan wajah baru toko aplikasi Microsoft Store untuk Windows versi web. Microsoft Store versi web dengan tampilan baru ini bisa diakses lewat URL http://apps.microsoft.com.

Tampilan baru Microsoft Store versi web ini lebih segar dan modern, sedikit banyak mirip dengan Microsoft Store versi aplikasi yang ada di Windows 10 atau 11.

Salah satu tim pengembang Microsoft Store versi web, bernama Judah Gabriel, menjelaskan bahwa Microsoft Store versi web terbaru ini menggunakan komponen pemrograman populer yang modern, yakni Lit, Vite JS, Shoelace, PWA builder's template, dan App Tools.

Untuk backend, Gabriel mengatakan mereka menggunakan server ASP.NET dengan kode C#.
Sebagai perbandingan, tampilan Microsoft Store versi web yang lama masih menggunakan basis kode (codebase) React yang cukup usang, yang juga dibangun menggunakan framework UI (user interface/antarmuka) yang sudah lawas pula.

Baca juga: Microsoft Teams Versi Baru Kini Lebih Kencang dan Bersih

"Kami membuat tampilan pengalaman pengguna (user experience/UX) yang lebih segar dengan desain antarmuka (UI) yang dirancang dengan cermat, memberikan cara yang lebih mudah untuk menemukan aplikasi baru, dan kumpulan teknologi web modern," jelas Gabriel dalam unggahannya di platform X (dulu Twitter).

Ketika mengakses app.microsoft.com yang baru, pengguna akan melihat kolom kategori yang di bawah menu kategori dan “Search”.

Jendela berukuran cukup besar, nyaris memenuhi satu layar. Jendela tersebut berisi rekomendasi aplikasi yang bisa diunduh, daftar game PC, dan beberapa produk lain Microsoft.

Tampilan desainnya juga terlihat modern karena mengadopsi model sudut yang membulat di keempat sisinya.

Baca juga: Microsoft Rela Rugi Triliunan Rupiah demi Apple

Di bawah jendela rekomendasi, terdapat rekomendasi aplikasi berdasarkan kategori tertentu. Pengguna bisa menemukan rekomendasi aplikasi esensial, aplikasi gratis yang paling banyak dicari, aplikasi untuk menunjang produktivitas, dan masih banyak lagi.

Setiap kategori akan menampilkan setidaknya enam sampai 10 aplikasi rekomendasi yang bisa diunduh pengguna. Tampilan rekomendasinya juga akan diberi peringkat dari 1—10. Di bawah nama aplikasi, akan terdapat rating, kategori aplikasi, dan jenis aplikasi (berbayar/tidak).

Windows Store versi web yang didesain ulang juga memudahkan pengguna mencari hingga mengunduh aplikasi Windows atau game Xbox PC langsung di menu utama, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Verge, Selasa (10/10/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com