Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Tutup "Jalur" Update Gratis Windows 7 ke Windows 10

Kompas.com - 02/10/2023, 16:04 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Microsoft menutup jalur instalasi yang memungkinkan pengguna Windows 7 dan 8 melakukan upgrade ke Windows 10 atau 11 secara cuma-cuma. Pengumuman ini dipublikasi Microsoft melalui halaman resminya pada 20 September lalu.

Saat merilis Windows 10 pada 2015, Microsoft memang menawarkan upgrade gratis untuk pengguna Windows yang lebih lama, seperti Windows 7 dan 8. Penawaran upgrade gratis ini sebenarnya berakhir sejak Juli 2016.

Namun, meski berakhir sejak lama, Microsoft masih membiarkan pengguna Windows lawas untuk melakukan pembaruan ke Windows 10 dan 11 tanpa biaya. Pengguna bisa menggunakan kode produk dari Windows lama untuk aktivasi Windows 10 dan 11. Kini "jalur" upgrade tersebut ditutup sepenuhnya.

“Tawaran upgrade gratis dari Microsoft untuk Windows 10/11 berakhir di 29 Juli 2016. Jalur instalasi (gratis) untuk Windows 7/8 akan dihapus. Pembaruan dari Windows 10 ke Windows 11 masih gratis,” tulis Microsoft.

Baca juga: Microsoft Rilis Surface Laptop Go 3, Layar Touchscreen Besar dan Lebih Ringan

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tech Spot, Senin (2/10/2023), Microsoft sendiri saat ini sedang mempersiapkan pembaruan Windows 11 ke versi 23H2.

Pembaruan OS tersebut masih dalam tahap pengembangan dan sudah digelontorkan ke pengguna beta pada 26 September lalu.

Versi final dari update tersebut kabarnya bakal dirilis pada kuartal IV-2023, sekitar bulan Oktober-Desember mendatang. Pengguna yang tidak terdaftar sebagai pengguna beta bisa melakukan sejumlah pengaturan untuk mendapat update terbaru.

Caranya bisa dengan mengunjuni menu Settings (Pengaturan). Pilih Update Windows (Pembaruan Windows). Lalu, klik “Dapatkan pembaruan terbaru segera, jika sudah tersedia” (Get the latest updates as soon as they’re available).

Windows 11 versi 23H2 akan dibekali dengan Windows Copilot, asisten pribadi berbasis kecerdasan buatan (AI/Artificial Intelligence). Kehadiran fitur ini berfungsi untuk meningkatkan produktivitas pengguna Windows 11.

Pada dasarnya, asisten virtual ini mirip dengan Cortana yang ada di Window 10. Hanya saja, kemampuannya jauh lebih pintar karena dapat dikombinasikan dengan software tambahan (plugin) lain, seperti Bing dan ChatGPT.

Baca juga: Microsoft Perkenalkan Surface Laptop Studio 2, Kini dengan Chip AI

Fitur bertenaga AI tersebut juga bakal ada di aplikasi Microsoft 365, seperti Microsoft Word, Excel, Power Point, Outlook, Teams, dan masih banyak lagi. Aplikasi edit gambar, aplikasi Notepad, Narrator, menu File Explorer juga akan didukung oleh fitur AI.

Pengguna Windows 10 masih dapat melakukan upgrade ke Windows 11 secara gratis, jika mampu memenuhi beberapa persyaratan.

Misalnya, perangkat harus ditenagai oleh prosesor dengan kecepatan clockspeed minimal 1 GHz, CPU terdiri minimal dua inti atau lebih, memiliki RAM minimal 4 GB, storage (ruang penyimpanan) 64 GB, mengandalkan kartu pengolah grafis yang kompatibel dengan DirectX 12 atau lebih baru, dan masih banyak lagi.

Bila ingin tetap melakukan upgrade, pengguna bisa membeli paket Microsoft selama satu tahun penuh dengan lisensi Microsoft Office Professional Plus 2021 yang dibanderol seharga 199 dollar AS (Rp 3 jutaan).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com