Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa E-mail di Gmail Hilang dari Kotak Masuk? Begini Cara Mengeceknya

Kompas.com - 10/10/2023, 15:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Google Mail (Gmail) merupakan aplikasi pesan yang biasa digunakan sehari-hari mulai dari kebutuhan sekolah, pekerjaan, dan bisnis.

Layaknya aplikasi pesan lainnya, ketika menerima surat elektronik dari pengirim, e-mail akan masuk ke kotak masuk Gmail. Namun tak jarang pesan-pesan tersebut berakhir di folder yang salah alias menghilang secara tidak sengaja.

Hal ini tentu sangat disayangkan, terlebih lagi jika pesan Gmail merupakan pesan penting yang berkaitan dengan bisnis.

E-mail yang hilang ini biasanya disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari pesan yang salah ditandai, tidak sengaja menandainya sebagai spam, atau telah diarsipkan secara tidak sengaja.

Lantas bagaimana cara mencari e-mail di Gmail yang tiba-tiba hilang dari kotak masuk? Selengkapnya berikut ini beberapa cara yang bisa dicoba.

Baca juga: Cara Membuat Tanda Tangan di Gmail dengan Logo agar Terlihat Profesional

Cek forward e-mail

Ilustrasi filter GmailKompas.com/soffyaranti Ilustrasi filter Gmail

Anda bisa memastikan dan mengecek apakah e-mail yang diterima otomatis diteruskan pada penerima lain. Berikut ini cara mengeceknya.

  • Buka kotak masuk Gmail Anda
  • Klik "Pengaturan" yang ditandai dengan ikon gerigi
  • Pilih "See all settings"
  • Klik tab menu "Forwarding and POP/IMAP"
  • Selanjutnya hapus alamat yang tertera sebagai tujuan forward pesan Anda

Buka folder spam

Pesan Gmail yang tiba-tiba hilang bisa jadi tidak sengaja masuk ke folder spam/sampah. Anda bisa mengeceknya ke folder spam dan memulihkannya kembali.

Perlu diketahui bahwa pesan spam biasanya akan terhapus secara permanen setelah 30 hari. Caranya buka Gmail Anda dan pilih menu Spam di bagian sebelah kiri e-mail. Cobalah cari e-mail yang tidak sengaja masuk ke folder spam.

Cek filter Gmail

Filter di Gmail bisa jadi memindahkan e-mail secara otomatis sehingga pesan yang diterima tiba-tiba hilang. 

Filter di Gmail seperti penyaring yang bisa membantu memindahkan email-email ke tempat tertentu ke folder blokir atau spam. Untuk mengatasinya Anda bisa memeriksa apakah sudah ada filter tertentu di Gmail yang Anda atur sebelumnya.

Cara mengeceknya klik ikon gerigi di sebelah kanan, selanjutnya pilih "lihat semua pengaturan". Kemudian pilih tab menu "Filters and Blocked Addresses". Pilih alamat e-mail yang tidak sengaja Anda blokir sebelumnya dengan klik "unblock".

Cek pada tab e-mail sosial atau promosi

E-mail-email tertentu tak jarang secara otomatis dikategorikan dandimasukkan dalam salah satu tab Gmail, seperti sosial atau promosi.

Klik salah satu tab dan gulir hingga menemukan e-mail yang dicari. Selanjutnya klik peesan tersebut dan pilih untuk untuk dipindahkan ke folder atau kotak masuk lain.

Klik pada tab dan gulir hingga Anda menemukan email Anda yang hilang. Klik pesan tersebut dan pilih untuk pindah ke folder atau kotak masuk lain.

Manfaatkan fitur pencarian Gmail

Selain mencarinya di beberapa tab Gmail. Anda juga bisa mencari e-mail yang hilang secara manual lewat fitur pencarian Gmail. Bisa jadi e-mail yang hilang sebenarnya tertumpuk oleh pesan-pesan yang diterima secara bersamaan.

Baca juga: Cara Mengatasi Gmail yang Diretas dan Menjaga Keamanan Akun

Demikian ulasan mengenai cara mengecek e-mail yang tiba-tiba hilang di Gmail. Semoga membantu. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com