Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IGDX 2023 Digelar di Bali, Libatkan Lebih Banyak Developer dan Publisher Game

Kompas.com - 11/10/2023, 07:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

 

BALI, KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), lewat Asosiasi Game Indonesia (AGI), kembali menggelar acara jumpa antar pengembang (developer) game lokal dan penerbit (publisher) game, bertajuk Indonesia Game Developer Exchange (IGDX). 

Untuk tahun ini, IGDX 2023 menghadirkan lebih banyak pengembang game Tanah Air dengan jumlah mencapai 150 developer. Pada IGDX 2022 lalu, jumlah pengembang yang diundang hanya 57 developer saja. 

Beberapa developer lokal kenamaan yang diundang mulai dari Mojiken Game Studios, Toge Productions, Agate International, Gambir Studio, Glory Jam, dan masih banyak lagi.

Selain developer, IGDX 2023 juga akan mengundang sekitar 40 publisher game kenamaan, mulai dari Tencent, Google Play, Xbox, Steam, Keppler, Plug in Digital, dan masih banyak lagi. Angka ini juga bertambah dari total 12 publisher yang diundang di IGDX 2022 lalu. 

Baca juga: Cerita Pengembang Game Lokal yang Dibimbing Developer Asing di IGDX 2022

Suasana Indonesia Developer Game Exchange (IGDX) yang berlangsung di Bali, Oktober 2023.KOMPAS.com/Bill Clinten. Suasana Indonesia Developer Game Exchange (IGDX) yang berlangsung di Bali, Oktober 2023.

Nantinya, para developer lokal dan publisher game ini akan dipertemukan dalam acara IGDX Business 2023 yang berlangsung selama dua hari, yaitu pada 11-12 Oktober 2023 di The Stones Hotel, Legian, Bali. 

Dalam sesi ini, para developer game bisa melakukan networking dan pitching mengenai game-game buatan mereka kepada para publisher yang hadir.

Kemudian, mereka juga bisa bertemu dengan sejumlah perusahaan pendanaan alias venture capital (VC) yang diundang ke IGDX 2023.

Untuk tahun ini, jumlah VC yang diundang bertambah dari 4 menjadi 10 perusahaan, sehingga pengembang game lokal bisa memperbesar kesempatan mereka untuk mendapatkan dana untuk proyek game baru.

Agenda utama IGDX 2023

Nah, setelah IGDX Business 2023 rampung, acara lantas akan dilanjutkan dengan IGDX Conference 2023 yang akan digelar pada hari ketiga IGDX 2023, tepatnya pada 13 Oktober 2023 mendatang. 

Suasana Indonesia Developer Game Exchange (IGDX) yang berlangsung di Bali, Oktober 2023.KOMPAS.com/Bill Clinten. Suasana Indonesia Developer Game Exchange (IGDX) yang berlangsung di Bali, Oktober 2023.

Acara ini bisa dibilang merupakan agenda utama sekaligus penutup rangkaian IGDX 2023, dan dalam acara ini, pejabat Kominfo dan AGI, serta sejumlah petinggi dari penerbit game internasional, akan memberikan pidatonya masing-masing. 

Baca juga: 36 Developer Game Indonesia Dilatih Mentor Asing dan Lokal di IGDX 2022

Beberapa pejabat yang rencananya hadir di IGDX Conference 2023 mencakup Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, perwakilan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta perwakilan Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Kemudian untuk publisher, ada beberapa petinggi dari Steam (Valve), Google Play, Microsoft Xbox, Epic Games, dan lain-lain yang akan memberikan beberapa informasi penting tentang platform distribusi game mereka masing-masing. 

Di samping itu, acara ini akan diisi dengan sejumlah diskusi panel yang dengan topik pengembangan bisnis game lokal, cara menguasai pasar game, tips dan trik supaya sebuah pengembang game bisa sukses, dan beragam topik lainnya. 

Secara total, IGDX Conference 2023 ini akan diisi oleh 14 pembicara dan jumlah tamu yang hadir diprediksi akan mencapai 3.000 orang, meningkat pesat dari IGDX 2022 yang hanya berjumlah 200 orang. 

Jurnalis KompasTekno, Bill Clinten akan hadir dalam acara IGDX 2023 yang digelar pada 11-13 Oktober 2023 ini, termasuk ke acara IGDX Business 2023 dan IGDX Conference 2023. Nantikan berita dan artikel mengenaik IGDX 2023 di Kompas.com!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com