Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Browsing, Lengkap dengan Manfaat dan Cara Melakukannya

Kompas.com - 11/10/2023, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Browsing merupakan salah satu istilah yang rasanya sudah cukup populer di telinga para pengguna saat ini. Istilah browsing kerap dipakai untuk menyebut aktivitas yang berkaitan dengan internet.

Meski sudah cukup populer, tak semua pengguna mungkin telah mengerti mengenai browsing, terutama mereka yang tengah ini memulai belajar mengakses internet. Lantas, apa yang dimaksud dengan browsing?

Baca juga: 6 Macam Perangkat Keras untuk Mengakses Internet di Komputer

Jika baru belajar mengakses internet dan belum mengerti soal browsing, tak usah khawatir. Artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap mengenai pengertian browsing, manfaat, dan cara melakukannya. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian browsing

Seperti yang sempat disebutkan di atas, browsing merupakan aktivitas yang berkaitan dengan internet. Secara umum, browsing adalah aktivitas yang dilakukan pengguna untuk mencari, mengakses, dan mengeksplorasi informasi di jaringan internet.

Dalam pengertian lain, dapat dipahami pula, browsing adalah tindakan menelusuri konten digital di internet, seperti teks, gambar, video, dan berbagai jenis konten lainnya, yang dapat diakses melalui perangkat yang terhubung ke jaringan internet, seperti ponsel dan desktop.

Dengan pengertian itu, browsing biasa disebut juga dengan searching, surfing, atau internetan. Semua istilah tersebut sama-sama berarti aktivitas untuk menjelajah atau menelusuri informasi pada berbagai website di internet.

Saat melakukan browsing, pengguna memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan konten yang mereka akses. Pengguna dapat klik tautan untuk mengunjungi halaman lain, membaca artikel, menonton video, atau mengunduh file.

Selain itu, pengguna bahkan bisa berpartisipasi dalam interaksi sosial melalui media sosial atau forum online. Browsing telah menjadi kegiatan yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk tujuan informasi, hiburan, komunikasi, atau belanja online.

Itulah pengertian mengenai browsing. Lantas, sebenarnya apa manfaat browsing? Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut soal manfaat browsing, silakan simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Manfaat browsing

Lantaran browsing merupakan aktivitas menjelajah di internet, manfaat browsing sebetulnya tak jauh-jauh dari manfaat internet itu sendiri. Adapun manfaat browsing yang perlu diketahui adalah sebagai berikut:

  • Browsing memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai jenis informasi dari seluruh dunia dengan cepat dan mudah. Informasi itu termasuk berita, artikel, referensi bahan bacaan, data referensi, dan masih banyak lagi.
  • Browsing memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai platform komunikasi, seperti e-mail, pesan instan, dan media sosial.
  • Browsing membuat pengguna dapat mengakses berbagai konten hiburan di internet, seperti streaming video, bermain game online, mendengarkan musik, dan lainnya.
  • Browsing memudahkan pengguna ketika hendak berbelanja online seperti mencari informasi produk dan membandingkan harganya.

Itulah beberapa manfaat browsing, yang mungkin jarang disadari pengguna. Browsing tampaknya sekarang telah menjadi aktivitas yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan banyak pengguna.

Baca juga: Cara dan Perangkat untuk Mengakses Internet

Setiap pengguna yang melakukan penjelajahan di internet pada dasarnya itu merupakan aktivitas browsing. Browsing bisa dibilang merupakan aktivitas kunci yang perlu dipahami jika pengguna hendak belajar mengakses internet.

Oleh karena itu, seandainya tengah belajar mengakses internet, pengguna perlu memahami langkah-langkah melakukan browsing di internet. Lantas, bagaimana cara melakukan browsing di internet? Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini.

Langkah-langkah melakukan browsing di internet

Aktivitas browsing bisa berjalan itu memerlukan beberapa pendukung. Browsing adalah aktivitas menjelajah informasi di internet yang melibatkan setidaknya penggunaan hardware seperti ponsel atau komputer dan software browser.

Sebelum bisa browsing, pengguna perlu menggunakan ponsel atau komputer yang terhubung dengan jaringan internet. Kemudian, pengguna juga perlu memiliki software browser di ponsel atau komputer.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com