Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesan Pertama Mencoba Galaxy Buds FE, TWS Termurah Samsung dengan ANC

Kompas.com - 16/10/2023, 13:35 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung Galaxy Buds FE (Fan Edition) resmi bisa dibeli di Indonesia.

Aksesori audio true wireless stereo (TWS) teranyar Samsung ini dibanderol Rp 1,4 juta. Dengan harga tersebut, Galaxy Buds FE menjadi TWS termurah yang dipasarkan Samsung saat ini.

Meski murah, Galaxy Buds FE membawa fitur mumpuni. Salah satunya adalah teknologi Active Noise Cancellation (ANC). Biasanya fitur ini hanya tersedia untuk TWS kelas atas yang harganya lebih mahal.

KompasTekno berkesempatan menjajal Galaxy Buds FE varian warna Graphite alias hitam. Kami pun membuka kotak kemasan, menggenggam, serta mencicipi Galaxy Buds FE.

Dari segi kemasan, Samsung Galaxy Buds FE datang dengan boks yang didominasi warna putih. Di depan kotak kemasan ada foto dua buah earbud Galaxy Buds FE dengan desain "wing" di bagian atas.

Di dalam kotak kemasan, konsumen akan mendapatkan paket yang lengkap mulai dari satu unit casing sekaligus untuk tempat ngecas, satu set earbuds (kanan dan kiri), dua set ear tips (ukuran kecil dan besar), satu set wingstip, kabel USB-C to USB-C, serta kertas panduan penggunaan singkat.

Baca juga: Samsung Galaxy Buds FE Resmi, TWS Murah dengan Fitur AI dan ANC

Dengan harga Rp 1,4 juta, konsumen akan mendapatkan paket yang lengkap mulai dari satu unit casing sekaligus untuk tempat nge-cas, satu set earbuds (kanan dan kiri), dua set ear tips (ukuran kecil dan besar), satu set wings tip, kabel USB-C to USB-C, serta kertas panduan penggunaan singkat.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Dengan harga Rp 1,4 juta, konsumen akan mendapatkan paket yang lengkap mulai dari satu unit casing sekaligus untuk tempat nge-cas, satu set earbuds (kanan dan kiri), dua set ear tips (ukuran kecil dan besar), satu set wings tip, kabel USB-C to USB-C, serta kertas panduan penggunaan singkat.
Secara desain, tampilan Galaxy Buds FE serupa dengan TWS Galaxy Buds Series kebanyakan. Cangkang atau case TWS ini mengusung desain kotak, dan di dalamnya terdapat wadah untuk mengisi daya dua earbud, masing-masing untuk telinga kiri dan kanan.

Ketika digenggam, case TWS ini terasa cukup ringan dan compact, sehingga mudah dibawa-bawa. Di atas kertas, case Galaxy Buds memiliki dimensi 50 x 50 x 27,7 mm dengan bobot 40 gram.

Sementara earbud-nya memiliki dimensi 19,2 x 17,1 x 22,2 mm dengan bobot 5,6 gram. Ketika dipasang di telinga dipadukan dengan eartip ukuran medium, earbud terasa pas di telingan dan cukup ringan.

Berkat desain "wing" di bagian atas, posisi earbud Galaxy Buds FE semakin kuat menempel di telinga, sehingga tidak gampang copot ketika dibawa bergerak, khusus saat olahraga. Elemen wing tersebut dilapisi wing tip dengan material karet, sehingga tetap nyaman di telinga.

Baca juga: Cara Cek Persentase Baterai TWS Galaxy Buds

Punya fitur ANC

Galaxy Buds FE bisa dihubungkan ke smartphone dengan Bluetooth. Perengkat ini hadir dengan Bluetooth 5.2. Untuk menyambungkan dengan gadget, pengguna cukup membuka cangkang TWS. Nanti, ponsel akan langsung mendeteksi Galaxy Buds FE. Sepengalaman kami, menyambungkan Buds FE ke ponsel Galaxy S23 Ultra dan Galaxy S23 FE sangat mulus dan cepat.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Galaxy Buds FE bisa dihubungkan ke smartphone dengan Bluetooth. Perengkat ini hadir dengan Bluetooth 5.2. Untuk menyambungkan dengan gadget, pengguna cukup membuka cangkang TWS. Nanti, ponsel akan langsung mendeteksi Galaxy Buds FE. Sepengalaman kami, menyambungkan Buds FE ke ponsel Galaxy S23 Ultra dan Galaxy S23 FE sangat mulus dan cepat.
Galaxy Buds FE bisa dihubungkan ke smartphone dengan Bluetooth. Perangkat ini hadir dengan Bluetooth 5.2.

Untuk menyambungkan dengan gadget, pengguna cukup membuka cangkang TWS. Nanti, ponsel akan langsung mendeteksi Galaxy Buds FE. Sepengalaman kami, menyambungkan Buds FE ke ponsel Galaxy S23 Ultra dan Galaxy S23 FE sangat mulus dan cepat.

Setelah melakukan pairing, kami bisa langsung menggunakan Galaxy Buds FE untuk mendengarkan lagu dan menerima panggilan telepon.

Samsung Galaxy Buds FE sudah dilengkapi teknologi Active Noise Cancellation (ANC). Ketika dijajal, kemampuan ANC pada Buds seharga Rp 1,4 juta ini cukup bisa diandalkan.

Berkat ANC, kami bisa mendengarkan musik di tengah keramaian atau di tempat umum yang biasanya berisik. Bila ingin tetap awas terhadap lingkungan sekitar, pengguna bisa mengaktifkan mode "Ambient Sound".

Fitur mumpuni lain yang dibawa Galaxy Buds FE adalah Deep Neural Network (DNN) yang mengandalkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Dengan DNN, Samsung Galaxy Buds FE bisa membantu menghilangkan suara bising di sekitar pengguna ketika mereka sedang melakukan panggilan telepon.

Menurut Samsung, Buds FE memiliki diapgrahm 23,83 milimeter persegi, lebih besar 5,5 persen dibandingkan diaphragm Buds+. Dengan begitu, suara bass akan semakin menggelegar.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Menurut Samsung, Buds FE memiliki diapgrahm 23,83 milimeter persegi, lebih besar 5,5 persen dibandingkan diaphragm Buds+. Dengan begitu, suara bass akan semakin menggelegar.
Untuk memaksimalkan pengalaman pengguna, TWS in-ear ini juga dibekali tiga mikrofon dan speaker satu arah. Selain itu, Galaxy Buds FE juga dibekali suara bass yang ditingkatkan berkat diaphragm yang lebih lebar.

Menurut Samsung, Buds FE memiliki diapgrahm 23,83 milimeter persegi, lebih besar 5,5 persen dibandingkan diaphragm Buds+. Dengan begitu, suara bass akan semakin "menggelegar".

Kami tipe pengguna yang lebih suka dengan suara bass yang kuat. Sepengalaman kami, dalam mode Equalizer normal, suara bass sudah cukup oke. Namun, kami lebih memilih untuk menggunakan mode "Bass boost" untuk mengoptimalkan suara bass.

Selain mode normal dan Bass boost, pengguna juga bisa menyetel Equalizer ke mode bawaan, seperti Soft, Dynamic, Clear, dan Treble boost. Sayangnya, belum ada opsi kustom untuk menyetel Equalizer sesuai preferensi pengguna.

Baca juga: Harga Lebih Murah, Ini Kelebihan Galaxy Buds 2 dari Galaxy Buds

Touch control + aplikasi Galaxy Wearable

Tampilan aplikasi Galaxy Wearable. Lewat aplikasi ini, kami bisa mengatur kontrol sentuhan (touch control) di bagian data di earbuds kanan dan kiri Galaxy Buds FE. Pengguna bisa mengatur volume, menjeda/memutar lagu, hingga mengaktifkan ANC/ambient sound lewat touch control.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tampilan aplikasi Galaxy Wearable. Lewat aplikasi ini, kami bisa mengatur kontrol sentuhan (touch control) di bagian data di earbuds kanan dan kiri Galaxy Buds FE. Pengguna bisa mengatur volume, menjeda/memutar lagu, hingga mengaktifkan ANC/ambient sound lewat touch control.
Galaxy Buds FE ini dilengkapi dengan kontrol sentuhan (touch control) di bagian data di earbuds kanan dan kiri. Pengguna bisa mengatur volume, menjeda/memutar lagu, hingga mengaktifkan ANC/ambient sound lewat touch control.

Untuk mengoptimalkan touch control, kami menyambungkan Galaxy Buds FE ini dengan aplikasi Galaxy Wearable. Di dalam aplikasi, kami bisa mengatur mode Equalizer, persentase ambient sound, hingga opsi untuk beberapa gestur ketukan.

Misalnya, ketukan satu kali untuk play/pause lagu, ketuk dua kali untuk melanjutkan ke lagu selanjutnya, hingga ketuk tiga kali untuk memutar lagu sebelumnya.

Ada juga gestur ketuk dan tahan (touch & hold) untuk fitur untuk mengatur volume, mengaktifkan asisten virtual Bixby, mengaktifkan ANC, atau membuka Spotify.

Untuk panggilan, pengguna bisa mengetuk dua kali untuk menjawab/mematikan telepon. Pengguna juga bisa touch & hold untuk menolak panggilan telepon.

Sepengalam KompasTekno, kedua earbud Galaxy Buds FE responsif untuk touch control. Hal ini sangat memudahkan kami untuk mengoperasikan Buds FE.

Di aplikasi Galaxy Wearable, pengguna bisa melakukan penyesuai lainnya termasuk mengatur persentase ambient sound. Semakin besar persentase ambient sound yang diaktifkan, maka pengguna akan semakin mendengar suara dari lingkungan sekitar. Hal ini bisa membuat pengguna tetap awas ketika sedang berada di jalan atau tempat umum.

Lewat aplikasi ini, pengguna juga bisa mencari earbud yang terselip, yakni dengan fitur "Find My Earbuds". Syaratnya, earbud harus terhubung dengan smartphone. Nantinya, pengguna bisa memencet opsi "Ring" agar earbud mengeluarkan suara. Dengan begitu, pengguna bisa menemukan earbud yang terselip.

Pengguna juga bisa mengaktifkan mode Game dan memperbarui software lewat aplikasi Galaxy Wearable.

Baca juga: TWS Samsung Galaxy Buds FE: Spesifikasi dan Harga di Indonesia

Penampakan cangkang alias charging case Samsung Galaxy Buds FE.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Penampakan cangkang alias charging case Samsung Galaxy Buds FE.
Untuk aspek ketahanan, earbud Samsung Galaxy Buds FE memiliki baterai 60 mAh, sedangkan cangkangnya memiliki baterai 479 mAh yang bisa menjadi baterai cadangan untuk earbud.

Jika earbud dalam daya penuh, pengguna bisa mendengarkan musik hingga 6 jam (fitur ANC menyala) atau 8,5 jam (fitur ANC mati). Adapun cangkang Galaxy Buds FE bisa menyediakan daya cadangan hingga 21 jam (ANC menyala) atau 30 jam (ANC mati) untuk mendengarkan musik.

Penampakan Galaxy Buds FE selengkapnya bisa dilihat lewat galeri foto berikut ini. Sementara spesifikasi dan harga Samsung Galaxy Buds FE di Indonesia bisa dilihat dalam tabel di bawah.

  Spesifikasi Samsung Galaxy Buds FE (2023)
Dimensi dan bobot Earbud: 17,1 x 19,2 x 22,2mm, 5,6 gram (per earbud)
Charging Case: 50,0 x 27,7 x 50,0mm, 40,0 gram
Speaker 1-way
Mikrofon 3 mikrofon (2 di luar dan 1 di dalam)
Kapasitas baterai Earbud: 60 mAh
Charging Case: 479 mAh
Play time: 6 jam (ANC aktif)/8,5 jam (ANC nonaktif)
Talk time: 3,5 jam (ANC aktif)/4 jam (ANC nonaktif)

Dengan Charging Case:
Play time: hingga 21 jam (ANC aktif)/30 jam (ANC nonaktif)
Talk time: hingga 13 jam (ANC aktif)/14 jam (AND nonaktif)

konektivitas Bluetooth 5.2, Auto Switch Codec: Scalable (bawaan Samsung), AAC, SBC
Sensor Proximity, Hall, Touch
Kompatibilitas Android 8.0 ke atas dengan RAM minimal 1,5 GB
Warna White, Graphite
Harga Rp 1.399.000
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com