Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Pencil dengan USB-C Dirilis, Harga Paling Murah

Kompas.com - 18/10/2023, 08:03 WIB
Oik Yusuf,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Apple memperkenalkan stylus Pencil versi baru yang dibekali dengan konektor USB-C terintegrasi. Cover bagian belakangnya bisa digeser (sliding) agar konektor tersebut bisa diakses untuk mengisi baterai dan pairing.

Salah satu sisi stylus Apple Pencil dengan USB-C sengaja dibuat rata (flat) untuk menempel dengan magnet ke sisi iPad ketika sedang tidak dipakai. Apple pun mengatakan stylus versi baru ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan oleh pengguna iPad.

"Apple Pencil versi baru membuka opsi tambahan untuk mencoba tulisan tangan digital, membubuhi keterangan di dokumen, dan banyak lagi," ujar Vice President Worldwide Product Marketing Apple, Bob Borchers, di laman newsroom Apple.

Stylus Apple Pencil dengan USB CApple Stylus Apple Pencil dengan USB C

Baca juga: Begini Rutinitas Bos Apple Setiap Hari, Dimulai dengan Bangun Subuh

Stylus Apple Pencil dengan USB-C diposisikan di antara Pencil generasi pertama dan generasi kedua.

Harganya paling murah, yakni 99 dollar AS (Rp 1,4 juta), dibanding 99 dollar AS (Rp 1,6 juta) untuk Pencil generasi pertama, dan 129 dollar AS (Rp 2,1 juta) untuk generasi kedua.

Lantaran paling murah, ada sejumlah fitur yang absen dari Pencil dengan USB-C, misalnya pressure sensitivity, wireless pairing dan charging, serta double tap untuk berganti tools. Namun, fitur hover masih tersedia dan bisa digunakan di iPad Pro dengan chip M2.

Baca juga: Cara Menghubungkan Apple AirPods ke Ponsel Android

Daftar kompatibilitas ketiga model Apple PencilApple Daftar kompatibilitas ketiga model Apple Pencil

Dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (18/10/2023) Apple Pencil versi baru ini kompatibel dengan berbagai model iPad, termasuk iPad generasi ke-10 yang sebelumnya hanya bisa menggunakan Pencil generasi pertama dengan dongle USB-C ke Lightning.

Apple Pencil dengan USB C rencananya akan mulai tersedia di bulan November mendatang.

Daftar harga, spesifikasi, fitur, serta kompatibilitas perangkat dari ketiga model Apple pencil bsia dilihat di laman Apple di tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com