Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy Z Flip 5 Dilindungi IPX8, Tetap Aman Dipakai di Tengah Gerimis

Kompas.com - 20/10/2023, 15:03 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung Galaxy Z Flip 5 dibekali sejumlah spesifikasi unggulan yang bisa menunjang aktivitas pengguna sehari-hari. Salah satu spesifikasi yaitu sertifikasi IPX8.

Sertifikasi itu menunjukkan bahwa perangkat terkait lolos uji ketahanan air dalam kondisi tertentu.

Secara khusus, IPX8 memungkinkan Galaxy Z Flip 5 tahan dari percikan air atau direndam dalam air hingga kedalaman 1,5 meter sampai maksimum 30 menit.

Dengan dukungan itu, pengguna bisa memakai Samsung Z Flip 5 tanpa khawatir dengan percikan air. Misalnya saat gerimis, atau saat bermain di sekitar kolam renang dan lingkungan berair lainnya.

Saat ponsel tidak sengaja ketumpahan air pun, pengguna tidak perlu khawatir karena smartphone lipat ini bisa menahan air masuk ke aneka komponen, sehingga tidak merusak jeroan smartphone.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Flip 5 Bisa Jadi Aksesori OOTD, Begini Caranya

Jadi, Galaxy Z Flip 5 bisa tetap dioperasikan di saat pengguna terjebak gerimis dan lain sebagainya. Contohnya, untuk chatting, membuka e-mail, atau bahkan selfie saat gerimis dan lain sebagainya.

Samsung lewat situsnya juga menjelaskan bahwa smartphone lipat buatannya dengan IPX8 termasuk Galaxy Z Flip 5, bisa bertahan dan dioperasikan saat hujan, misalnya saat pengguna sedang kemah.

Selain itu, dukungan IPX8 juga membuat Galaxy Z Flip 5 bisa direndam di air dalam waktu singkat, misalnya untuk membersikan bodi luar perangkat.

Namun perlu dicatat bahwa dukungan ketahanan air itu dihadirkan untuk mencegah risiko kerusakan, khususnya kerusakan yang ditimbulkan dari ketidaksengajaan. Tujuannya adalah untuk membuat hati pengguna tetap aman dan tidak terlalu khawatir saat menggunakan ponsel di tengah kondisi gerimis, hujan, atau tak sengaja tercebur ke dalam genangan air.

Artinya, pengguna tidak bisa dengan sengaja dan sesering mungkin mengoperasikan Galaxy Z Flip 5 saat hujan atau di dalam air. Sebab, air hujan bersifat korosif. Ketahanan komponen pendukung IPX8 pun bisa menurun seiring waktu.

Pengguna juga disarankan untuk menghindarkan ponsel dari air yang bersifat korosif, seperti air kolam renang yang mengandung kaporit atau air laut.

Bukan hanya IPX8, Samsung Z Flip 5 juga menawarkan fitur unggulan lainya, antara lain layar sekunder yang lebih luas sehingga pengguna bisa selfie langsung dari layar sekunder alias dari kamera utama ponsel.

Baca juga: 5 Fitur Unik Samsung Galaxy Z Flip 5, iPhone Mana Bisa

Selfie dari layar luar

Layar bagian luar atau cover screen di Samsung Z Flip 5 kini jauh lebih besar dari generasi sebelumnya. Ukurannya adalah 3,9 inci.

Karena lebih besar dan nyaris memenuhi bagian punggung ponsel ketika perangkat dilipat, maka layar ini bisa dipakai untuk preview kamera saat selfie.

Tampilan Flex Mode dan Dual Camera di Samsung Galaxy Z Flip 5.KOMPAS.com/Caroline Saskia Tampilan Flex Mode dan Dual Camera di Samsung Galaxy Z Flip 5.

Samsung juga mewariskan fitur Flex Mode yang ada di Galaxy Z Flip 4 ke Galaxy Z Flip 5. Seperti diketahui, fitur ini memungkinkan pengguna mengambil gambar dan merekam video tanpa harus menggunakan tripod sebagai alat untuk mendirikan ponsel.

Baca juga: Menjajal Selfie Kekinian Pakai Galaxy Z Flip 5, Lebih Gampang dan Banyak Angle Unik

Nah, fitur Flex Cam digabungkan dengan fitur lain bernama Dual Camera. Dengan fitur ini, pengalaman pengguna selfie juga semakin unik dan baru. Ketika mengaktifkan kamera, pengguna dapat melipat Samsung Z Flip 5 hingga posisinya tegak lurus.

 

Ilustrasi selfie menggunakan layar sekunder Galaxy Z Flip 5KOMPAS.com/Galuh Putri Riyanto Ilustrasi selfie menggunakan layar sekunder Galaxy Z Flip 5

Layar nantinya akan menampilkan bidikan gambar ataupun video yang sama di layar sekunder dan juga layar utama.

Hal ini akan memudahkan pengguna melakukan selfie atau foto bersama dengan beberapa orang sekaligus, serta mempermudah pembuatan konten yang proses dan hasil perekamannya harus selalu dipantau.

Kemudian hasil selfienya juga bisa diakses dari layar sekunder Galaxy Z Flip 5. Jadi, pengguna tidak perlu membentangkan layar utama ponsel untuk melihat deretan foto yang baru saja dijepret.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com