Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layar Depan Samsung Galaxy Z Flip 5 Bisa Dipakai Main Metal Slug dan Free Fire, Begini Caranya

Kompas.com - 06/09/2023, 09:01 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi


BANDUNG, KOMPAS.com - Samsung merilis smartphone lipat Galaxy Z Flip 5 di pasar Indonesia pada Agustus lalu. Ponsel ini menghadirkan berbagai peningkatan dari pendahulunya, Galaxy Z Flip 4.

Salah satunya adalah sektor layar depan (cover screen) yang diperluas dari 1,9 inci menjadi 3,4 inci.

Layar depan ini memungkinkan pengguna untuk mengakses lebih banyak aplikasi smartphone secara lebih mudah. Secara default, layar sekunder hanya mendukung aplikasi Netflix, Google Maps, Messages, YouTube, dan Spotify.

Menurut Verry Octavianus selaku MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia, pengguna Samsung Z Flip 5 sejatinya bisa memasang lebih banyak aplikasi di layar depan perangkat. Syaratnya, pengguna sudah mengunduh aplikasi bernama "Good Lock".

"Aplikasi Good Lock mengoptimalkan layar Samsung Z Flip 5. Kita jadi bisa transaksi M-banking, menonton video TikTok, dan membaca posting di X Twitter," ujar Verry dalam acara ""Join The Flip Side Trip with Galaxy Z Fold5 | Z Flip 5" di Bandung, Senin (4/9/2023).

Bisa untuk main game

Pengalaman KompasTekno menjajal aplikasi ini, aplikasi Good Lock ternyata juga bisa digunakan untuk memasang game di layar depan Samsung Z Flip 5. Dengan begitu, pengguna bisa bermain game di cover screen tersebut.

Caranya, pengguna bisa mencari aplikasi "Good Lock" di toko aplikasi untuk ekosistem Samsung Galaxy, yaitu "Galaxy Store". Berikutnya, pengguna menekan tombol "Install" dan membukanya ketika proses download berakhir.

Setelah itu, ketuk opsi "Life up" yang terletak di sebelah kanan bawah aplikasi, lalu pilih dan install "MultiStar".

Baca juga: Trade In Samsung Galaxy Z Flip 5-Fold 5 Bisa Pakai 3 HP Android dan iPhone Bekas

Cara menambahkan game yang tidak didukung ke layar sekunder Samsung Galaxy Z Flip 5KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Cara menambahkan game yang tidak didukung ke layar sekunder Samsung Galaxy Z Flip 5
Ketuk menu "I Love Galaxy Foldable" dan pilih "Launcher Widget", untuk menentukan daftar game yang ingin dipasang di layar sekunder Samsung Z Flip 5, misalnya "Metal Slug Awakening" atau "Free Fire".

Penting untuk dicatat, tidak semua game dapat dimainkan dengan baik lewat cover screen itu.

Game yang dipasang KompasTekno di layar depan Samsung Z Flip adalah "Metal Slug Awakening", "Clash of Clans", dan "Free Fire".

Untuk "Metal Slug Awakening", kami melihat bahwa resolusi game menjadi lebih kecil, tetapi tata letak (layout) kontrol secara keseluruhan masih muat di layar depan tersebut. Dengan begitu, pemain bisa mengontrol karakter tanpa banyak masalah.

Pengguna dapat menikmati game Metal Slug Awakening di layar depan Samsung Galaxy Z Flip 5KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Pengguna dapat menikmati game Metal Slug Awakening di layar depan Samsung Galaxy Z Flip 5
Grafik permainan tersebut juga masih terlihat ciamik. Menariknya, dalam pengaturan grafik bawaan game tersebut, yaitu "High" alias tinggi, performa dan frame rate (FPS) permainan tetap dipertahankan.

Kami bisa menikmati "Metal Slug Awakening" dengan lancar. Pengalaman bermain pun menjadi lebih baik, apabila kami menurunkan pengaturan grafik menjadi lebih rendah, baik "Medium" maupun "Low".

Berikutnya, kami mencoba game besutan studio Supercell, "Clash of Clans". Kami merasa bahwa permainan strategi ini juga cocok dimainkan, di layar sekunder Samsung Galaxy Z Flip 5.

Pengguna dapat menikmati game Clash of Clans di layar depan Samsung Galaxy Z Flip 5KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Pengguna dapat menikmati game Clash of Clans di layar depan Samsung Galaxy Z Flip 5

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com