Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Rahasia Pasang Lebih Banyak Aplikasi di Layar Depan Samsung Galaxy Z Flip 5

Kompas.com - 05/09/2023, 08:02 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Samsung meluncurkan smartphone lipat Galaxy Z Flip 5 di pasar Indonesia pada Agustus lalu. Ponsel ini membawa sejumlah peningkatan dari pendahulunya, Galaxy Z Flip 4.

Salah satu peningkatan yang dibawa adalah ukuran layar sekunder (cover screen) yang lebih besar, dari 1,9 inci menjadi 3,4 inci.

Melalui layar sekunder atau layar bagian depan ini, pengguna bisa mengakses berbagai aplikasi dengan praktis, untuk melakukan berbagai aktivitas tanpa perlu membuka layar utama ponsel.

Secara default, ada lima aplikasi yang didukung dan dapat dipasang di layar sekunder, yakni Netflix, Google Maps, Messages, YouTube, Netflix, dan Spotify.

Hal itu dilakukan dengan membuka menu "Settings" > "Advanced Features" > "Labs", kemudian aktifkan opsi "Apps allowed on cover screen" (Aplikasi dapat dipasang di layar sekunder), dan pilih aplikasi yang ingin dipasang di layar sekunder.

Cara memasang aplikasi di layar sekunder Samsung Galaxy Z Flip 5KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Cara memasang aplikasi di layar sekunder Samsung Galaxy Z Flip 5
Nah, ada trik rahasia yang bisa dilakukan pengguna, jika ingin menambahkan aplikasi lainnya yang tidak didukung ke layar sekunder. Dengan trik ini, aplikasi yang dapat digunakan di cover screen menjadi lebih banyak.

Untuk melakukan hal itu, pengguna mesti membuka toko aplikasi untuk ekosistem Samsung Galaxy, yaitu "Galaxy Store". Langkah berikutnya, pengguna mencari aplikasi bernama "Good Lock" yang dikembangkan oleh Good Lock Labs.

Baca juga: Daftar Harga Tukar Tambah iPhone dengan Galaxy Z Fold 5 atau Z Flip 5

Tampilan aplikasi Good Lock yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan layar Samsung Galaxy Z Flip 5KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Tampilan aplikasi Good Lock yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan layar Samsung Galaxy Z Flip 5
Aplikasi ini tidak tersedia di toko aplikasi lainnya, seperti di Google Play Store.

Menurut Verry Octavianus selaku MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia, Good Lock adalah aplikasi yang mampu mengoptimalkan layar Samsung Z Flip 5.

"Good Lock merupakan aplikasi yang membuat layar sekunder ponsel Samsung Galaxy Z Flip 5, menjadi lebih optimal," katanya dalam sela acara "Join The Flip Side Trip with Galaxy Z Fold5 | Z Flip5" di Bandung, Senin (4/9/2023).

"Kita jadi bisa transaksi M-banking, menonton video TikTok, dan membaca posting di X Twitter," imbuh Verry.

Begitu menemukan Good Lock, pengguna mengetuk tombol "Install" dan membukanya ketika proses download berakhir.

Cara menambahkan aplikasi yang tidak didukung ke layar sekunder Samsung Galaxy Z Flip 5KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Cara menambahkan aplikasi yang tidak didukung ke layar sekunder Samsung Galaxy Z Flip 5
Pilih opsi "Life up" yang terletak di sebelah kanan bawah aplikasi, kemudian ketuk dan install "MultiStar". Proses dilanjutkan dengan menuju menu "I Love Galaxy Foldable".

Terakhir, pilih "Launcher Widget" untuk menentukan daftar aplikasi yang ingin dipasang di layar sekunder Samsung Z Flip 5, misalnya X Twitter.

Perlu dicatat, meskipun pengguna bisa sebebas mungkin menambahkan aplikasi yang sebelumnya tak didukung ke layar sekunder, tidak semua aplikasi dioptimasikan untuk cover screen itu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com