Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengalaman Nonton Netflix dan Buka WA di Layar Depan Samsung Galaxy Z Flip 5

Kompas.com - 22/10/2023, 18:33 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung Galaxy Z Flip 5 datang dengan peningkatan dibandingkan pendahulunya. Salah satunya adalah layar sekunder yang lebih luas.

Layar sekunder atau layar bagian depan Samsung Z Flip 5 berukuran 3,4 inci. Besarnya ukuran layar nyaris memenuhi punggung ponsel dalam kondisi terlipat. Ukuran ini lebih luas dibanding layar sekunder Samsung Z Flip 4 yang berukuran 1,9 inci.

Dengan ukuran yang lebih besar, pengguna bisa melakukan lebih banyak hal di layar sekunder ponsel lipat Samsung Galaxy Z Flip 5. Seperti mengakses sejumlah widget, membalas pesan WhatsApp, hingga menonton film atau serial di layanan streaming Netflix.

KompasTekno mencoba melakukan sejumlah aktivitas di layar depan Samsung Z Flip 5 ini, salah satunya menonton tayangan Netflix.

Sepengalaman KompasTekno, pengguna bisa leluasa memilih layar mana yang ingin digunakan untuk menonton video ataupun film.

Tampilan yang dimunculkan di layar utama dan sekunder tampak sama, tidak ada yang berubah.

Hanya saja terdapat beberapa penyesuaian. Di layar utama, daftar judul film yang ditampilkan lebih banyak, lega, dan mudah melihat seluruh judul secara keseluruhan, sedangkan di layar sekunder agak sedikit berbeda.

Layar sekunder Galaxy Z Flip 5 bisa dipakai untuk menonton NetflixKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Layar sekunder Galaxy Z Flip 5 bisa dipakai untuk menonton Netflix

Layar bagian depan menampilkan daftar judul dengan ukuran tulisan (font) dan gambar poster yang sedikit lebih kecil dibanding layar utama. Hal ini juga berlaku saat melakukan pemutaran video.

Ukuran player di layar sekunder akan sedikit lebih kecil, termasuk menu di bagian bawahnya. Menu tersebut terdiri dari pengaturan kecepatan video, pengunci layar, menu episode, subtitle, dan ikon pindah episode.

Meski susunan menu ikon tersebut tampak berdempetan alias bertumpuk, setiap menu ikon yang diklik masih dapat berfungsi dengan baik. Terlepas dari perbedaan tampilan, fitur ini bisa berguna bagi pengguna yang ingin punya privasi menonton di tempat publik.

Misalnya, pengguna ingin mengisi waktu luang dengan menonton Netflix di perjalanan pulang saat menggunakan kereta atau kendaraan umum lain.

Baca juga: Review Samsung Galaxy Z Flip 5: Layar Depan Lebih Besar Serba Bisa

Jika menonton menggunakan layar utama saat kondisi kendaraan umum berdesakan atau ramai penumpang, tentu orang-orang di sekitar bisa "mengintip" film yang sedang disaksikan pengguna.

Nah, jika pengguna memanfaatkan layar sekunder untuk menonton video/film, kemungkinan orang lain mengintip konten yang sedang dilihat lebih kecil.

Sebab, layar sekunder punya ukuran yang lebih kecil. Tampilan video atau film yang sedang ditonton pun ikut mengecil.

Ikon-ikon Netflix yang muncul ketika menonton menggunakan layar sekunder Galaxy Z Flip 5KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Ikon-ikon Netflix yang muncul ketika menonton menggunakan layar sekunder Galaxy Z Flip 5

Namun, untuk bisa menonton Netflix di layar sekunder, pengguna harus terlebih dulu mengaktifkan fitur Flex Mode. Flex Mode memungkinkan pengguna membuka dua aplikasi berbeda dalam satu jendela di layar utama, ataupun menjalankan aplikasi di layar sekunder.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com