Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Selfie Kekinian Pakai Galaxy Z Flip 5, Lebih Gampang dan Banyak Angle Unik

Kompas.com - 13/09/2023, 19:22 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selfie menggunakan kamera utama atau kamera belakang, merupakan tren yang cukup populer di kalangan anak muda generasi Z (Gen-Z).

Dengan menggunakan kamera utama, foto selfie yang dihasilkan memiliki hasil yang lebih ciamik, ketimbang ketika mengandalkan kamera depan seperti selfie pada umumnya.

Hal ini wajar saja, mengingat kamera belakang/utama biasanya dibekali spesifikasi yang lebih mumpuni dibandingkan kamera selfie.

Masalahnya, selfie semacam ini cukup sulit untuk dilakukan. Sebab, pengguna harus melakukan pemotretan menggunakan tombol volume ponsel yang sulit untuk dijangkau.

Ditambah lagi, pengguna tidak bisa secara langsung melihat hasil (preview) foto selfie yang ingin diambil. Dengan begitu, pengguna bakal retake foto berulang kali sampai menghasilkan potret yang ideal.

Nah, isu ini terjawab tuntas oleh smartphone lipat. Dengan gawai ini, pengguna tidak hanya bisa selfie dengan kamera utama, tetapi juga melakukan mirror selfie dan selfie "hands free" yang estetik.

Ilustrasi selfie menggunakan layar sekunder Galaxy Z Flip 5KOMPAS.com/Galuh Putri Riyanto Ilustrasi selfie menggunakan layar sekunder Galaxy Z Flip 5

Salah satu ponsel lipat terbaru yang memungkinkan hal tersebut adalah Samsung Galaxy Z Flip 5. Galaxy Z Flip 5 memungkinkan untuk melakukan mode selfie di atas berkat adanya fitur "FlexCam" dan "Dual Camera".

Dengan fitur FlexCam, pengguna dapat menekuk smartphone lipat dari 10 hingga 150 derajat, ataupun terbuka seutuhnya pada 180 derajat. Saat terlipat atau setengah terlipat, smartphone dengan bentuk lipatan clamshell ini tetap dapat dimanfaatkan untuk memotret gambar.

Baca juga: 7 Tips Menggunakan Aneka Fitur Samsung Galaxy Z Flip 5 Lebih Mudah lewat Flex Window

Berikutnya, ada Dual Camera yang bisa menampilkan bidikan gambar, di layar utama ataupun layar sekunder 3,4 inci di Galaxy Z Flip 5, saat ingin selfie dan mengambil video.

Jadi, pengguna bisa melihat preview gambar, bahkan ketika melakukan selfie "kekinian" menggunakan kamera utama. Kedua fitur ini dikombinasikan untuk menghasilkan foto selfie yang lebih menarik.

Mengambil contoh gambar di bawah ini, KompasTekno dan rekan jurnalis lain mengambil foto selfie grup dengan menggunakan kamera belakang Samsung Galaxy Z Flip 5 (12 MP, f/1.8).

Pengguna bisa menggunakan kamera belakang Samsung Galaxy Z Flip 5 untuk selfie. Saat memotret, gestur membuka telapak tangan bisa dimanfaatkan untuk pengalaman berfoto yang hands free.Ali Sobri Pengguna bisa menggunakan kamera belakang Samsung Galaxy Z Flip 5 untuk selfie. Saat memotret, gestur membuka telapak tangan bisa dimanfaatkan untuk pengalaman berfoto yang hands free.
Pemotretan gambar ini terbilang praktis, karena kami langsung bisa melihat preview foto di layar sekunder smartphone. Foto pun dapat diambil dengan menggunakan gestur membuka telapak tangan, sehingga pengguna tidak perlu menekan tombol apa pun untuk selfie.

Bicara soal gestur, pengalaman hands free ini sangat bermanfaat ketika mengambil foto jarak jauh. Sebab, pengguna bisa mencari angle pengambilan foto yang lebih kreatif, tanpa harus melulu memegang gawai tersebut.

Pada gambar di bawah ini, kami melakukan selfie dengan kamera belakang Galaxy Z Flip 5. Kami cukup menaruh ponsel dalam keadaan terlipat penuh di rerumputan, kemudian menggunakan gestur untuk mengambil gambar.

Pengguna bisa menggunakan kamera belakang Samsung Galaxy Z Flip 5 untuk selfie. Saat memotret, gestur membuka telapak tangan bisa dimanfaatkan untuk pengalaman berfoto yang hands free.KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Pengguna bisa menggunakan kamera belakang Samsung Galaxy Z Flip 5 untuk selfie. Saat memotret, gestur membuka telapak tangan bisa dimanfaatkan untuk pengalaman berfoto yang hands free.
Dan ketika gawai terlipat setengah dalam bentuk huruf "L", kami tetap bisa memotret diri sendiri sesuai keinginan, baik low angle maupun high angle.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com