Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ancaman AI Jahat Mengintai dari Korea Utara

Kompas.com - Diperbarui 24/10/2023, 08:30 WIB
Oik Yusuf,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layaknya pedang bermata dua, selain membawa banyak manfaat, kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI) juga bisa digunakan untuk tujuan jahat seperti mengembangkan senjata siber.

Itulah yang disebut sedang dilakukan oleh Korea Utara, menurut Deputi Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat Anne Neuberger dalam press briefing digital kepada jurnalis pekan lalu.

Neuberger mengatakan, Korea Utara dan negara-negara lain menggunakan kecerdasan buatan untuk menulis kode software berbahaya.

"Kami mengamati bahwa para aktor negara dan kriminal dari Korea Utara serta negara lain berupaya menggunakan model-model AI untuk mempercepat penulisan software berbahaya dan pencarian sistem untuk dieksploitasi," ujar Neuberger.

Pernyataan Neuberger merupakan kali pertama pejabat AS mengkonfirmasi penggunaan AI untuk hal terkait cyber warfare, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Venture Beat, Minggu (22/10/2023).

Baca juga: Hacker Korea Utara Berupaya Bobol Server Pembuat Vaksin Covid-19

Neuberger melanjutkan, penggunaan AI untuk mempercepat penulisan kode exploit dapat jauh meningkatkan kemampuan serangan siber Korea Utara.

Misalnya, dengan machine learning -cabang AI yang mampu belajar dan beradaptasi tanpa instruksi dari manusia- para hacker Korea Utara dapat "mencari dan menyasar kelemahan target" dengan lebih efisien.

Perusahaan-perusahaan di dunia dapat terkena dampaknya. Sebab, Korea Utara dikenal sering melancarkan serangan siber yang mengincar korporasi.

Seperti dialami Sony Pictures yang sistemnya sempat dibobol pada 2014, juga serangan ransomware WannaCry yang pada 2017 membuat heboh negara-negara di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Neuberger menggarisbawahi bahwa Korea Utara mengandalkan serangan siber, termasuk hacking cryptocurrency, sebagai sumber pemasukan bagi negaranya.

Baca juga: Hacker Korea Utara Retas Uang Kripto untuk Danai Program Senjata Nuklir

Penggunaan AI bisa meningkatkan kecepatan, volume, dan efektivitas dari serangan siber sehingga risiko yang dihadapi perusahaan-perusahaan lebih tinggi.

Di sisi lain, AS juga berusaha meningkatkan pertahanan siber dengan ikut memanfaatkan kemampuan AI.

Upaya yang digelar antara lain dengan menggelar kompetisi DARPA AI Cyber Challenge (AIxCC) untuk mengumpulkan para pakar keamaan siber dari seantero negeri. Kompetisi ini akan berlangusng selama dua tahun dari Agustus 2023 hingga Agustus 2025.

"Jika berhasil, AIxCC bukan hanya akan menghasilkan tool keamanan siber, tapi juga menunjukkan bahwa AI bisa dipakai membuat masyarakat jadi lebih baik dengan melindungi aspek kritisnya," ujar manajer program AIxCC, Perri Adams.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com