Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hacker Bisa Usili Pengguna iPhone Pakai Perangkat Kecil

Kompas.com - 07/09/2023, 18:00 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna iPhone harus lebih berhati-hati. Pasalnya, peneliti keamanan siber menemukan bahwa iPhone bisa menjadi sasaran tangan usil hacker.

Menurut laporan seorang peneliti keamanan bernama Anthony, iPhone menjadi incaran hacker usil yang menggunakan sebuah alat kecil bernama Flipper Zero.

Flipper Zero sejatinya adalah sebuah perangkat mirip mainan berukuran segenggaman tangan. Perangkat ini bisa digunakan untuk meretas perangkat keras dan protokol radio.

Alat mungil ini dapat disalahgunakan untuk melakukan serangan secara wireless kepada perangkat target.

Anthony menemukan bahwa hacker menggunakan Flipper Zero ini untuk membanjiri iPhone target dengan notifikasi "penolakan layanan".

Notifikasi ini biasanya muncul ketika sebuah iPhone gagal terhubung dengan perangkat tertentu, seperti AirPods.

iPhone sendiri memang memiliki beberapa "jalur" komunikasi seperti Wi-Fi, Bluetooth, NFC, dan Ultra Wideband untuk memudahkan pemasangan dan penggunaan aksesori.

Nah, Flipper Zero dapat memanfaatkan jalur ini dan mengirimkan notifikasi spam yang muncul terus menerus. Notifikasi tersebut membuat perangkat sulit digunakan dan hal ini tentu membuat pemilik perangkat menjadi tidak nyaman.

Baca juga: Hacker Makin Mudah Bikin Malware Menggunakan AI

Ketika pemilik iPhone ingin berpindah ke menu lain, notifikasi tersebut masih akan kembali muncul.

“Ini bukan hanya ketidaknyamanan kecil, tetapi dapat menganggu pengalaman yang biasa dimiliki pengguna Apple,” tulis Anthony di blog resminya.

Flipper Zero dianggap berbahaya

Di balik ukuran yang mungil bentuk yang mirip mainan, Flipper Zero dianggap perangkat berbahaya. Bahkan, Amazon melarang perangkat ini dijual di platform-nya. Flipperzero.one Di balik ukuran yang mungil bentuk yang mirip mainan, Flipper Zero dianggap perangkat berbahaya. Bahkan, Amazon melarang perangkat ini dijual di platform-nya.
Meski bentuknya mungil dan mirip mainan, Flipper Zero dianggap berbahaya. Bahkan, Amazon melarang penjualan perangkat ini di platform mereka. Flipper Zero dianggap sebagai alat untuk melakukan skimming atau pencurian data.

Dalam blog pribadinya, Anthony, juga menilai bahwa kemampuan Flipper Zero ini berbahaya.

Flipper Zero yang dimodifikasi, dapat mengirim sinyal palsu yang kemudian bisa disalahgunakan seperti mengirim pop-up berbahaya untuk menipu korban.

Anthony juga melakukan uji coba dengan mengubah firmware dari Flipper Zero untuk menyebarkan sinyal yang disebut “Bluetooth Advertisements” (Iklan Bluetooth).

Sinyal tersebut sejenis transmisi yang ada di dalam protokol Bluetooth Low Energy (BLE). Protokol BLE ini digunakan Apple di perangkat besutannya (iDevice).

Baca juga: Kevin Mitnick, Hacker Legendaris yang Paling Diburu, Meninggal Dunia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com