Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Datangkan Mesin Khusus Perakit HP Lipat Find N3 di Pabrik Tangerang

Kompas.com - 26/10/2023, 12:49 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Oppo mendatangkan mesin khusus untuk merakit ponsel lipat Find N3 series di pabriknya di Periuk, Kota Tangerang, Banten.

KompasTekno pun mengunjungi pabrik Oppo untuk melihat langsung proses perakitan Find N3 series, Kamis (26/10/2023). Sebelum melihat proses perakitan, KompasTekno mempelajari deretan mesin baru yang dihadirkan untuk merakit Find N3.

"Kami menghadirkan berbagai mesin baru untuk proses perakitan Oppo Find N3," kata Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia dalam acara kunjungan yang diikuti sejumlah awak media.

"Mesin ini dihadirkan khusus untuk Find N3, sehingga kemungkinan tidak bisa digunakan untuk perangkat terbaru yang akan datang," lanjutnya.

Baca juga: Menilik 3 Kamera Belakang Oppo Find N3 yang Didukung Hasselblad

Mesin khusus Oppo Find N3

Adapun mesin yang dimaksud tersebar dalam tiga lini produksi (Production Line) Oppo Find N3, yakni instalasi, testing, dan quality control.

Seperti namanya, instalasi merupakan tempat karyawan Oppo untuk memasang sejumlah komponen penting pada smartphone.

Pada proses ini, karyawan akan menggunakan peralatan berupa Automated Optical Inspection (AOI) Machine, mesin pengeleman unit, dan mesin pemasangan layar sekunder.

Adapun AOI Machine merupakan mesin yang bekerja secara otomatis untuk memeriksa dan mengidentifikasi cacat pada produk yang mungkin dilewatkan dalam inspeksi manual.

Jalur produksi Oppo Find N2 Flip di pabrik Oppo di Tangerang.Oppo Indonesia Jalur produksi Oppo Find N2 Flip di pabrik Oppo di Tangerang.

Setelah lini instalasi, ada lini testing yang terdiri dari mesin screen guard, hall test, OIS test, optical axis calibration & verification, dan screen color calibration. Deretan mesin ini digunakan untuk menguji coba semua fitur Oppo Find N3.

"Contohnya Optical Image Stabilization (OIS) test yang menguji coba fitur anti efek guncangan pada kamera," kata Adhiel Akbar selaku Vice Leader Product Engineering Electrical Oppo Indonesia pada Kamis (26/10/2023).

"Dalam uji coba ini, smartphone diletakkan pada vibrating table fixture, lalu shaft mesin berputar membentuk sudut 45 derajat antara fixture dan ponsel. Mesin mengaktifkan mode getaran, dan ponsel akan mengambil gambar terus-menerus hingga 120 kali," katanya.

Baca juga: Layar Oppo Find N3 Flip Minim Lipatan, Ini Rahasianya

Terakhir, ada laboratorium quality control untuk memastikan kualitas komponen Oppo Find N3 sudah memenuhi standar yang berlaku.

Laboratorium ini mencakup sejumlah pengujian, yakni drop test, micro drop test, tumbling barrel test, folding test, temperature shock, aging test, serta dust test.

Mengambil contoh folding test, pengujian ini digunakan untuk mengevaluasi keandalan engsel Oppo Find N3 dan lipatan layar.

Prosedurnya, karyawan melipat sampel ponsel hingga 60.000 kali. Mereka pun juga melihat apakah ponsel masih berfungsi setelah dilipat berulang kali, dan memeriksa apakah ada lipatan layar yang muncul dalam layar utama ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com