Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Rilis iOS 17.1, Perbaiki Masalah Layar "Burn-in" iPhone 15 Pro

Kompas.com - 26/10/2023, 07:35 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple resmi merilis iOS 17.1 untuk para pengguna iPhone pada Rabu (25/10/2023).

Pembaruan kali ini digelontorkan untuk memperbaiki sejumlah masalah (bug) yang ada di iPhone 15, salah satunya masalah layar di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. Beberapa waktu lalu sejumlah pengguna melaporkan iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max mereka mengalami screen burn-in.

Screen burn-in adalah perubahan warna permanen pada layar, yang terjadi saat gambar ditampilkan di layar dalam jangka waktu yang lama. Jadi, ikon-ikon widget, aplikasi, atau keyboard iPhone meninggalkan bekas cetakan yang permanen pada layar.

Biasanya, screen burn-in merupakan masalah hardware. Namun, masalah layar di iPhone 15 ini ternyata adalah masalah software yang disebut Apple sebagai "image retention", alias bug yang bisa membuat gambar "tertahan" di layar.

Beberapa pengguna iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max melaporkan masalah screen burn-in ini teratasi setelah menginstal iOS 17.1 di ponsel mereka.

Baca juga: Apple Update iOS iPhone 15 di Toko Tanpa Buka Kardus

Dua di antaranya adalah pengguna Reddit dengan handle u/spriteice dan u/Srihari_stan yang mengaku masalah layar serupa burn-in ini telah teratasi. 

"iOS 17.1 memperbaiki masalah layar pada iPhone 15 saya," kata pengguna bernama Srihari_stan di Reddit. 

"Saya senang menginformasikan bahwa setelah memperbarui iPhone 15 ke iOS 17.1, masalah layar teratasi dan ini ternyata adalah masalah software," tambah pengguna Reddit lainnya dengan handle spriteice.  

Selain memperbaiki masalah layar, iOS 17.1 juga hadir dengan perbaikan lainnya mencakup keyboard yang tak responsif, masalah iPhone 12 yang dianggap memiliki radiasi tinggi, masalah pada fitur Significant Location, dan masih banyak lagi.

Di samping itu, iOS 17.1 juga hadir dengan beberapa fitur baru yang bisa dilihat dalam daftar berikut ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari laman AppleSupport, Kamis (26/10/2023).

Baca juga: Update iOS 17.0.3 Terbukti Bikin iPhone 15 Pro Lebih Adem

  • Pembaruan AirDrop dengan koneksi data seluler
  • Pembaruan menu pengaturan pada fitur StandBy
  • Pembaruan fitur Favorites dan Cover Art di aplikasi Music
  • Pembaruan fitur Photo Shuffle di Lock Screen
  • Dukungan tombol Home untuk fitur pengunci Matter
  • Peningkatan fitur Screen Time
  • Peningkaran fitur Crash detection

Untuk memperbarui iPhone dengan iOS 17.1, pengguna bisa mengunjungi menu Settings > General > Software Update. Adapun ponsel yang mendukung iOS 17.1 adalah iPhone mulai dari model iPhone XS hingga yang terbaru iPhone 15 dan iPhone 15 Pro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com