Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, Casing PC Hyte Y70 Touch Punya Layar Sentuh 14 Inci

Kompas.com - Diperbarui 28/10/2023, 21:10 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Pabrikan komponen PC Hyte dikenal dengan produk casing wraparound Y60 berukuran besar yang memiliki tiga panel kaca, termasuk satu panel di bagian pojok depan, sehingga pengguna bisa melihat isi komputer dari berbagai sudut pandang.

Kini vendor itu telah menelurkan casing PC baru bernama Y70 Touch dengan fitur unik berupa layar sentuh yang menggantikan panel kaca di pojok depan. Panel ini pun memiliki diagonal 14,1 inci (3.840 x 1.100 piksel, 60 Hz) dengan bentuk memanjang.

Baca juga: Melihat Setup PC Gaming Raptor Lake Refresh untuk Streamer di SXSW Sydney

Menurut Hyte, dengan aplikasi Nexus Touch, pengguna dapat melakukan berbagai hal di layar LCD yang mendukung input 10-point touch tersebut, mulai dari menampilkan aneka widget dan kalender hingga menulis dengan tangan.

Dengan aplikasi Nexus Touch, layar sentuh 14 inci di Hyte Y70 Touch bisa dipakai utnuk menampilkan berbagai macam halHyte Dengan aplikasi Nexus Touch, layar sentuh 14 inci di Hyte Y70 Touch bisa dipakai utnuk menampilkan berbagai macam hal
Volume Y70 Touch 10 liter lebih besar dibandingkan Y60 pendahulunya. Hyte menambahkan sebuah slot ekspansi PCIe vertikal sehingga jumlah totalnya menjadi empat buah, cukup untuk menampung kartu grafis besar dan tebal seperti GeForce RTX 4090.

Kartu grafis dipasang secara vertikal dengan bantuan kabel dan konektor riser PCIe 4.0 16x yang disertakan dalam paket penjualan Y70 Touch. Terdapat juga tujuh buah slot ekspansi PCIe half-height sehingga keseluruhan terdapat 11 slot.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari ExtremeTech, Sabtu (28/10/2023), lantaran volumenya yang lebih besar, Hyte Y70 Touch juga disebut memiliki pendingnan yang lebih mumpuni dibandingkan pendahulunya.

Ilustrasi aliran udara intake dan exhaust di Hyte Y70 Touch. Casing ini berukuran lebih besar dan diklaim lebih dingin dibandingkan Y60 pendahulunyaHyte Ilustrasi aliran udara intake dan exhaust di Hyte Y70 Touch. Casing ini berukuran lebih besar dan diklaim lebih dingin dibandingkan Y60 pendahulunya
Dalam perbandingan antara kedua casing di situsnya, Hyte mengeklaim bahwa Y70 Touch bisa mengurangi suhu kartu grafis GeForce RTX 4090 hingga 18 derajat dibandingkan Y60, dengan kecepatan fan yang lebih rendah pula.

Ada dua tempat untuk memasang radiator liquid cooling. Y70 Touch bisa memuat radiator hingga sepanjang 360 mm dan setebal 125 mm di panel bagian samping, berikut radiator 360 mm dengan ketebalan hingga 68 mm di sisi atas.

Lantai casing bisa memuat tiga buah fan 120 mm atau dua buah fan 140 mm yang diarahkan langsung ke kartu grafis. Untuk rear fan, Hyte Y70 Touch bisa menampung satu buah kipas berukuran 120 mm atau 140 mm.

Baca juga: PC Rasa Laptop HP Envy Move Dijual di Indonesia 30 Oktober, Ini Harganya

Rangkaian konektor yang disediakan di bagian depan, di bawah touch screen, mencakup dua buah USB A 3.2 Gen 1 dan satu buah USB C 3.2 Gen 2.

Peminat casing dengan layar sentuh terintegrasi ini mesti merogoh kocek dalam-dalam karena banderolnya termasuk mahal untuk ukuran casing PC. Hyte Y70 Touch dipasarkan dengan harga 360 dollar AS atau Rp 5,8 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com